STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KOPI MELALUI DIGITALPRENEUR STUDI KASUS PADA CV. PUTRI CAHAYA CEMERLANG (KOPI ONCAK)

  • Filda Angellia Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Mayang Riyantie Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
Keywords: Komunikasi Pemasaran, Digital Marketing, Pemasaran, Penjualan Kopi, Digitalpreneur

Abstract

Area DKI Jakarta adalah area yang mempunyai potensi bisnis yang cukup besar untuk berkembang karena area tersebut merupakan area padat penduduk dan padat akan kegiatan bisnis serta perekonomian lainnya. Pertambahan jumlah penduduk juga terus meningkat sehingga kebutuhan akan bahan atau barang tertentu juga cenderung ikut meningkat. Seiring dengan era industrial 4.0 yang mengusung tema IoT (Internet of Things), maka sangat diperlukan penentuan strategi komunikasi yang sesuai.  Pemasaran berbasis digital merupakan salah satu strategi yang cukup vital dan sangat dominan untuk meningkatkan jumlah pangsa pasar (konsumen).Begitupun dengan usaha penjualan kopi, dimana kopi sudah menjadi ketuhan sehari-hari yang harus terpenuhi. Kopi telah dianggap memiliki pangsa pasar besar dalam industri. Sehingga untuk proses produksi dan penjualannya butuh strategi untuk ditingkatkan atau minimal bertahan di pasaran.  Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif. Data yang diperlukan diperoleh dengan studi lapangan, dokumentasi survey lapangan, dan hasil wawancara. Hasil observasi dan survey lapangan memperlihatkan data bahwa usaha penjualan bahan kebutuhan sehari-hari seperti kopi menggunakan strategi pemasaran berbasis digital (digital marketing) yang terus dilakukan bersamaan dengan strategi pemasaran lain.

Published
2020-09-02