Sosialisasi Pengaruh Penggunaan Smartphone dan Internet Bagi Anak dan Remaja di Lingkungan Wilayah Jagakarsa

  • B. Harjo Baskoro Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Erwin Abdul Mutholib Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: smartphone, internet, anak-anak, remaja

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan penyadaran pada anak-anak dan remaja yang tergabung dalam keorganisasian Karang Taruna di wilayah RW 05 Jagakarsa Jakarta Selatan. Metode sosialiasi yang digunakan adalah penyuluhan dengan strategi penyampaian deskriptif – eksposisi, dengan terlebih dahulu menyampaikan fenomene terkini efek positif dan negatif dilanjutkan dengan positioning strategis audien yang memiliki potensi besar dalam mewujudkan masa depan jika mampu menggunakan smartphone dan internet secara proporsional sesuai dengan kebutuhan. Program terlaksana dengan tertib karena audien sudah cukup paham dengan kegiatan-kegiatan serupa. Penggunaan smartphone dan internet sebenarnya menemukan momentum positifnya ketika bersekolah, karena ada pelarangan dan razia yang dilakukan oleh guru. Sayangnya ada aspek kontra produktif di era pandemi yang mengondisikan anak-anak dan remaja untuk belajar daring. Hal ini membuka kesempatan anak-anak dan remaja menemukan sensasi-sensasi lain yang melampaui batas etis konsumsi mereka. Temuan selama pelaksanaan adalah dari sisi interaksi pembicara dan audien yang menemui hambatan budaya, usia, pendidikan dan pengalaman. Untuk itu, pada program lanjutan, pembicara lebih baik juga dari kalangan remaja, sehingga unsur kedekatan dapat dibangun secara lebih efektif.

References

Hidayanto, F. dan Ilmi, M. Z. (2015). Pentingnya Internet Sehat. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 4(1), 21-24.
Pibriana, D., & Ricoida, D. I. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Belajar Mahasiswa (Studi Kasus: Perguruan Tinggi di Kota Palembang). JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 3(2), 104-115.
Purwanto, E., & Marginingsih, M. (2014). Sistem Keamanan Akses Internet Sebagai Upaya Untuk Melindungi Remaja Terhadap Pornografi. Duta. Com, 7(1).
Sholeh, M. (2009). Analisis Pencegahan Akses Website Kategori Dilarang. Jurnal Teknologi, 2(2), 117-123.
Published
2020-12-15
How to Cite
Baskoro, B., & Mutholib, E. (2020). Sosialisasi Pengaruh Penggunaan Smartphone dan Internet Bagi Anak dan Remaja di Lingkungan Wilayah Jagakarsa. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(2), 222-228. Retrieved from http://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/teratai/article/view/151