Sosialisasi Dampak Pemasaran Digital Bagi Pelaku Bisnis Kecil dan Menengah di Wilayah Kecamatan Jagakarsa dan Sekitarnya

  • Rr. Aryanti Kristantini Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Djunaidy Djunaidy Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Erdiek Ardhianto Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: media digital, media sosial, teknologi

Abstract

Pemasaran Digital adalah kegiatan pemasaran melalui media online (digital) dengan memanfaatkan fasilitas media sosial dan lainnya. Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pemasaran digital, terutama media sosial, bagi para pelaku bisnis kecil dan bisnis menengah untuk meningkatkan angka penjualan dan keuntungan mereka. Kegiatan ini memiliki target peserta yaitu pelaku  UMKM Wilayah Jagakarsa dan sekitarnya, metode kegiatan sosilisasi ini; pertama, pemaparan slide power point (share screen) di dalam zoom meeting kepada para peserta sekaligus pemaparan tentang pola praktik pemasaran digital seperti penggunaan facebook dan instagram untuk pemasaran; kedua, sesi diskusi dan tanya jawab. Hasilnya menunjukkan pelaku usaha kecil dan menengah di wilayah Jagakarsa dan sekitarnya secara aktif mendigitalisasi proses bisnis nya dengan menggunakan media sosial yang digunakan untuk promosi dan rata-rata diantara mereka belum memilah akun toko online dengan akun pribadi. Seluruh peserta memiliki antusiasme dan minat yang besar untuk mengimplementasi pemasaran berbasis digital dengan menggunakan media sosial dan lainnya secara berkelanjutan.

References

[1] Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework,
Review and Research Agenda.International Journal of Research in Marketing .

[2] Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia.

[3] Stelzner, M. (2012, April). How Marketersare Using Social Media to Grow Their Business.
Published
2020-12-15
How to Cite
Kristantini, R., Djunaidy, D., & Ardhianto, E. (2020). Sosialisasi Dampak Pemasaran Digital Bagi Pelaku Bisnis Kecil dan Menengah di Wilayah Kecamatan Jagakarsa dan Sekitarnya. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(2), 229-236. https://doi.org/10.55122/teratai.v1i2.152

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>