MANAJEMEN RESIKO BISNIS PAKAIAN IMPOR BEKAS

(PENYULUHAN PARTISIPATIF PADA “MAHAD ALY”YAYASAN PONDOK PESANTREN TAHFIDZ MADINATUL QURAN SUKMAJAYA DEPOK)

  • Misnan Misnan Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Prisila Damayanty Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Mahad Aly, Bisnis, Resiko, Barang Impor Bekas

Abstract

Bisnis dan wirausaha menjadi alternatif pemecahan masalah bagi lulusan pondok pesantren, salah satunya adalah rebranding fashion yang dapat dilakukan tanpa proses panjang. Produk fashion murah dan sesuai dengan passion khalayak muda, yang lebih menonjolkan sisi diferensiatif, maka pakaian impor bekas banyak menjadi pilihan. Di samping kualitas dari variasinya memang sangat beragam dan sesuai dengan hasrat kepercayaan diri remaja, pakaian impor bekas memang relatif murah. Bahkan, akibat “murah”nya ini, sangat banyak remaja tertarik untuk tidak hanya memanfaatkannya sebagai user tetapi reseller. Permasalahan kemudian timbul, diantaranya aspek legalitas, kehalalan, higienisitas, resiko pembelian dalam skala besar. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan penyuluhan tentang resiko berbisnis pakaian impor bekas jika skala pembelian (untuk dijual kembali) sudah pada skala “bal” (kemasan tertutup yang tidak dapat dilihat). Dengan adanya penyuluhan ini, maka para reseller dapat memiliki wawasan yang komprehensif tentang manajemen resiko: resiko penjualan, resiko justifikasi masyarakat/tokoh agama, halal-haram, legal/ilegal, sampai yang terpenting mampu menghitung teliti tentang prakiraan isi ‘bal’ yang dimaksud. Inilah kejelian bisnis, salahnya perhitungan akan berakibat fatal pada tidak kembalinya modal. Metode pemecahan masalah adalah penyuluhan. Pelatihan dimaksudkan untuk membuka wawasan para mahasantri (ma’had aly) dalam mengantisipasi segala resiko berbisnis pakaian impor bekas. Hasil pengabdian yang diperoleh adalah bahwa secara kuantitatif, resiko tinggi dari pakaian bekas adalah jumlah barang rusak yang persentasenya sangat tinggi, sehingga potensi gagal jual sangat dominan. Bagi santri mahad aly akan membeli eceran atau barang yang sudah jelas dipajang, dengan demikian sudah diketahui secara jelas plus minusnya. Pembelian dengan sistem borongan dan perbal masih diperdebatkan.

References

Arifah, Risma Nur. 2015. Kendala-Kendala Pencegahan Perdagangan Pakaian Bekas di Kota Malang. Jurnal Syariah Dan Hukum. Vol. 7, No. 1.

Azzam, Muhammad Abdul Aziz. 2010. Fiqih Muamalah, Terj. Nadirsyah Hawari. Jakarta: Amzah.

Badroen, Faisal. 2016. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Bi Rahmani, Nur Ahmadi. 2016. Metodologi Penelitian Ekonomi. Medan: FEBI UINSU Press.

Departemen Agama. 2014. Al Qur'an dan Terjemah. Bandung: Diponegoro.

Dewi, Ni Made Indah Krisna, et, al. 2020. Implikasi Penjualan Pakaian Bekas Impor Bagi Konsumen di Kota Denpasar. Jurnal Interpretasi Hukum, Vol. 1, No. 1.

Djazuli, A. 2010. Kaidah-Kaidah Fikih: Kaidah-Kaidah Fikih Dalam Menyelesaikan Masalah-Masalah Yang Praktis. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Firdaus, et, al. 2013. Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha Dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Kios Dipasar Bintaro Demak. Jurnal Economics, Vol. 2.

Ghazali, Abdul Rahman, et, al. 2010. Fiqh Muamalat. Jakarta: Kencana.

Gusrizal, Rogi, et, al. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan. Jurnal Valuta. Vol. 2, No. 2.

Harahap, Isnaini, et, al. 2015. Hadis-Hadis Ekonomi. Medan: Wal Ashri Publishing.

Irawan, Agus, et, al. 2016. Sistem Imformasi Perdagangan pada PT Yoltan Sari Menggunakan PHP Berbasis WEB. Jurnal POSITIF, Vol. 1, No. 2.

Islami, Shofia Amaliani, et, al. Agustus 2015. Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembeli Konsumen (Studi Kasus Pada Toko Sepatu Pasar Kota Kembang Bandung). Jurnal Prosiding Manajemen, Vol. 1, No.2.

Rohmah, Safatur. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pedagang Pasar Juwana Baru di Kabupaten Pati. Jurnal Economics Development.

Tarigan, Azhari Akmal. 2011. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Medan: La-Tansa Press.

Taufik, et, al. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Dan Ekistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, No 1.

Published
2022-06-10
How to Cite
Misnan, M., & Damayanty, P. (2022). MANAJEMEN RESIKO BISNIS PAKAIAN IMPOR BEKAS. Jurnal Pengabdian Teratai, 3(1), 50-60. https://doi.org/10.55122/teratai.v3i1.380

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>