WORKSHOP PENGEMBANGAN WIRAUSAHA KREATIF BERBASIS DIGITAL UNTUK MEMBANGUN MENTAL TECHNOPRENEUR DI SMK CITRA NEGARA DEPOK

  • Filda Angellia Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Muhammad Febriansyah Institut Sains dan Teknologi Nasional
  • Aris Fatoni Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Dadan Sundara Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Sabrina Machfuudztry Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Workshop, Digital, Teknologi, Wirausaha, Technopreneur

Abstract

Teknologi digital saat ini berkembang cepat untuk mendukung seluruh bidang kegiatan. Begitu pula dengan bidang wirausaha, aplikasi  teknologi akan memudahkan dan mengefektifkan waktu kerja. Contohnya seperti website, media sosial, dan teknologi serupa lainnya. Perangkat lunak dan perangkat keras merupakan pendukung kinerja teknologi digital. Terkait teknologi yang kita bahas disini akan terkait pula dengan motivasi wirausaha pemula yang merupakan pengguna teknologi dalam menjalankan usaha yang digunakan. Penggunaan teknologi digital harus dapat berkembang sejalan dengan kebutuhan dunia usaha atas digitalisasi. Peningkatan kapasitas bisnis pemula dapat melalui penggunaan perangkat teknologi dan digital sangat dibutuhkan kalangan pemula. Metode kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dapat digunakan adalah dalam bentuk workshop. Hasil yang dicapai adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi digital yang ada.

References

Sahara, N. (2021). Sepanjang 2020, BI Catat Transaksi Digital Banking Capai Rp 2.774,5 Triliun. Retrieved April 18, 2021, from https://investor.id/finance/sepanjang-2020-bi-catat-transaksidigital-banking-capai-rp-27745-triliun

Sudirman, A. (Acai ), Alaydrus, S. (Syafika), Rosmayati, S. (Siti), Syamsuriansyah, S. (Syamsuriansyah), Nugroho, L. (Lucky), Arifudin, O. (Opan), … Rijal, K. (Khairul). (2020). Perilaku Konsumen Dan Perkembangannya Di Era Digital. Widina Bhakti Persada Bandung. Retrieved from www.penerbitwidina.comIndonesia), A. (Asosiasi P. I. (2016). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia.

Triton PB. 2006. Mengenal Dunia ECommerce dan Bisnis di Dunia Cyber. Yogyakarta: Argo Publisher

Apriyadi, Deni dkk. 2017. E-commerce Berbasis Marketplace dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI Vol. 1 No. 2 ISSN: 2580- 0760

Durdev, P B dan Maletic, V. 2011. Visual Impact of Graphic Information in the Package. Proceedings of Information Science & IT Education Coference (InSITE)

Irmawati, Dewi. 2011. Pemanfaatan Ecommerce dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis (Politeknik Negeri Sriwijaya). Edisi ke IV ISSN: 2085-1375.

Sukwadi, Ronald dkk. 2016. Perilaku Konsumen dalam Pemilihan Online Shop Instagram. Jurnal Metris (Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya). ISSN: 1411-3287 Taryadi dkk. 2015. Analisis Tingkat Kesiapan Adopsi E-marketpalce UMKM Batik di Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Vol. 8

Published
2023-06-24
How to Cite
Angellia, F., Febriansyah, M., Fatoni, A., Sundara, D., & Machfuudztry, S. (2023). WORKSHOP PENGEMBANGAN WIRAUSAHA KREATIF BERBASIS DIGITAL UNTUK MEMBANGUN MENTAL TECHNOPRENEUR DI SMK CITRA NEGARA DEPOK. Jurnal Pengabdian Teratai, 4(1), 96-101. https://doi.org/10.55122/teratai.v4i1.822

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>