RANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DALAM PENINGKATAN EFEKTIFITAS SUMBER DAYA PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN METODE RAD

  • Milda Nabilah Al-hamaz Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • A’idah Afifah Hafshah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Meliana Nur Ramah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Putri Ayu Sejati Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Risky Pujianto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Vena Mutiara Syva Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • R Wisnu Prio Pamungkas Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Keywords: Perpustakaan, RAD (Rapid Application Development), Sistem Informasi

Abstract

sistem informasi perpustakaan yang efisien dan mudah diakses. Penelitian ini melihat bagaimana sistem informasi perpustakaan berbasis web dibuat dan dioperasikan, dengan tujuan meningkatkan aksesibilitas pengguna dan efektivitas pengelolaan sumber daya perpustakaan. Sebuah sistem dikembangkan untuk memudahkan pengguna mencari, mengakses, dan berinteraksi dengan konten proyek tertentu melalui browser web yang banyak digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode RAD. Metode RAD merupakan salah satu metode yang berfungsi untuk membuat dan mengambangkan aplikasi cepat, sehingga dapat menghasilkan suatu aplikasi ataupun sistem berbasis web yang memiliki iterasi dan pembaruan software yang lebih cepat. Penelitian ini membahas pemodelan data, penggunaan antarmuka, pengguna yang intuitif, dan integrasi teknologi terkini ke dalam sistem pemrosesan informasi. Hasil dari penelitian ini, dapat mempermudah para pengguna dalam mengakses sistem informasi online perpustakaan, yang juga memungkinkan staf perpustakaan mengelola sumber dayanya dengan lebih efektif. Penelitian ini memberikan informasi penting mengenai pentingnya teknologi berbasis web dalam memodernisasi perpustakaan dan memberikan manfaat yang lebih besar kepada pengguna serta efisiensi manajemen sumber daya perpustakaan.

References

KEAGAMAAN SISWA KELAS 8 (SMP) NEGERI 1 DUKUPUNTANG,” no. July, pp. 1–23, 2020.

R. W. P. Pamungkas and A. Fathurrozi, “Merancang Tata Kelola Perguruan Tinggi Menggunakan Kerangka Kerja Scrum Melalui Dukungan Teknologi Informasi,” SISFOTENIKA, 2023, [Online]. Available: http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/ST/article/view/1268

R. W. P. Pamungkas, A. Najib, B. D. Nuansyah, F. Sukaesih, and J. Setiawan, “Maturity Level Framework ITIL V3 Dalam Mengukur Kepuasan Mahasiswa terhadap Sistem Informasi Akademik,” 2023.

N. Y. Sari, F. R. Hematang, R. Ilham, and S. S. Tryana, “Scientia Sacra : Jurnal Sains , Teknologi dan Masyarakat Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Buku Perpustakaan Menggunakan Model Waterfall,” vol. 3, no. 2, pp. 40–48, 2023.

M. S. P, Muhammad Dedi Irawan, and Ahyat Perdana Utama, “Implementasi RAD (Rapid Aplication Development) dan Uji Black Box pada Administrasi E-Arsip,” sudo J. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 60–71, 2022, doi: 10.56211/sudo.v1i2.19.

N. Agustinus, “Studi Analisis Rapid Aplication Development Sebagai Salah Satu Alternatif Metode Pengembangan Perangkat Lunak,” J. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 64–68, 2002.

A. S. Munawaroh*1Sistem, Muhammad Aditiya2, Farhan Oktafiansyah3, Ismail Abdul Jalal4, “Informasi Perpustakaan Berbasis Website Guna Memudahkan,” vol. 7, no. 3, pp. 665–671, 2022.

S. Saifulloh, R. Pamungkas, T. D. Saputro, and F. R. Al-ayyubi, “Perancangan Prototype Pengelolaan Arsip Surat di Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun,” J. Altifani Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 35–42, 2021, doi: 10.25008/altifani.v1i1.119.

Published
2024-04-01