IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS WEBSITE PADA KANTOR NOTARIS/PPAT SYARIFAH TIFFANY, SH., MKN
Abstract
Perkembangan pesat teknologi internet dan web membawa dampak signifikan terhadap berbagai sektor, termasuk penerapan teknologi website untuk mendukung aktivitas kantor notaris. Penelitian ini dilakukan di kantor notaris Syarifah Tiffany, SH., MKn., yang menghadapi masalah terkait ketidakefisienan sistem pengelolaan berkas klien, di mana klien sering kali harus datang berkali-kali karena kurangnya informasi mengenai persyaratan dokumen. Hal ini menyebabkan pemborosan waktu bagi klien dan beban kerja bagi kantor notaris. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan berkas klien melalui penerapan sistem berbasis web yang memudahkan klien dalam mengakses informasi, serta membantu notaris dalam memantau dan menyelesaikan berkas tepat waktu. Metode yang digunakan adalah pengembangan sistem dengan pendekatan waterfall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan berhasil meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan berkas klien, mengurangi kunjungan berulang, dan mempercepat proses kerja notaris.
References
A. Nabila and R. A. Putri, “Aplikasi E-Membership dengan Pendekatan Customer Relationship Management ( CRM ) pada Dialog Koffie Berbasis Mobile,†J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 7, no. 1, pp. 343–351, 2024, doi: 10.32493/jtsi.v7i1.38319.
F. H. K. Emaluta, I. Isnalita, and N. Soewarno, “The Effect of Customer Relationship Management (CRM) To Customers’ Loyalty and Customers’ Satisfaction as Mediator Variables,†J. AKSI (Akuntansi dan Sist. Informasi), vol. 4, no. 2, pp. 59–63, 2019, doi: 10.32486/aksi.v4i2.352.
A. Lesman, A. Fauzi, B. H. Baskoro, and F. Angellia, “Sistem informasi pembuatan website service mesin fotocopy xerox cv cipta multi solution,†J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 107–114, 2023.
I. Oktaviani, K. Mustofa, and S. Maragawati, “Sistem Informasi Manajemen Pelayanan pada Klinik Pratama Dengan Metode CRM,†J. Elektron. List. dan Teknol. Inf. Terap., vol. 2, no. 1, p. 14, 2020, doi: 10.37338/e.v2i1.116.
M. F. Al Farisi and A. Purwanto, “Penerapan Metode CRM Pada Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pakaian dan Aksesoris,†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 4, p. 902, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4647.
Syahranitazli and Samsudin, “Sistem Informasi Geografis Persenaran Pondok Pesantren Kabupaten Langkat Dan Binjai menggunakan Leaflet,†J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 2621–1467, 2023.
M. Z. Batubara and M. I. P. Nasution, “Sistem Informasi Online Pengelolaan Dana Sosial Pada Rumah Yatim Sumatera Utara,†J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, no. 3, pp. 164–171, 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i3.819.
I. Zufria, A. H. Lubis, and Sarmila, “Implementasi Metode Fuzzy Logic Sugeno Dan Backward Chaining Dalam Sistem Pakar,†J. Sci. Soc. Res., vol. 4307, no. May, pp. 741–747, 2024.
Febri, N. AZ, Wahyuddin, and I. Nopiyana, “Aplikasi Sistem Informasi Customer Relationship Management Pada Klinik Rf Aesthetic,†JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 10, no. 1, pp. 81–86, 2023, doi: 10.30656/jsii.v10i1.6123.
J. U. Usla and A. Ikhwan, “Journal of Computer Networks , Architecture and High Performance Computing Web Based Social Assistance Distribution Monitoring System Using Waterfall Method Journal of Computer Networks , Architecture and High Performance Computing,†J. Comput. Networks, Archit. High Perform. Comput., vol. 5, no. 1, pp. 120–128, 2023.
A. Ikhwan, R. K. Nugraha, E. A. Syahnur, and R. Ridho, “Perancangan Aplikasi Penilaian Kinerja Driver Menggunakan Kodular Di Pt Perkebunan Nusantara Iii (Persero) Berbasis Mobile,†JOISIE (Journal Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 7, no. 2, pp. 364–374, 2023.
W. Welda, D. M. D. U. Putra, and A. M. Dirgayusari, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Berkas Pada Kantor Notaris/PPAT I Gusti Rai Daniel Ari Putra, SH., M.KN,†INFORMAL Informatics J., vol. 5, no. 3, p. 77, 2020, doi: 10.19184/isj.v5i3.20726.
Muhammad Shofiudin, Tiara Melati Putri Wiryawanto, Zuyyina Hawani, and Faris Muslihul Amin, “Tren Implementasi Customer Relationship Management Berbasis Artificial Intelligence,†JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 11, no. 1, pp. 27–32, 2024, doi: 10.30656/jsii.v11i1.8282.
Q. D. Kirana, H. Dafitri, and S. D. Andriana, “Platform Digital untuk Mengelola Invoice dan Purchase order dengan Efisien di PT. Anugerah Wisnu Wicaksana,†Data Sci. Indones., vol. 4, no. 1, pp. 51–61, 2024, doi: 10.47709/dsi.v4i1.4094.
R. A. Putri and A. M. Harahap, “Journal of Computer Networks , Architecture and High Performance Computing Implementation of User Experience Design Approach in Web Based E- Commerce for the Agricultural Sector Journal of Computer Networks , Architecture and High Performance Computing,†J. Comput. Networks, Archit. High Perform. Comput., vol. 6, no. 2, pp. 804–816, 2024.
N. Amalia, S. Samsudin, and M. Alda, “Sistem Informasi Layanan Pengaduan Konsumen berbasis Android melalui UPT. PK Medan Disperindag Sumatera Utara,†Data Sci. Indones., vol. 4, no. 1, pp. 1–11, 2024, doi: 10.47709/dsi.v4i1.4044.
E. Pratiwi, T. Triase, and I. A. Sinaga, “Integrating Augmented Reality and Simulation Game for Flower Board Design,†J. Comput. Networks, Archit. High Perform. Comput., vol. 6, no. 2, pp. 522–532, 2024, doi: 10.47709/cnahpc.v6i2.3712.
Copyright (c) 2024 Nur Masnauli, Heri Santoso, Septiana Dewi Andriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.