SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN TATA KELOLA SURAT MENYURAT PADA AKADEMI KEPERAWATAN PASAR REBO BERBASIS WEBSITE

  • Nur Aprilia Syafitri Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Achmad Fauzi Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Ghanistantiono Dwi H Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: sistem informasi, keperawatan, website

Abstract

Akademi Keperawatan Pasar Rebo sebagai salah satu instusi pendidikan dalam pengadministrisian data baik data surat masuk dan surat keluar sering kali memiliki jumlah yang banyak masih dilakukan secara manual. Penyimpanan data-data tersebut harus dilakukan dengan baik dan dapat di perbaharui secara berkelanjutan. Pengadministrasian menurut efisiensi dan efektifitas yang berorientasi kepada tujuan, penggunaan sumbe daya dan mekanisme pengolahan data yang nantinya dapat digunakan dan dicari sebagai sumber informasi yan sewaktu-waktu di butuhkan.Data admin PT Akademi Keperawatan Pasar Rebo diperoleh dengan melakukan wawancara dengan admin PT. Data proses surat masuk dan surat keluar diperoleh dengan melakukan observasi, sedangkan data tentang konsep dasar ilmu manajemen dan informatika diperoleh dengan melakukan Studi Pustaka.Metode pengembangan analisis ststem yang digunakan adalah menguunakan metode SDLC (System Developlment Live Cycle) mengan model proses OOAD (Object Oriented Analiysis and Design), lalu membuat database dengan menggunakan MySQL. Untuk perancangan sistenya mengunakan UML.Hasil penelitiannya adalah terbangunnya Sistem Informasi Manajement Dan Tata Kelola Surat Menyurat Pada Akademi Keperawatan PAsar Rebo Berbasis Website yang dampaknya dapat membantu admin PT dalam pemperkasan surat masuk dan surat keluar. Dalam pengelolaan data surat masuk dan surat keluat masih menggunakan system pengoahan data secara manual. Seperti yang terjadi pada Akademi Keperawatan Pasar Rebo . Kondisi tersebut secara langsung menjadi masalah yang signifikan untuk segera ditangani. Maka dari itu penulis menyusulkan untuk membuat Sistem Informasi Manajemen Dan Tata Kelola Surat Menyurat Pada Akademi Keperawatan PAsar Rebo Berbasis Website.

References

E. Purwanto and Marginingsih, “Sistem Keamanan Akses Internet Sebagai Upaya Untuk Melindungi Remaja Terhadap Pornografi,” J. Ilm. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 7, no. 1, 2014.

N. Purwandari and R. A. Kristantini, “Online Web-Based Information System Penerimaan Peserta Didik Baru in Sekolah Dasar Islam Terpadu Al- Kautsar Cikarang,” vol. 6, no. 2, pp. 50–59, 2021.

N. Purwandari and A. Fauzi, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pada Toko Xyz Berbasis Desktop 1),” vol. 1, no. 2, pp. 54–64, 2020.

S. Sukamto, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2013.

Jogiyanto, Analisis dan design Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur dan Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

N. Purwandari, “Perancangan Sistem Informasi Absensi Pegawai Pada Perusahaan Manufaktur Pre-Server Berbasis Desktop,” J. Sist. Inf. Bisnis, 2021, [Online]. Available: http://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junsibi/article/view/208

A. Amrullah, Unified Modeling Language (UML). Bandung: Pustaka, 2009.

Published
2022-04-29