ALGORITMA APRIORI PADA SISTEM PERSEDIAAN DAN PENJUALAN TANAMAN ANGGREK SECARA ONLINE
Abstract
Algoritma Apriori merupakan salah satu algoritma yang dapat diimplementasi ke berbagai bidang yaitu bidang bisnis. Dalam bidang bisnis hasil implementasi algoritma Apriori dapat membantu para pebisnis dalam kebijakan pengambilan keputusan terhadap apa yang berhubungan dengan sistem persediaan dan penjualan. Seiring dengan wabah pandemik yang cukup lama, banyak masyarakat yang berkegiatan di rumah karena sistem bekerja berubah menjadi WFH (Work From Home) sehingga mengubah sistem berkegiatan lainnya yaitu selain bekerja di rumah secara online maka bisa menambah kegiatan menanam tanaman hias salah satunya tanaman anggrek yang sangat memesona. Tanaman anggrek memiliki banyak jenis dan jenis warna bunga serta keindahan yang memesona dimana daya tarik tanaman anggrek sangat tinggi bagi masyarakat penggemar anggrek. Algoritma Apriori merupakan algoritma dalam pengambilan data menggunakan aturan asosiasi yang bertujuan penemuan pola kombinasi hubungan antara item-sets dan merupakan cara komputerisasi dalam strategi pemasaran sehingga mampu menciptakan lingkungan bisnis yang inteligen karena semakin tinggi minat pembelian tanaman anggrek semakin besar data dan informasi untuk mengetahui jenis anggrek mana yang paling banyak peminat, serta jenis-jenis anggrek lain yang ikut serta dibeli oleh masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan hasil kombinasi Algoritma Apriori dengan support dan confidence masing-masing 15% dan 60%.
References
Kennedi Tampubolon, Hoga Saragih, Bobby Reza. 2013. Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat - Alat Kesehatan, Maj. Ilmiah Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), Vol. 1, No.1, Okt 2013 : 93 – 106
Yendrizal. 2020. Data Mining Penjualan Tanaman Hias dengan Algoritma Apriori Pada Toko Flores Elishabet. Jurnal Media Informatika Budidarma, Vol. 4, No.2, Apr 2020 : 472 - 478
Herman Mulyana, 2014 . Pemakaian Metode Asosiasi Dalam Data Mining Untuk Penjualan Lebih Dari Satu Jenis Pada Perusahaan, Jurnal Pilar Nusa Mandiri, Volume X Nomor 1, Maret 2014
Novalia Barkah1, Entin Sutinah2*, Nani Agustina3 . 2019. Metode Asosiasi Data Mining Untuk Analisa Persediaan Fiber Optik Menggunakan Algoritma Apriori . Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), Volume: 20, Nomor: 3, September 2019
Despitaria1 , Herry Sujaini2 , Tursina3. 2016. Analisis Asosiasi pada Transaksi Obat Menggunakan Data Mining dengan Algoritma Apriori , Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), Volume 1, Nomor 1, Januari 2016
Uci Baetulloh1 , Acep Irham Gufroni2 , Rianto3 . 2019. Penerapan Metode Assciation Rule Mining Pada Data Transaksi Penjualan Produk Kartu Perdana Kuota Internet Menggunakan Algoritma Apriori, Jurnal Simetris . Volume 10, Nomor 1, April 2019
Agung Triayudi1 Hervian2 . 2017. Mengukur Tingkat Pembiayaan Kredit Pada PT. Trihamas Finance Menggunakan Algoritma Apriori-Data Mining . Jurnal ProTekInfo, Vol. 4, Agt 2017
Yuli Nur Indah Sari1, Agung Triayudi2, Ira Diana S3. 2019. Implementation of Data Mining to Predict Food Sales Rate Method using Apriori. International Journal of Computer Applications Volume 178 – No. 35, July 2019
Budi Santoso, 2007. Data Mining Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis, Teori dan Aplikasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.