Green Marketing sebagai Manajemen Komunikasi Public Relations Industri Pariwisata Bali
Abstract
Penelitian ini membahas peran green marketing sebagai manajemen komunikasi public relations dalam industri pariwisata Bali. Studi literatur dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang konsep dan praktik green marketing serta strategi komunikasi yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi green marketing dapat membantu membangun citra positif industri pariwisata Bali yang ramah lingkungan. Dalam upaya mengoptimalkan manajemen komunikasi public relations, beberapa saran diberikan, antara lain: meningkatkan kesadaran dan pemahaman, memperkuat kemitraan, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, mendorong partisipasi aktif dan melakukan evaluasi dampak secara teratur. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan dan rekomendasi bagi industri pariwisata Bali dalam mengadopsi green marketing sebagai strategi komunikasi yang efektif.
References
Dalam Memasarkan Busana Muslim. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2). https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i2.334
Bagus, I., & Wicaksana, A. (2022). Penglipuran Village Festival IX 2022 : A Cultural Festival at The Cleanest Village in The World. 6(3), 52–57. https://doi.org/10.36675/btj.v6i3.
Bernadin, A., & Pinem, D. (2019). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN TERPADU PADA UKM-UKM di Ciracas Jakarta Timur. SABDAMAS, Vol 1 No 1 (2019): SABDAMAS.
Eneizan, B., Mohamad Alhamad, A., Bin.Mat Junoh, M. Z., & Binti Tunku Ahmad, T. S. (2019). Green Marketing Strategies: Theoretical Approach. American Journal of Economics and Business Management, 2(2), 77–94. https://doi.org/10.31150/ajebm.vol2.iss2.69
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fitri Anggreani, T. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SWOT: STRATEGI PENGEMBANGAN SDM, STRATEGI BISNIS, DAN STRATEGI MSDM (SUATU KAJIAN STUDI LITERATUR MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5). https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i5.588
Gantiano, H. E. (2018). Politikus Sebagai Komunikator Politik. Dharma Duta, 16(1). https://doi.org/10.33363/dd.v16i1.145
Garg, S., & Sharma, V. (2017). Green Marketing: An Emerging Approach to Sustainable Development. International Journal of Applied Agricultural Research, 12(2), 177–184. http://www.ripublication.com
Haryono, S. (2018). Re-Orientasi Pengembangan Sdm Era Digital Pada Revolusi Industri 4.0. The National Conference on Management and Business (NCMAB) 2018 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universoitas Muhammadiyah Surakarta.
Herna, H., Hiswanti, H., Hidayaturahmi, H., & Putri, A. A. (2019). Strategi Komunikasi Media Sosial untuk Mendorong Partisipasi Khalayak pada Situs Online kitabisa.com. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(2), 146–156. https://doi.org/10.46937/17201926843
Khatri, P. (2021). Green Marketing: Benefits And Challenges For Marketers. Green Marketing and Green Computing: An Opportunity for Innovative & Sustainable Growth, January.
Mariani, N. W. R., & Wijaya, A. A. G. (2018). Upaya Promosi Potensi Wisata Kota Denpasar Berbasis Media sosial. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 9(2). https://doi.org/10.31294/khi.v9i2.5223
Mudana, I. G., Sutama, I. K., & Widhari, C. I. S. (2017). MODEL KEWIRAUSAHAAN MEMANDU WISATA MENDAKI GUNUNG AGUNG DI DESA SELAT, KARANGASEM. Soshum : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 7(3). https://doi.org/10.31940/soshum.v7i3.717
Murdaniati, K., & Widodo, H. P. (2018). Strategi Marketing Public Relations Matos Mall Dalam Menjaga Mitra Bisnis. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(1), 47–55.
Ningsih, A., Muhyiddin, A., & Rosyidi, I. (2018). Strategi Komunikasi Bisnis Kewirausahaan Eco Pesantren Daarut Tauhiid. Prophetica : Scientific and Research Journal of Islamic Communication and Broadcasting, 4(1). https://doi.org/10.15575/prophetica.v4i1.2230
Nita Andrianti, T. L. (2019). Pengembangan desa wisata melalui penguatan strategi komunikasi pariwisata. Senadimas Unisri, September.
Praveen, V., Prasad, M. A., Pareek, A., & Mathur, N. (2021). Green Marketing : a Sustainable Change in Market. 7838(May), 11–15.
Rahman, A. (2015). Kompetensi Komunikasi Calon SDM Public Relations. Jurnal Visi Komunikasi, 14(2).
Raka, R. R. (2020). Komodifikasi Tri Mandala Desa Wisata Ubud. Dharma Duta, 17(2). https://doi.org/10.33363/dd.v17i2.371
Resva, K., & Lina Wijaya. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu “Salatiga Movement (SM)†Dalam Meningkatkan Brand Awareness Terhadap Masyarakat Salatiga. Journal Komunikasi Universitas Garut, 5(2).
Ribas, W. P., Pedroso, B., Vargas, L. M., Picinin, C. T., & Freitas Júnior, M. A. de. (2022). Cooperative Organization and Its Characteristics in Economic and Social Development (1995 to 2020). In Sustainability (Switzerland) (Vol. 14, Issue 14). MDPI. https://doi.org/10.3390/su14148470
Ritonga, E. Y. (2018). Teori Agenda Setting dalam Ilmu Komunikasi. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 32. https://doi.org/ 10.31289/simbollika.v4i1.1460
Riyantie, M., Alamsyah, A., & Pranawukir, I. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Kopi Janji Jiwa Di Era Digital Dan Era Pandemi Covid-19. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(2), 255–267. https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1721
Shabiriani, U. N. (2021). DRAMATURGI DALAM IDENTITAS DAN CITRA INFLUENCER KADEER BACHDIM PADA AKUN INSTAGRAM D_KADOOR. Jurnal Nawala Visual, 3(2). https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v3i2.236
Sumarni, L. (2017). Komunikasi Politik Para Elit di Era Virtual Culture. Jurnal Perspektif Komunikasi, 1(1), 1–10.
Wahyono, E. (2018). Komunikasi Kelompok : Studi Dialog Komunitas Dalam Pengembangan Masyarakat di Perkotaan. Nyimak (Journal of Communication), 2(2), 113–130. https://doi.org/10.31000/nyimak.v2i2.961
Copyright (c) 2023 Made Wilantara, Misnan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.