Green Marketing sebagai Manajemen Komunikasi Public Relations Industri Pariwisata Bali

Authors

  • Made Wilantara Universitas Jayabaya
  • Misnan Misnan Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

DOI:

https://doi.org/10.55122/mediastima.v29i2.1010

Keywords:

Green Marketing, Manajemen Komunikasi, Public Relations, Industri Pariwisata, Bali

Abstract

Penelitian ini membahas peran green marketing sebagai manajemen komunikasi public relations dalam industri pariwisata Bali. Studi literatur dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang konsep dan praktik green marketing serta strategi komunikasi yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi green marketing dapat membantu membangun citra positif industri pariwisata Bali yang ramah lingkungan. Dalam upaya mengoptimalkan manajemen komunikasi public relations, beberapa saran diberikan, antara lain: meningkatkan kesadaran dan pemahaman, memperkuat kemitraan, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, mendorong partisipasi aktif dan melakukan evaluasi dampak secara teratur. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan dan rekomendasi bagi industri pariwisata Bali dalam mengadopsi green marketing sebagai strategi komunikasi yang efektif.

Downloads

Published

01-11-2023

How to Cite

Wilantara, M., & Misnan, M. (2023). Green Marketing sebagai Manajemen Komunikasi Public Relations Industri Pariwisata Bali. Mediastima, 29(2), 131–147. https://doi.org/10.55122/mediastima.v29i2.1010

Issue

Section

Articles
Received 2023-10-23
Accepted 2023-11-01
Published 2023-11-01