Analisis Strategi dengan Metode SWOT, QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix), dan SPACE (Strategic Position and Action Evaluation) pada PT. Kimia Farma, Tbk
Abstract
Penelitian ini berfokus pada strategi pengembangan bisnis PT. Kimia Farma, Tbk melalui pendekatan deskriptif kuantitatif, gabungan metode analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix), dan SPACE (Strategic Position and Action Evaluation). Analisis dimulai dengan mengenali berbagai faktor dari dalam dan luar perusahaan yang mempengaruhi kinerja perusahaan di sektor farmasi yang berubah dengan cepat. Melalui pendekatan SWOT, kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh PT. Kimia Farma, Tbk. diperinci secara komprehensif. Selanjutnya, penggunaan QSPM memungkinkan penilaian terukur terhadap strategi-strategi yang diusulkan. Pendekatan SPACE menambah dimensi analisis dengan mengevaluasi posisi strategis perusahaan dalam industri farmasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa matriks IE PT. Kimia Farma, Tbk berada di kuadran V dengan perhitungan IFE 2.20 dan EFE 2.64. Sementara hasil perhitungan dari matrik Space dengan perhitungan FS-ES = -0.75 dan IS-CA = -0.55 PT. Kimia Farma, TBK sedang berada di fase “Defensive” . Hasil perhitungan matriks QSPM pilihan alternatif secara berurutan adalah penciutan sebesar 6.66, divestasi sebesar 6.56 dan likuidasi sebesar 6.54. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan yang berguna bagi manajemen PT. Kimia Farma, Tbk untuk menerapkan strategi yang lebih efektif dalam menghadapi dinamika industri farmasi saat ini. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, artikel ini memberikan gambaran menyeluruh tentang strategi yang dapat meningkatkan daya saing dan kinerja PT. Kimia Farma, Tbk di pasar yang terus berubah.
References
David Fred, & David Forest. (2017). Strategic Management. Concepts and Case by Forest David. In Pearson Education Limited .
Qanita, A. (2020). Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’Gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11–24. https://doi.org/10.15575/jim.v1i2.10309
Rubihanto, A., Ismiyah, E., & Jufriyanto, M. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Pendekatan Analisis Swot Dan Quantitative Strategic Planning Matrix ( QSPM ) ( Studi Kasus : Restoran Kimochi Eatery Gresik ). SITEKIN : Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 19(2), 234–240.
Ahmad Turmudi Zy, Z. A. H., Studi, P., Informatika, T., Teknik, F., Pelita, U., Orientasi, O., & Barang, S. (2021). Jurnal Teknologi Pelita Bangsa. Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, 12(4), 33–40.
Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi.
Arif, M., & Nagara, P. (2020). SWOT Analisis dan Matrik SWOT Analisis Dalam Rangka Pemasaran Produk Pendanaan Bank (Studi PT. BPR Rangkiang Aur). Jurnal Point Equilibrium Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 21-35.
Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.
Evelyn, E. (2018). Analisis Manajemen Strategi Bersaing Dengan Matriks Ie, Matriks Swot Dan Matriks Qspm Pada Pt. Xyz. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(4).
Harissudin, F. M. S. (2018). Usulan strategi pemasaran dengan menggunakan matriks ie dan matriks space (Studi Kasus: Ocegan Snack) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Kustiyahningsih dan Anamisa (2011:8). (2014). Pengertian Quantitative Strategic Planning Matriks (QSPM). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Lesmana, R. (2019). Analisis Strategi Bersaing Pt Dwi Perkasa Mobiltama Pamulang Untuk Meningkatkan Penjualan. Jimf (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 1(4), 1–12. https://doi.org/10.32493/frkm.v1i4.2554
Pemasaran, P. (2014). Definisi SWOT. 7–18. Penerbit PT. Sinar Permata
Prayudi, D., & Yulistria, R. (2020). Penggunaan matriks SWOT dan metode QSPM pada strategi pemasaran jasa wedding organizer: Studi kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 224-240.
Wibowo, A. (2020). MANAJEMEN STRATEGIS. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-436.
Wahyudi, K. (2019). Manajemen Strategik. Penerbit Dwidurisamta
Yunus, E. (2016). Manajemen strategis. Penerbit Andi.
Copyright (c) 2024 Junias Robert Gultom, Asep Zaelani Sidiq, Zarazenitha Qarima Azzahra, Nadirra, Windy Aprilia Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.