Determinan Manajemen Mutu Total Berbasis Praktik terhadap Kinerja Dosen dan Knowledge Sharing sebagai Variabel Moderasi
Abstract
Berbagai permasalahan yang di alami dosen yang tercermin pada saat laporan BKD dan pemberian layanan untuk berbagi pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh praktik TQM terhadap kinerja dosen. Peran yang dimodifikasi dari studi kasus berbagi pengetahuan dari Dosen tetap IBI Kosgoro 57, yang mengarah pada pencapaian beberapa hasil yang diinginkan, yang paling penting adalah membangun budaya dalam organisasi untuk mendukung implementasi TQM, untuk pengembangan pemikiran administratif, yang membuktikan efisiensinya untuk mengatasi masalah organisasi terkait dengan kualitas layanan atau produktivitas. TQM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen. Hasil nilai t statistik adalah 2.228 ≥ 1.96, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh signifikan TQM terhadap kinerja dosen. Hipotesis kedua: TQM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen melalui knowledge sharing. Hasil nilai t statistic adalah 4.642 < 1.96, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan TQM terhadap kinerja dosen melalui knowledge sharing.
References
A. Parasuraman. (2018). The Behaviorial Consequenses of Service Quality. New Jersey: Prentince Hall.
Ali A. (2010). Human resources development in light of the application of the principles of total quality management in universities. International Islamic University Malaysia.
Alwan, K. (2013). Total Quality Management and ISO 9001: 2000. Amman: Dar Al Thakafa for Publishing & Distribution.
Barrena-Martínez, J., López-Fernández, M., & Romero-Fernández, P. M. (2017). Socially responsible human resource policies and practices: Academic and professional validation. European Research on Management and Business Economics, 23(1), 55–61. https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2016.05.001
Čech, M., Yao, W., Samolejová, A., Li, J., & Wicher, P. (2016). Human Resource Management in Chinese manufacturing companies. Perspectives in Science, 7, 6–9. https://doi.org/10.1016/j.pisc.2015.11.003
Dawoud, A. A. (2010). Quality management & academic accreditation. Amman: Publishing and Distribution Jordan.
Freddy Rangkuti. (2017). Customer Care Excellent Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima Plus Analisis Kasus Jasa Raharja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali. (2014). Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.
Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Koontz, H. & C. O. & H. W. (2017). Manajemen. Jakarta.: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip and Armstrong, G. (2017). Prinsi-prinsip Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.
Martoyo, S. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (5th ed.). Yogyakarta: BPFE.
Mu’alimin. (2014). Become a Superior School. Yogyakarta: Ganding Pustaka.
Muda, S., & Rahman, M. R. C. A. (2016). Human Capital in SMEs Life Cycle Perspective. Procedia Economics and Finance, 35(October 2015), 683–689. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(16)00084-8
Muhartini, Hairunnas, M. F. (2022). International Journal of Education and Literature ( IJEL ) EDUCATION QUALITY ASSURANCE AND COMPARATIVE ACCREDITATION. International Journal of Education and Literature (IJEL, 7(1), 46–57. Retrieved from https://ijel.amikveteran.ac.id/index.php/ijel/article/view/44/44
Nagendra, A., & Deshpande, M. (2014). Human Resource Information Systems (HRIS) in HR Planning and Development in Mid to Large Sized Organizations. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 133, 61–67. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.169
Ozolina-Ozola, I. (2014). The Impact of Human Resource Management Practices on Employee Turnover. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 156(April), 223–226. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.11.178
Rivai, V. Z. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik (III). Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Riyuzen Praja Tuala. (2018). School Quality Improvement Management. Bandar Lampung: Book of the Constellation of Latitude.
Saeed, R., Mussawar, S., Lodhi, R. N., Iqbal, A., Nayab, H. H., & Yaseen, S. (2013). Factors affecting the performance of employees at work place in the banking sector of pakistan. Middle-East Journal of Scientific Research, 17(9), 1200–1208.
Salajegheh, S., & Pourrashidi, R. (2013). The Relationship Between Total Quality Management (TQM) and Organizational Performance. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, 5(4), 478–489.
Skoludova, J., & Brodsky, Z. (2015). Current Trends of Selected Aspects of Human Resource Management in the Czech Republic. Procedia Economics and Finance, 26(15), 603–608. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)00961-2
Sugiyono. (2001). Metodologi Penelitian Bisnis,. Bandung: Alfabeta.
Syafaruddin & Nurmawati. (2018). Pengelolaan Pendidikan Mengembangkan Keterampilan Manajemen Pendidikan Menuju Sekolah Efektif. Medan: Perdana Publishing.
Tjiptono, F. dan G. C. (2016). Service, Quality & Satisfaction (3rd ed.). Yogyakarta: ANDI.
Uyar, A. S., & Deniz, N. (2012). The Perceptions of Entrepreneurs on the Strategic Role of Human Resource Management. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 58, 914–923. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.1070