Pengaruh Local Brand Strength dan Culture Embeddedness terhadap Pembelian Merek Lokal oleh Konsumen Melalui Minat Pembelian Merek Lokal
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk menguji pengaruh antara Local Brand Strength dan Culture Embeddedness terhadap Keputusan Pembelian Merek Lokal melalui variabel mediasi Minat Beli. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuesioner kepada 100 mahasiswa di Jakarta yang dipilih secara acak. Untuk menganalisis data, digunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak Smart PLS. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh merek lokal terhadap minat pembelian, begitu pula budaya yang melekat memberikan pengaruh terhadap minat pembelian. Namun, tidak ditemukan pengaruh merek lokal terhadap keputusan pembelian, sementara budaya yang melekat mempengaruhi keputusan pembelian. Selain itu, dorongan untuk membeli merek lokal dipengaruhi oleh minat pembelian, dan melalui variabel mediasi minat pembelian, merek lokal berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Namun, tidak ditemukan pengaruh langsung dari budaya melekat melalui minat beli merek lokal terhadap keputusan pembelian.
References
Aaker, David A. (1991); Managing Brand Equity; New York: The Free Press.
-----------------, (1996); Building Strong Brands; New York: The Free Press
Agung, I Gusti Ngurah (2005); Metode dan Pemakaian Praktis; Jakarta: Garuda Pustaka.
------------------, (2005) Manajemen Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Assael, Henry (2001); Consumer Behavior and Marketing Action; Australia: Thomson Learning.
Cooper, Donald R. and Pamela S. Schindler (2006); Marketing Research; New York: McGraw–Hill.
Durianto, Darmadi, et al. (2001); Strategi Menaklukkan Pasar: Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek; Jakarta: Gramedia Pustaka Tama.
Hair et al. (1998); Multivariate data analysis; USA: Prentice Hall, New Jersey.
Irawan, Prasetya, (2006); Penelitian Kualitatif. & Kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial; Depok: FISIP UI.
Kapfferer J N., 1994; Strategic Brand Management; New York: Free Press.
Keller, K.L. (2003); Strategic Brand Management: Building, Measuring and Managing Brand Equity: 2nd ed. Upper Saddle River, N.J: Pearson Education International.
Kotler, Philip, (2003); Manajemen Pemasaran; Edisi Sebelas; Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
----------------, & Karen F.A. Fox (1995); Strategic Marketing for Educational
Institutions. 2nd ed. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
---------------- (2002); Manajemen Pemasaran; Edisi Milenium; Jilid 1; Alih
bahasa: Hendra Teguh, Ronny A. Rusli, dan Benyamin Molan; Jakarta: Prenhallindo.
Mowen, John C. dan Minor, Michael, (2002); Perilaku Konsumen; Edisi kelima, Alih Bahasa Lima Salim; Jakarta: Erlangga.
Rangkuti, Freddy (2002); The Power of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity
dan Strategi Pengembangan Merek; Jakarta: Gramedia Pustaka Tama.
Schiffman, Leon G. dan Kanuk, Leslie Lazar (2004); Consumer Behavior; New Jersey: Prentice Hall International Inc.
Singarimbun, Masri, dan Sofyan Effendi (1995); Metode Penelitian Survei; Jakarta: PT Pustaka LP3ES.
------------------, (1989); Metode Penelitian Survey; Jakarta: LP3ES
Setiadi, Nugroho J. (2003) Perilaku Konsumen; Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran; Edisi Pertama; Bogor: Kencana.
Sugiyono (2006); Metode Penelitian Administrasi; penyunting Apri Nuryanto; Bandung : CV. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 1997; Prinsip-Prinsip Total Quality Service; Yogyakarta : ANDI.
------------------, (2005); Brand Management & Strategy; Yogyakarta: ANDI.
Umar, Husein, (1999); Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis; Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Utami, Christina Whidya, (2006) Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Ritel Modern; Jakarta: Salemba Empat.
Witherington, H.S, (1991); Psikologi Pendidikan; Cetakan ke-5; Jakarta : Aksara Baru.
Copyright (c) 2024 Aris Fatoni, Afrida Sary Puspita, Aniza Octoviani, Titin Alfinatun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.