Analisis dan Perencanaan Strategis dengan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM: Studi pada Perusahaan Jasa Pengiriman di Jakarta

Authors

  • Junias Robert Gultom Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Afrizal Afrizal Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Dinda Ariandini Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

DOI:

https://doi.org/10.55122/mediastima.v31i1.1637

Keywords:

Kekuatan, Kelemahan, Peluang, Ancaman

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan strategi bisnis yang paling cocok dan berdaya saing. Sebelum itu, penelitian ini mengidentifikasi dan menilai komponen lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang mempengaruhinya. Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) digunakan untuk melakukan penelitian ini. Analisis ini adalah analisis yang digunakan untuk menilai peluang dan ancaman di lingkungan bisnis serta kekuatan dan kelemahan internal perusahaan. Metode pengambilan sample purposive digunakan untuk penelitian ini. Penelitian ini melibatkan dilakukan pada Perusahaan jasa Pengiriman di Jakarta dengan melibatkan semua karyawan J&T Cargo cabang Cilandak dan orang-orang yang pernah menjadi pelanggannya. Hasilnya menunjukkan bahwa J&T Cargo cabang Cilandak dapat menggunakan strategi pemasaran seperti meningkatkan pangsa pasar, meningkatkan kualitas layanan, melakukan promosi yang efektif, tepat sasaran dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia.

References

Clarisa, D., Maldun, S., & Juharni, J. (2023). Strategi Pelayanan Jasa Pengiriman PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Makassar. Publician: Journal of Public Service, Public Policy, and Administrastion, 2(2), 75–84. https://doi.org/10.56326/jp.v2i2.2388

David, F. R. (2016). Manajemen Strategis (E. 15 ID (ed.); 15th ed.). Salema Empat.

David Fred, & David Forest. (2017). Strategic Management. Concepts and Case by Forest David. In Pearson Education Limited .

Desirino, C. (2021). Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa Pengiriman Dengan Metode SWOT dan QSPM Abstrak. 3, 156–163.

Gultom, J. R., Sidiq, A. Z., Azzahra, Z. Q., Nadirra, N., & Rahayu, W. A. (2024). Analisis Strategi dengan Metode SWOT, QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix), dan SPACE (Strategic Position and Action Evaluation) pada PT. Kimia Farma, Tbk. Mediastima, 30(1), 13–27. https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/mediastima/article/view/1211/474

Kuncoro, E. A. (2010). PT Samudera Nusantara Logistindo Engkos Achmad Kuncoro. Binus Business Review, 1(9), 169–184.

Larisang, L., & Kamil, I. (2021). Analisa Stategi Pengembangan Usaha Perusahaan Exspedisi Pada Pt. Uwais Global Logistik Menggunakan Metode Swot Dan Qspm. PROFISIENSI: Jurnal Program Studi Teknik Industri, 9(1), 90–103. https://doi.org/10.33373/profis.v9i1.3314

Prasetya, S. G., Maria, M., & Maria, M. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis Jasa Layanan Logistik J&T Express Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(1), 129–136. https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i1.1565

Prastiti, E. D., Mariam, I., & Siambaton, E. (2019). Analisis Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Dalam Strategi Pengembangan Bisnis Pada Pt Esa Jaya Global. Epigram, 15(2). https://doi.org/10.32722/epi.v15i2.1241

Robbins, S. P. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.

Sembiring, H. A. Z., Perangin Angin, D. P. P. A., & Tanjung, A. A. (2023). Minimasi Biaya Pengiriman Perusahaan Jasa J&T Menggunakan Metode Transportasi. Competitive, 17(2), 77–78. https://doi.org/10.36618/competitive.v17i2.2580

Setiawati, R., Fachrial, P., & Widia, R. (2020). Formulasi Strategi Peningkatan Penjualan Cargo Service Center PT Citilink Indonesia di Jakarta. Jurnal Manajemen, 11(1), 35. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v11i1.2925

Wamaer, I. S., Tumbel, A., & Soepeno, D. (2022). Penerapan Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Pt . Ivana Papua Cargo Express. Jurnal EMBA, 10(1), 800–808.

Downloads

Published

15-08-2025

How to Cite

Gultom, J. R., Afrizal, A., & Ariandini, D. (2025). Analisis dan Perencanaan Strategis dengan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM: Studi pada Perusahaan Jasa Pengiriman di Jakarta. Mediastima, 31(1), 61–70. https://doi.org/10.55122/mediastima.v31i1.1637

Issue

Section

Articles