STRATEGI PROMOSI ONLINE INSTAGRAM DAN STRATEGI HARGA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI JASA PENERBANGAN AIR ASIA RUTE JAKARTA - SINGAPURA

  • Marsadi Aras Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Ahmad Nurdin Hasibuan Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Suci Fatihah Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Delila Rambe Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Instagram Online Promotion Strategy, Price Strategy, Purchase Intention

Abstract

This study aims to analyze the effect of promotional strategies using social media and price strategies with the interest in buying airline services on the Jakarta-Singapore route of AirAsia. This study applies a survey by taking samples directly to the population. This research uses a causality design, to analyze the influence of the Instagram online promotion variable and the price strategy to increase buying interest, through hypothesis testing. Respondents were determined by non-probability technique with purposive judgment sampling method. The results showed that the promotion strategy through Instagram social media had a positive and significant effect on purchasing decisions. A positive t value indicates that the promotion variable through Instagram social media has an effect that is directly proportional to purchase intention. pricing strategy has a positive and significant effect on purchasing decisions. A positive t value indicates that the price variable has an effect that is directly proportional to purchase intention. Promotion through Instagram social media and price strategy simultaneously have a positive and significant effect on purchase intention.

Instagram Online Promotion Strategy, Price Strategy, Purchase Intention

References

Addani, S. and Rusdiansyah, F. T. (2012) ‘Analisis konsistensi perilaku pilihan pelanggan terhadap penawaran penjualan tiket antara penerbangan layanan penuh dan penerbangan biaya rendah’, pp. 1–7. Available at: http://digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-35065-2508100139-paperpdf.pdf.

Andri, danial, dodi (2016) Manajemen pemasaran. IPB Press

Basu Swastha dan Irawan, 2005, Asas-asas Marketing, Liberty, Yogyakarta

Buchari, Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeth

Buchari, Alma. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeth

Fajri, D. and Ma’ruf, J. J. (2017) ‘Pengaruh Social Media Marketing Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen dan Pengalaman Konsumen Sebagai Variabel Mediasi Pada Maskapai Penerbangan Airasia di Banda Aceh’, 中国科技论å›, 1(1), pp. 12–14.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Kedelapan. Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service

Hermawan, A. (2013) Promosi dalam prioritas kegiatan pemasaran. Jakarta. PT Buku Seru. Hal 38

Hermawan, Agus. 2013. Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Hidayat, S, N. (2010). Jumlah penumpang LCC naik 14%. Ditemu kembali dari http://industri.kontan.co.id/news/jumlah-penumpang-lcc-naik-14-1

Jatmika, D., Psikologi, P. S. and Mulia, U. B. (2015) ‘Hubungan tipe kepribadian ocean dan brand trust pada konsumen maskapai penerbangan’, 2(2), pp. 497–512.

J.Paul Peter & jerry c. Olson (2000). Consumer Behavior Perilaku Konsumen 2nd. ed. 4 Jakarta: .Penerbit Erlangga

Kotler, Philip and Armstrong, Gary. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Jakarta : Penerbit Erlangga

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-13. Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga

Kotler, Philip dan Keller, Kevin. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi ke-13. Jilid 2. Terjemahan oleh Bob Sabran MM. Jakarta : Penerbit Erlangga

Nur, Andri. Tahib, Danial dan Wahab, Dodi. 2016. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 5. Bogor : IPB Press

Ramadhan, A, W. (2014). Bisnis LCC Meningkat Tajam di Indonesia. Ditemu kembali dari http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/bisnis/14/02/20/n1akzk-bisnis-lcc-meningkattajam-di-indonesi

Sangadji, E.M dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Suparyanto dan Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor : In Media

Supingah, I. (2015). Asal mula Low Cost Carrier. Ditemu kembali dari http://ekonomibisnis.suarasurabaya.net/news/2015/145803-Asal-Mula-Low-Cost-Carrier

Sistaningrum (2002) ‘Pengertian, tujuan dan bauran promosi’, p. 98. Available at: https://www.kajianpustaka.com/2016/11/pengertian-tujuan-dan-bauran-promosi.

Sofyan Nur Hidayat (2010) ‘Jumlah penumpang LCC naik 14%’. Available at: https://industri.kontan.co.id/news/jumlah-penumpang-lcc-naik-14-1.

Tarif murah aman terbang (2015) Tarif murah aman terbang. Available at: http://sp.beritasatu.com/home/tarif-murah-aman-terbang/74458.

Published
2021-04-30
How to Cite
Aras, M., Hasibuan, A., Fatihah, S., & Rambe, D. (2021). STRATEGI PROMOSI ONLINE INSTAGRAM DAN STRATEGI HARGA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI JASA PENERBANGAN AIR ASIA RUTE JAKARTA - SINGAPURA. Mediastima, 27(1), 18-38. https://doi.org/10.55122/mediastima.v27i1.210
Section
Articles