PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JNE EXPRESS PONDOK GEDE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan konsumen dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada jasa pengiriman barang JNE Express di Pondok Gede. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah lemeshow sebanyak 96 responden pengguna jasa pengiriman JNE Express di Pondok Gede. Pengujian pada penelitian ini menggunakan analisis regresi, korelasi dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Besarnya kontribusi kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 58,5% sedangkan sisanya sebesar 41,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.
References
Andhini, A. (2017). Pengaruh Transaksi Online Shopping, dan Kepercayaan Konsumen terhadap Kepuasan Konsumen pada E-Commerce. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(7),1–23. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/1753/1763
Andriansan, S. (2016) Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan: Dilengkapi Dengan Hasil Riset Pada Hotel Berbintang di Sumatera Utara. Yogyakarta: Deepublish.
Astuti, dan Amanda. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran (Pertama). Yogyakarta: Cv Budi Utama.
Diza, F. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pt. Fifgroup Cabang Manado). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 109–119.
Ferdinand, A. (2014) Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Univeritas Diponegoro.
Firmansyah, D. F. dan A. (2019). Pemasaran jasa (Strategi, Mengukur kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Pertama). Yogyakarta: Cv Budi Utama.
Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengelola Data Kuesioner Menggunakan SPSS (Pertama). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Istianah, Mardani, R. M., & Wahono, B. (2018). e – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN Fakultas Ekonomi Unisma. E-Jurnal Riset Manajemen, 7(2), 46–58.
Indrasari. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (Pertama). Jawa Timur: Unitomo Press.
Kesuma, E., Amri, & Shabri, M. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan pada sulthan hotelbanda aceh. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala., 4(November 2015), 176–192. https://doi.org/10.2169/internalmedicine.55.5507
Lusiah. (2018). Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Hasil Penelitian Pada Mahasiswa Universitas Swasta Di Kota Medan (Pertama). Yogyakarta: Cv Budi Utama.
Nindy Azis Saputri, (2019), Pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen jne express di kecamatan ujung batu kabupaten rokan hulu.
Noeraini, I. A. (2016). Pengaruh Tingkat Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Surabaya. Ilmu Dan Riset Manajemen, ISSN: 2461-0593, 5(5), 1–17. https://doi.org/10.1007/s00417-015-2943-0
Nuralam, I. P. (2017). Etika Pemasaran Dan Kepuasan Konsumen Dalam Pemasaran Perbankan Syariah (Pertama). Malang: Universitas Brawijaya Press.
Pelayanan, P. K., Harga, K. D. A. N., & Sudaryana, Y. (2020). Master of Management Studies Program Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kantor Pos Indonesia ( Persero ) Kota Tangerang. 4(1).
Priansa, D. J. (2017) Komunikasi Pemasaran Terpadu (Pertama). Bandung: Cv Pustaka Setia.
Priansa, J. R. W. dan D. J. (2019). Konsumen, Pemasaran, Dan Komunikasi Kontenporer (Pertama). Bandung: Cv Pustaka Setia.
Shintia. (2011). Manajemen Pemasaran (Pertama). Malang: Universitas Brawijaya Press.
Siregar, S. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Ke-4. Jakarta: Kencana
Somad, R. (2014). Manajemen Komunikasi Mengembangkan Bisnis Berorientasi Pelanggan (Pertama). Bandung: CV. ALFABETA.
Sugiono (2015) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, W. (2018). Statitik Untuk Binis dan Ekonomi (Kedua). Yogyakatra: Pustaka Baru Press.
Suprapto, dan Azizi. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran (Pertama). Ponorogo: Myria Publisher.
Thalia Claudia Mawey, Altje L. Tumbel, Imelda W. J. Ogi (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Sulutgo. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3). https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20106
Wulandari, S., & Suwitho. (2017). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Asuransi Jiwa. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 6(9), 1–18.
Copyright (c) 2021 Yayan Hendayana, Andryana Mei Evita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.