PENGARUH CITRA TOKO DAN SUASANA TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIA KONSUMEN DI RAMAYANA DEPARTEMENT STORE DEPOK

  • Dadan Sundara IBI Kosgoro 57
Keywords: Store image, Store atmosperics, Buying decision, Departement store

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengukur berapa besar pengaruh variabel Citra Toko dan varibel Suasana Toko mempengaruhi keputusan pembelian di Ramayana Depok. Sampel sejumlah 30 konsumen yang berada di toko Ramayana Depok dan diambil secara convenience sampling, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Software SPSS versi 23.

Hasil penelitian menunjukan (1) Variabel Citra toko tidak berpengaruh signifik atas keputusan pembelian konsumen di Ramayana Depok. Hal ini dibuktikan dengan nilai probabilitas > 0,05; (2) Variabel Suasana Toko tidak berpengaruh signifik atas keputusan pembelian konsumen di Ramayana Depok. Hal ini terlihat dengan nilai probabilitas > 0,05; (3) Secara simultan variabel Citra Toko dan variabel Suasana Toko signifikan atas keputusan pembelian konsumen di Ramayana Depok dengan Uji F sebesar 5,765 dan sign 0,008 < 0,05.(4) Keputusan pembelian konsumen di pengaruhi oleh  variabel-variabel citra toko dan suasana toko (Store Atmosperics) sebesar 29,9% sedangkan 70,1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan kedalam variabel-variabel penelitian

References

Cut Devi, Damrus, Pengaruh Bauran Pemasaran Eceran Terhadap
Keputusan pembelian Konsumen Pada Indomaret Lueng Bata Banda
Aceh, Fakultas Ekonomi Universitas Tengku Umar, Vol 4 No 1 2020
Christina Whidya Utami, Manajemen Retail, Edisi 3, Salemba Empat, 2010
Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS,
Semarang, UNDIP, 2005
Ma’ruf, Hendri, Pemasaran Ritel, Cetakan 1, Penerbit PT. Gramedia
Pustaka Utama, Jakarta, 2005
Muhammad Rifa’I, Pengaruh Citra Toko Terhadap Niat beli Konsumen
Pada Minimarket Alfamart Bandar Lampung, Fakultas Ekonomi dan
Bisnis, Universitas Bandar Lampung 2018
Maftukhan, Muhammad, Shopping Lifestyle dan Store Enviroment
Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Baju Cosmic di
Surabaya, Universitas PGRI Adi Buana Majalah Ekonomi_ISSN No
1411 – 9501 Volume XXII No 2 Desember 2017
Simamora, Bilson, Membongkar Kotak Hitam Konsumen, Penerbit PT.
Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003
Sugiarto, Dergibson Siagian, Lasmono Tri Sunaryanto, Teknik Sampling,
PT. Gramedia Pustaka Utama, Cetakan 2, Agustus 2003
Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian, Bandung, alfabeta, tahun 2009
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan RD Bandung, Alfabeta tahun
2012
Kholid Akbar, Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada
Sarikat Jaya Swalayan Gresik, Jurnal perbankan Syariah dan
Ekonomi Syariah, Vol 02 No. 01, Mei 2020
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Jakarta:
Erlangga, 2009
Krumpellman Luis, MSc – Thesis “The Influence of Store Environment on
Customers’ Satisfaction and Purchasing Behaviour”, University 0f
Wageningen, Jermany 2018
Ristyana dkk, Pengaruh Store Image dan Store Atmosphere Terhadap
Impulse Buying (Study Kasus konsumen Robinson Department Store
Mall Ciputra Semarang, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol 4 No 3
2015
Venty Septian T, Achamd Fauzi, M. Kholid Mawardi,” Jurnal Pengaruh Store
Atmosphere Terhadap Emosi Serta Dampaknya Pada Keputusan
pembelian (Survey Pada Pembelian di Ria Djenaka Café dan Resto,
Kota Batu Malang)”, Universitas Brawijaya Malang 2016
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/29/jumlah-penduduk
indonesia-269-juta-jiwa-terbesar-keempat-dunia
https://ekonomi.bisnis.com/read/20190107/12/876089/2019-bisnis-ritelmodern-
ditarget-tumbuh-10
https://fokus.tempo.co/read/1005342/bisnis-online-kuasai-18-persenpasar-
ritel
https://www.ceicdata.com/id/indicator/indonesia/retail-sales-growth
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20171107113943-92-
254005/gesernya-pola-konsumsi-dan-biang-keladi-lesunya-ekonomi?
https://sasanadigital.com/pilih-marketplace-atau-toko-online-sendiripahami-
dulu-perbedaannya/
https://www.mataharimall.com.
http://www.ramayana.co.id/
Published
2020-12-03
How to Cite
Sundara, D. (2020). PENGARUH CITRA TOKO DAN SUASANA TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIA KONSUMEN DI RAMAYANA DEPARTEMENT STORE DEPOK. Mediastima, 26(2), 182=202. https://doi.org/10.55122/mediastima.v26i2.33
Section
Articles