PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING MODEL SEBAGAI STRATEGI OPTIMALISASI SISTEM PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA PERGURUAN TINGGI DI JAKARTA

Authors

  • Junias Robert Gultom Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Dadan Sundara Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Medy Desma Fatwara Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957

DOI:

https://doi.org/10.55122/mediastima.v28i1.385

Keywords:

Hybrid Learning, Efektivitas pembelajaran, Perguruan Tinggi, Strategi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistim pembelajaran yang efektif dan sesuai di era pandemi saat ini serta pasca pandemi. Penelitian dilakukan melalui analisis deskriptif kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan kepada 140 Mahasiswa dari beberapa Perguruan Tinggi di Jakarta melalui kuesioner untuk mengukur efektivitas pelaksanaan pembelajaran melalui online, offline dan hybrid learning atau campuran. Hasil penelitian ini dapat membantu kegiatan pembelajaran yang lebih baik dan dapat memberikan informasi strategi mana yang paling tepat dalam melakukan optimalisasi pembelajaran yang efektif dengan mengetahui keterbatasan dan keunggulan dari sistim-sistem pembelajaran yang ada, berdasarkan kendala-kendala yang dihadapi lalu hasilnya dievaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi efektivitas sistim pembelajaran saat pandemi dengan analisis fishbone diketahui masalah utama sistim pembelajaran online saat ini terletak pada 3 hal yakni man (manusia), machine(mesin/perangkat), dan method (metode pembelajaran). Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran efektif pasca pandemi covid 19 adalah pembelajaran hybrid learning (46,4%), hybrid learning dipilih sebagai pembelajaran yang paling sesuai karena dapat menutupi kekurangan dari pembelajaran online dan offline. Pembelajaran hybrid learning membutuhkan metode khusus yang berkaitan dengan penyampaian pembelajaran campuran/hybrid untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta peran perguruan Tinggi dalam pelaksanaan dan penyampaian materi, sehingga dengan metode pembelajaran campuran materi yang disampaikan dapat dipahami secara menyeluruh oleh mahasiswa

Downloads

Published

25-04-2022

How to Cite

Gultom, J. R., Sundara, D., & Fatwara, M. D. (2022). PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING MODEL SEBAGAI STRATEGI OPTIMALISASI SISTEM PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA PERGURUAN TINGGI DI JAKARTA. Mediastima, 28(1), 11–22. https://doi.org/10.55122/mediastima.v28i1.385

Issue

Section

Articles