Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Harga terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi Online Grab Car
(Studi Kasus pada Pengguna Jasa Transportasi Grab Car di Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara)
Abstract
Penelitian dilakukan untuk menganalisis kepercayaan, kemudahan, harga terhadap keputusan menggunakan transportasi online berupa Grab Car. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling. Sampel ditentukan secara accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan adalah software SPPS v 23. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil uji koefisien determinasi secara simultan (R2) berpengaruh signifikan dengan nilai 0,641. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan, kemudahan dan harga diperoleh nilai sebesar 64,1% dari keputusan pelanggan memilih Grab Car dan 35.9% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian. Untuk uji koefisien determinasi secara parsial kepercayaan pengaruh signifikan availability of trust terhadap keputusan penggunaan Grab Car sebesar 61,0% dan 39,0% yang dipengaruhi oleh variabel eksternal. Koefisien determinasi parsial kemudahan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan Grab Car dengan kontribusi sebesar 62,6% dan 37,4% dipengaruhi oleh variabel eksternal. Koefisien determinasi parsial harga berpengaruh positif sebesar 59,5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian sebesar 40,5%.
References
A. Parasuraman. (2014). The Behaviorial Consequenses of Service Quality. New Jersey: Prentince Hall.
Čech, M., Yao, W., Samolejová, A., Li, J., & Wicher, P. (2016). Human Resource Management in Chinese manufacturing companies. Perspectives in Science, 7, 6–9. https://doi.org/10.1016/j.pisc.2015.11.003
Dawoud, A. A. (2010). Quality management & academic accreditation. Amman: Publishing and Distribution Jordan.
Freddy Rangkuti. (2017). Customer Care Excellent Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima Plus Analisis Kasus Jasa Raharja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Firmansyah, Anang dan Mahardhika, Budi W (2018). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Penerbit Deepublish , 2018.
Fatuh, M., & Widyastuti. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kegunaan terhadap Keputusan Menggunakan Transportasi Online (Studi Pada Pengguna Uber Di Surabaya Pusat). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 5(4), 1–9.
Fauziah, LN, (2017). Pengaruh Kepercayaan, Kenyamanan, Kualitas Informasi dan Persepsi Harga Terhadap Pemilihan Model Layanan Transportasi Online (Studi pada Pengguna Layanan Transportasi Online Grabcar). Tesis. Malang: Universitas Brawijaya
Ghozali, Imam, (2018). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gujarat, (2013). Dasar-Dasar Ekonometrika, Edisi Kelima. Jakarta: Salemba Empat .
Hasibuan, Malayu SP. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi revisi. Jakarta: Aksara Bumi.
Hartono, J. (2015). Sistem Informasi Keperilakuan. In ANDI. Yogyakarta: ANDI
Hukmah, A. (2018). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Grab di Makassar. Journal Of Communication Sciences, 1(1),
Philip Kotler dan Armstrong (2017), Prinsip Pemasaran, edisi tiga belas, (New Jersey: Prentice -Hall, Inc.
Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Yuliawan, E, Siagian, H., Willis, L., Management, PS, & Mikroskil, S. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online Zalora Indonesia (Studi Manajemen Mahasiswa Program Studi Stie Microskil Medan). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 12(2), 34–49.
Copyright (c) 2023 Muliyati, Sindi Triyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.