PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI MRT ATAU MASS RAPID TRANSIT
(STUDI PADA KONSUMEN PROVINSI DKI JAKARTA)
Abstract
Moda transportasi MRT merupakan moda transportasi baru di
Jakarta. Moda transportasi kereta ini menawarkan kecepatan pelayanan dan
kemodernan berbagai fasilitas serta menjadi salah satu solusi untuk mengatasi
kemacetan di kota Jakarta. Hal ini tentu sangat menarik bagi masyarakat untuk
menggunakan jasa transportasi tersebut. Tujuan: tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan jasa transportasi MRT Jakarta. Metode: penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel berjumlah 100 responden, ditarik dari pelanggan kereta MRT Jakarta dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian: hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitas dan kualitas pelayanan baik secara parsial maupun simultan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa transportasi kereta MRT Jakarta. Kontribusi keberpengaruhan fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan jasa transportasi kereta MRT Jakarta sebesar 86,1%.
References
.Bandung: Alfabeta.
Andriansyah. 2015. Manajemen Transportasi Dalam Kajian Dan Teori.
Cetakan Pertama. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP
Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program
IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip and Armstrong, Gary. 2012. Prinsip - Prinsip Pemasaran.
Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Armstrong, Gerry. 2014. Principle Of Marketing. New
Jersey. Jakarta : Pearson Pretice Hall.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung : Alfabeta, CV.
Sutisna dan Pawitra. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi
Pemasar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Tjiptono , Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarsa: Andi
JURNAL
Desembrianita, Eva. 2016. “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN,
FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN
UNTUK MENGGUNAKAN JASA HOTEL OVAL SURABAYA.†Jurnal
Riset Ekonomi dan Manajemen 16 (2) :345–354
Lempoy, Mandey and Loindong. 2015. “PENGARUH HARGA, LOKASI,
DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN
JASA TAMAN WISATA TOAR LUMIMUUT (TAMAN EMAN)
SONDER INFLUENCES.†Jurnal EMBA 3 (1): 1072–1083.
Permatasari dan Hadi. 2017. “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN
MENGGUNAKAN JASA DI PUSKESMAS TUREN-MALANG†Jurnal
Aplikasi Bisnis 3 (2407–3741): 257–262
Trisnowati, Dalila Komala and Hari Susanta Nugraha. 2016. “PENGARUH
HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN
PENGGUNAAN JASA BENGKEL PT . ASTRA INTERNATIONAL
TBK-DAIHATSU.†Journal of Social and Politic of Science:1–8.