Penyuluhan Tentang Pendidikan Budaya Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Dasar

  • Haswan Yunaz
  • Reny Andriyanty Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Dwi Tyas Wijayanti Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Min Young Shinhan University
  • Bae Seung Hee Shinhan University
  • Chwe Su Gyeong Shinhan University
  • Park Jong Yoon Shinhan University
  • Lee So Jung Shinhan University
Keywords: Budaya Hidup Bersih, Sehat, Murid Sekolah Dasar

Abstract

Siswa sekolah merupakan generasi penerus bangsa yang perlu dijaga, ditingkatkan dan dilindungi kesehatannya. meningkatkan pengetahuan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Kegiatan program pengabdian masyarakat iini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian tentang kesadaran akan kebersihan dan kesehatan lingkungan bagi setiap peserta didik, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah. Manfaat dari kegiatan yang diharapkan adalah meningkatkan kesehatan karena tidak mudah sakit, meningkatkan produktivitas belajar serta menciptakan lingkungan sekolah yang sehat yang dapat menjadi contoh perilaku hidup bersih dan sehat yang diterapkan oleh sekolah di kehidupan sehari-hari.  Kegiatan ini dilaksanakan selama enam hari yang dimulai pada 8 januari 2020 hingga 13 januari 2020 yang berlokasi di Sekolah Dasar Negeri 11 Lenteng Agung yang terletak di Jalan Lenteng Agung Gang Waspada II, RT.12/RW.5, Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.  Terdapat empat kegiatan yang dilakukan yaitu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir; berolahraga teratur; membuang sampah ke tempat sampah yang terpilah; danmemakai pakaian yang rapi dan bersih. Kemanfaatan program dapat diukur dengan perubahan sikap siswa yang mengindikasikan bahwa kepedulian siswa sekolah kini sudah dapat terlihat dapat menjadi kebiasaan baik bersama.

References

Departemen Kesehatan RI (2007) Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Sehat. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
Departemen Kesehatan RI (2009) Rumah Tangga Sehat Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
Taryatman (2016). Budaya Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar Untuk Membangun Genersi Muda yang Berkarakter. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 3, Nomor 1, September 2016, hlm. 8-13.
Badan Pusat Statistik (2019) Data Peserta Jenjang Pendidikan Indonesia Tahun Ajaran 2017/2018
CNNIndonesia (2018) Kesadaran Masyarakat Indonesia akan Kebersihan Masih Rendah. Diakses pada https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180423183600-255-292946/kesadaran-masyarakat-indonesia-akan-kebersihan-masih-rendah.
Published
2020-12-15
How to Cite
Yunaz, H., Andriyanty, R., Wijayanti, D., Young, M., Hee, B., Gyeong, C., Yoon, P., & Jung, L. (2020). Penyuluhan Tentang Pendidikan Budaya Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(2), 237-244. https://doi.org/10.55122/teratai.v1i2.122