PENINGKATAN KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA PADA PEMUDA KARANG TARUNA SRENGSENG SAWAH JAKARTA SELATAN

  • Rambe Kamarul Zaman Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Reny Andriyanty Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Ahmad Nurdin Hasibuan Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Karang Taruna, Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika

Abstract

Membangun perhatian generasi muda agar mau berkontribusi dalam pembangunan nasional adalah upaya yang terus diupayakan oleh IBI Kosgoro 1957. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara dengan menanamkan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika bagi pemuda/pemudi anggota karang taruna di kelurahan Srengseng Sawah Jakarta Selatan.  Pelaksanaan kegiatan terdiri atas dua kegiatan pokok, yaitu kegiatan penyuluhan dan diskusi interaktif antara tim dengan peserta. Kegiatan sosialisasi pertama merupakan sharing ilmu mengenai pemahaman atas Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.  Kegiatan penyuluhan kedua merupakan sosialisasi peran pemuda dalam mengisi pembangunan nasional Indonesia dan kegiatan ketiga adalah pelaksanaan evaluasi. Masyarakat sasaran adalah 188 anggota karang taruna.  Hasil pengabdian menunjukkan: Pasca-sosialisasi pertama, secara rata-rata pengetahuan peserta mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika setelah dilaksanakan kegiatan meningkat dari 46 persen menjadi 59 persen. Analisa pasca-sosialisasi kedua, pemahaman peserta mengenai peran pemuda dalam pembangunan nasional, meningkat dari 49 persen menjadi 60 persen. Berdasarkan hasil evaluasi atas jajak pendapat yang dilakukan, terdapat tiga bidang yang paling diminati peserta dalam mengisi pembangunan nasional.  Peserta menyatakan bahwa bidang-bidang yang paling diminati dalam mengisi pembangunan Indonesia adalah melalui bidang ekonomi dan bisnis, pendidikan dan seni/pariwisata.

References

Andriyanty, R., & Wahab, D. (2021). Pelatihan Smart-Plant-Gardening Bagi Karang Taruna Saat Pandemi Covid-19. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 9(2), 274–287.

Angelia, N. (2017). Pemahaman Penanaman Empat Pilar Kebangsaan terhadap Siswa SMA Negeri 4 Medan. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA, 5(1), 15–20.

Bangun, J. H. (2020). Internalisasi Kesadaran Berbangsa Bernegara Anak Teroris. JUSTITIA: Jurnal Ilmu Hukum Dan Humaniora, 7(3), 616–627. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/327184894.pdf

Brata, I. B., & Wartha, I. (2018). Pancasila Sumber Pendidikan Karakter Di Tengah Arus Globalisasi. In Prosiding Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial ke-2 (pp. 13–19).

Chumaeson, W., Damayanto, A. P., & Larsono, J. (2020). Peran Humas Mpr Ri Dalam Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan. Digikom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 01(01), 11–24. Retrieved from https://ejournal.uby.ac.id/index.php/digikom/article/view/558

Claudia, C., Prabawati, H., Malihah, M., Novrezi, M., Sahara, S., & Safitri, D. (2019). Pelatihan Pendidikan Karakter Pada Anak Pekerja Di Yayaysan Swara Peduli Indonesia Jakarta. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 8(1), 1–8.

Haryati, S., Armawi, A., Peran, S., Dalam, P., Kawasan, M., Supraja, M., … Mada, G. (2016). Masyarakat Desa (Studi tentang Pemuda Pengelola Desa Wisata Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah). Jurnal Ketahanan Nasional, 22(2), 117–136.

Himawati, I. P., & Nopianti, H. (2018). Pilar Kebangsaan Pada Pelajar Di Sekolah Menengah Dan Kejuruan ( Studi Pada SMAN 2 Dan SMKN 3 Kota Bengkulu). Dharma Raflesia UNIB, XVI(2 Desember 2018), 97–104.

In’am, A. (2020). Peranan Pemuda Dalam Pendidikan Sosial Kemasyarakatan. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 1–10.

Kertati, I. (2018). Wawasan Kebangsaan Generasi Z. Majalah Ilmiah FISIP UNTAG Semarang, 13(18), 32–51.

Lekirupy, O. R., Hiariey, J., & Lopulalan Yoisye. (2020). Peran Pemuda Dalam Pembangunan Sektor Perikanan Marikultur Di Teluk Ambon Dalam. Jurnal PAPALELE, 4(2), 71–79.

Lestari, E. Y., Janah, M., & Wardanai, P. K. (2019). Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi Melalui Penerapan Nilai-Nilai Pancasila. Adil Indonesia Jurnal, 1(1), 27.

Martadinata, A. M. (2019). Pendahuluan Metode Hasil dan Pembahasan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Humaniora, 2(1), 1–6.

Mistriani, N., Tutik, Yuliamir, H., & Aswan, M. K. (2021). Pelatihan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi Informasi Bagi Karang Taruna, Umkm Masyarakat Lokal Dalam Strategi Pemasaran “ …. JMM (Jurnal Masyarakat …, 5(2), 505–516. Retrieved from https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4084

Mukhtadi, & Komala, R. M. (2018). Membangun Kesadaran Bela Negara Bagi Generasi Milenial Dalam Sistem Pertahanan Negara. Manajemen Pertahanan, 4(2), 64–83.

Nasirah. (2018). Analisis Keterkaitan Antara Materi Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR Dengan Mata Pelajaran PPKn Untuk Memberikan Pendidikan Karakter Di SMAN 1 Godean Tahun 2017.

Nurismalatri, Pratama, Y., Aesah, S., Prasetyo, D., & Rahmadania, S. A. N. (2021). Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan. DEDIKASI PKM UNPAM, 2(1), 26–32.

Pimpinan MPR dan Badan Sosialisasi MPR RI Periode 2014-2019. (2020). Empat Pilar MPR RI.

Pratiwi, R. N., Gunawan, & Fangohoi Latarus. (2020). Pengembangan Ekonomi Kreatif Pemuda Karang Taruna Berbasis Agrowisata Di Desa Tawangargo. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 4(3), 554–560. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.03.10

Puspasari, D. A., Tri, E. W. S., & Wijaya, M. I. H. (2020). Tingkat Partisipasi Pemuda dalam Pembangunan ( Studi Kasus Kabupaten Temanggung ). Bhumipala:Jurnal Pengembanagn Daerah, 1(November), 36–44.

Seskoad. (2018). Program Bela Negara Guna Menyikapi Kebhinekaan Bangsa Indonesia. Kajian Strategis, 1–78.

Shandi, F., Hasyim, A., & Adha, M. M. (2014). Hubungan pemahaman empat pilar kebangsaan dengan sikap siswa menghadapi arus globalisasi. Jurnal Kultur Demokrasi, 2(2), 1–13.

Supardi. (2020). Menciptakan Semangat Bela Negara Dalam Lingkungan Perguruan. Anterior, 19(2), 56–60.

Suriata, I. N. (2019). Aktualisasi Kesadaran Bela Negara Bagi Generasi Muda Dalam Meningkatkan Ketahanan Nasional. Jurnal Administrasi Publik, 4(1), 47–56.

The Royal Swedish Academy of Sciences. (2019). Understanding development and poverty alleviation. Scientific Background on the Sveriges Riksbank Prize in Economic Sciences in Memory of Alfred Nobel (Vol. 50005).

Wibawa, F. A., & Pritandhari, M. (2021). Sosialisasi “Peran Generasi Muda Pada Bidang Ekonomi Kreatif Di Tengah Pandemi Kepada Karang Taruna Kelurahan Rejomulyo.” Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2021 Universitas Muhammadiyah Metro (Vol. 3, pp. 306–312).

Widiyaningrum, W. Y. (2019). Menumbuhkan Nilai Kesadaran Pancasila di Kalangan Generasi Muda : Kajian Teoritis. Journal JISIPOL, 03(Sosial), 11.

Yunita, K. S. (2018). Rancang Bangun Pendidikan Bela Negara sebagai Wahana Pengembangan Sikap Nasionalisme Bagi Mahasiswa. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(2), 225–233.

Yunus, R. (2018). Empat Pilar Kebangsaan Perspektif Filsafat Politik Islam. Skripsi pada Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung.

Zaida, M. N. (2020). Membangun Kesadaran dan Karakteristik Bagi Generasi Milenial Dalam Sistem Pertahanan Negara. SSRN Electronic Journal, 1689–1699.

Published
2022-06-13
How to Cite
Zaman, R., Andriyanty, R., & Hasibuan, A. (2022). PENINGKATAN KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA PADA PEMUDA KARANG TARUNA SRENGSENG SAWAH JAKARTA SELATAN. Jurnal Pengabdian Teratai, 3(1), 75-85. https://doi.org/10.55122/teratai.v3i1.428

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>