PELATIHAN E-COMMERCE SEBAGAI UPAYA PEMBEKALAN KETERAMPILAN WIRAUSAHA DAN PENGUATAN UMKM BAGI MASYARAKAT JAGAKARSA, JAKARTA

  • Ahmad Nurdin Hasibuan Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Rudi Laksono Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Reny Ardiyanty Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Helenina Aprilia Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: E-Commerce, UMKM, Keahlian Wirausaha

Abstract

Pelaksanaan pelatihan e-commerce ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dari Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957 dalam memberikan masukan kepada masyarakat luas khususnya para pengusaha UMKM  di Jagakarsa Jakarta Selatan. Pelaksanaan pelatihan telah selesai dengan hasil yang baik, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya peserta yang telah memahami bahwa e-commerce merupakan konsep yang semakin menarik bagi UMKM dan konsumen serta masyarakat yang tetap eksis dalam berbisnis dan berbelanja selama pandemi ini. Alasan mengapa konsep ini sangat penting untuk diterapkan oleh UMKM adalah alasan sederhana yang sudah dikenal sejak lama, yaitu perubahan perilaku konsumen dan keterbatasan sumber daya. Dari sudut pandang pemasar sendiri, keterbatasan sumber daya membuat UMKM mencari cara baru untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Konsep e-commerce merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh pemasar dalam melakukan aktivitas jual beli dengan memanfaatkan teknologi.

References

Abdul Haris, dkk. Pelatihan Internet Dan Pengenalan E-Commerce Bagi Masyarakat Desa Ciaruteun Ilir Bogor. Terang Vol. 1, Yogyakarta. 1, Desember 2018 DOI: https://doi.org/10.33322/terang.v1i1.92, p-ISSN : 2655-5956, e-ISSN : 2655-5948.

Haythornhwaite,C. Dan Kendall, L., 2010, Internet and Community, American Behavioral Scientist , Volume 53, Issue 8 : 1083 – 1094.

Ekasari, P., dan A.H. Dharmawan, Socio Economic Impacts by the Internet Usage in Villages, Sodality : Jurnal Sosiologi Pedesaan, Vol. 06, Yogyakarta. 01, April 2012.

Nurdin, A. and Rambe, D. (2020) Perilaku Konsumen dalam Belanja Online Melalui Perspektif Gender, Mediastima.

Nurdin, H., Rambey, T. and Andriyanty, R. (2020) ‘Analisis Karakteristik, Adaptasi Bisnis Dan Kompetensi Manajemen Terhadap Pengembangan Kewirausahan Pelaku Umkm Di Kampung Budaya Betawisetu Babakan Yogyakarta Selatan’, Mediastima, 26(2), pp. 254–272. Available at: http://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/mediastima/article/view/121/79.

Biro Humas Yogyakarta KOMINFO, 2018, Jumlah Pengguna Internet 2017 Meningkat, Kominfo Terus Lakukan Percepatan Pembangunan Broadband, Siaran PERS Yogyakarta. 53/HM/KOMINFO/02/2018, kominfo.go.id.

Sumbodo, B.A.A., A.Dharmawan, dan Faizah, 2017, Implementasi Teknologi Internet sebagai Solusi Pengentasan Masalah Komunikasi di Desa Nyamuk Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , Volume 2, Nomor 2.

Loudon, K.C dan Carol G.Traver, 2007, E-Commerce, Pearson, New Jersey.

Padmannavar, S.S., A Review on E-Commerce Empowering Women, Yogyakarta Journal of Computer Science and Telecommunications, Volume 2 , Issue 8, November 2011.

Ratna Candra Sari, dkk. Pelatihan manajemen keuangan bagi pemuda pemudi jamaah masjid agung gamping sleman sebagai upaya pembekalan ketrampilan wirausaha dan penguatan umkm. Jurusan pendidikan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014.

Published
2022-06-10
How to Cite
Hasibuan, A., Laksono, R., Ardiyanty, R., & Aprilia, H. (2022). PELATIHAN E-COMMERCE SEBAGAI UPAYA PEMBEKALAN KETERAMPILAN WIRAUSAHA DAN PENGUATAN UMKM BAGI MASYARAKAT JAGAKARSA, JAKARTA. Jurnal Pengabdian Teratai, 3(1), 61-69. https://doi.org/10.55122/teratai.v3i1.382

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>