ANALISA SENTIMEN MASYARAKAT INDONESIA TERHADAP KINERJA PRABOWO SUBIANTO SEBAGAI ANGGOTA KABINET INDONESIA MAJU DI PLATFORM TWITTER MENGGUNAKAN R DENGAN ALGORITMA NAÃVE BAYES
Abstract
Hampir semua negara-negara di Dunia berupaya dalam pemutakhiran sistem di segala bidang, termasuk dalam bidang pertahanan khususnya sistem persenjataan dengan tujuan yakni meningkatkan kemampuan dalam bidang teknologi pertahanan sekaligus mempercepat Industri pertahanan dalam negeri dengan membuat regulasi yang mendukungnya, kemudian me-monitoring serta melakukan evaluasi dalam pelaksanaan sistem pertahanan negara. Arah kebijakan pemerintah dalam pembelanjaan keuangan negara kurang begitu memperhatikan peremajaan alat utama sistem persenjataan, padahal berlaku peribahasa latin Si Vis Pacem Para Belum (“Jika kamu menginginkan sebuah perdamaian, maka bersia-siaplah menghadapi perangâ€). Sebagai negara dengan luas lautan lebih luas daripada daratan Indonesia sudah semestinya memperhatikan mengenai pertahanan dan keamanan terlebih di lautan, beberapa kali didapati pesawat maupun kapal asing berhasil memasuki wilayah pertahanan Indonesia, dan ini menjadi hal yang sangat serius untuk ditanggulangi demi kedaulatan negara. Beberapa waktu lalu kita kehilangan prajurit-prajurit terbaik Angkatan laut Bersama dengan tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402, kapal selam tersebut seharusnya sudah tidak laik untuk berlayar dikarenakan sudah melebih usia pakai dan semestinya sudah diganti dengan kapal generasi terbaru, dengan jumlah yang ideal untuk menjaga luas lautan Indonesia demi dapat tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia
References
Indonesia Military Strength. (2021).
Aljameel, S. S., Alabbad, D. A., Alzahrani, N. A., Alqarni, S. M., Alamoudi, F. A., Babili, L. M., Aljaafary, S. K., & Alshamrani, F. M. (2021). A sentiment analysis approach to predict an individual’s awareness of the precautionary procedures to prevent covid-19 outbreaks in Saudi Arabia. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.3390/ijerph18010218
Awan, M. J. (2021). Sentiment Analysis of Online Food Reviews using Big Data Analytics. April. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.02.93
Djati, G., & Series, C. (2021). Perbandingan Algoritma Klasifikasi untuk Analisis Sentimen terhadap Komentar Film. 3.
Et. al., K. A. S. (2021). Naïve Bayes Twitter Sentiment Analysis In Visualizing The Reputation Of Communication Service Providers: During Covid-19 Pandemic. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(5), 1753–1764. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i5.2176
Global Fire Power. (2021). No Title. https://www.globalfirepower.com/countries-listing.php
Muzaki, A., & Witanti, A. (2021). Sentiment Analysis of the Community in the Twitter To the 2020 Election in Pandemic Covid-19 By Method Naive Bayes Classifier. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 2(2), 101–107. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2021.2.2.51
Permenhan_4_2019. (2019). https://www.kemhan.go.id/kuathan/wp-content/uploads/2020/02/Permenhan_4_2019_ttg_Pelaks_Lap_Data_Alutsista_TNI.pdf
Qomariah, N. (2021). Sentiment Analysis on Coffee Consumer Perceptions on Social Media Twitter Using Multinomial Naïve Bayes. 2(1).
Copyright (c) 2021 Syamsu Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.