IMPLEMENTASI METODE BEST FIRST FIT DALAM PENENTUAN PENEMPATAN RUANGAN KELAS
(STUDI KASUS: INSTITUT BISNIS DAN INFORMATIKA (IBI) KOSGORO 1957)
Abstract
Kesesuaian ruang kelas dengan jumlah mahasiswa yang belajar merupakan hal yang sangat penting, agar dapat memberikan kenyamanan saat berlangsungnya kegiatan belajar. Penentuan kelas biasanya dilakukan secara manual dengan cara menyamakan jumlah mahasiswa di satu mata kuliah dengan daya tampung setiap kelas. Hal tersebut membutuhkan waktu yang lama dan terkadang terjadi kesalahan dalam penentuan kelas, maka dari itu diperlukan sistem untuk membantu pekerjaan tersebut dan mengurangi kesalahan. Sistem ini akan secara otomatis menentukan kelas yang sesuai setelah diketahui jumlah mahasiswa di setiap mata kuliah. Dalam pembangunan sistem ini perlu dilakukan analisa prosedur terlebih dahulu sehingga dapat menentukan kebutuhan sistem baik database dan juga antarmuka. Sistem berbasis desktop dengan pemrograman VB yang terintegrasi oleh database
References
Anisah, Anisah, and Melati Suci Mayasari. 2016. “Desain Database Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Selective English Course.†Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer 7 (1): 183. https://doi.org/10.24176/simet.v7i1.503.
Cholifah, Wahyu Nur, Yulianingsih Yulianingsih, and Sri Melati Sagita. 2018. “Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android Dengan Teknologi Phonegap.†STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi) 3 (2): 206. https://doi.org/10.30998/string.v3i2.3048.
Dharwiyanti, Sri, and Romi Wahono Satria. 2003. “Pengantar Unified Modeling Language (UML),†1–13.
Hidayat, Taufik, and Mahmudin Muttaqin. 2018. “Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran Dan Pembayaran Wisuda Online Menggunakan Black Box Testing Dengan Metode Equivalence Partitioning Dan Boundary Value Analysis.†Jurnal Teknik Informatika UNIS JUTIS 6 (1): 2252–5351. www.ccssenet.org/cis.
Jaya, Tri Snadhika. 2018. “Pengujian Aplikasi Dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung).†Jurnal Informatika Pengembangan IT (JPIT) 3 (2): 45–46. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i1.647.
Khotijah, Siti. 2016. “Perancangan Database E-Learning Manajemen System Untuk Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Pertama.†STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi) 1 (1): 65–73. https://doi.org/10.30998/string.v1i1.970.
Mardainis, Mardainis, and Khusaeri Andesa. 2017. “Integrasi Pemrograman Web Pada Pemrograman Desktop Sebagai Alternatif Fasilitas Laporan Dalam Pengembangan Program Aplikasi.†Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi 8 (2): 104–13. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v8i2.635.
Nurhasan, Usman, Hadi Suyono, and M. Muslim. 2014. “Sistem Cerdas Pencarian Lokasi Parkir Terbaik Dengan Algoritma Fuzzy-Best Fit.†Jurnal EECCIS 8 (1): pp.7-12.
Nurhayati, Sri, and Ryan Zulmi. 2014. “Sistem Monitoring Distribusi Bantuan Bencana Alam Berbasis Website Menggunakan Metode Algoritma First-Fit.†Jurnal Teknik Komputer Unikom 3 (2): 18–22.
Oktarina, N., and A. Kuswantoro. 2011. “Pembelajaran Berbasis It Aplikasi Program Ms.Acces Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Inventarisasi.†Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes 28 (2): 125871. https://doi.org/10.15294/jpp.v28i2.5637.
Saragih, Richy R. 2018. “Pemrograman Dan Bahasa Pemrograman,†no.
December. https://www.researchgate.net/publication.
Suendri. 2018. “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan)†6341 (November): 1–9.
Swara Yoga, Ganda, and Yunes Pebriadi. 2016. “Rekayasa Perangkat Lunak Pemesanan Tiket Bioskop Berbasis Web.†Jurnal TEKNOIF 4 (2): 27–39.
Syafei, Henderi. 2016. “OBJECT ORIENTED MODELLING WITH UNIFIED MODELING LANGUAGE (UML),†no. June.
https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3464.4088.
Wiliani, Ninuk, and Syadid Zambi. 2017. “Rancang Bangun Aplikasi Kasir Nonton Bola Breng Pada X Kasir Di Suatu Lokasi X Dengan Dengan Visual Basic 2010 Dan MySql†6 (2): 77–83.
Copyright (c) 2021 Prita Vernanda Virly, Boy Firmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.