RANCANG BANGUN SISTEM GPS (GLOBAL POSITIONING SYSTEM) UNTUK KEAMANAN SEPEDA MOTOR

  • Dimas Putra Dimas Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Boy Firmansyah Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Arduino Mega, GPS, SIM900, Internet of Things, Android

Abstract

Sepeda motor merupakan transportasi pribadi yang paling banyak digunakan masyarakat untuk pergi ke tempat yang dekat bahkan jauh sekalipun. Selain harganya yang tergolong mudah dijangkau, sepeda motor juga lebih mudah untuk melalui kemacetan dan jalan sempit sekalipun. Sepeda motor sering kali menjadi target pencurian dikarenakan lemahnya pengawasan terhadap kendaraan. Umumnya sepeda motor hanya memiliki keamanan seperti kunci pengaman konvensional, berbeda dengan kendaraan seperti mobil yang memiliki perangkat GPS (Global Positioning System). Pada penelitian ini dibuatlah rancang bangun sistem keamanan sepeda motor yang menggabungkan mikrokontroler dengan aplikasi android. Mikrokontroler yang digunakan adalah Arduino Mega 2560 yang dilengkapi dengan modul GPS, modul SIM900 dan relay. Penerapan teknologi IOT (Internet of Thing) sebagai media yang digunakan untuk komunikasi antara alat dan aplikasi android. Adapun sistem kendali yang digunakan yaitu NodeMCU, dengan fitur pemancar Wi-Fi membuat sistem keamanan sepeda motor dapat dikendalikan hanya melalui smartphone. Modul GPS akan memberikan koordinat posisi sepeda motor dan ditampilkan pada aplikasi android melalui komunikasi internet menggunakan modul SIM900. Relay dirancang untuk memutus aliran listrik pada mesin kendaraan. Berdasarkan hasil dari rancang bangun ini nantinya dapat diimplementasikan pada sepeda motor untuk dapat mengetahui posisi kendaraan yang telah dicuri. GPS (Global Positioning System) adalah sistem yang menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. GPS merupakan sistem navigasi yang memiliki lebih dari 24 satelit atau tepatnya 31 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro yang diterima oleh antena perangkat GPS untuk menentukan lokasi. Sistem GPS sendiri memiliki tiga segmen yaitu Satelit (Space Segment), pengendali (Control Segment), dan penerima atau pengguna (User Segment).

References

Iot (Internet of Things),” J. Fasilkom, vol. 10, no. 2, pp. 103–112, 2020, doi: 10.37859/jf.v10i2.2083.

M. Khoiri, J. Prayudha, and B. Andika, “Implementasi IoT (Internet of Things) Keamanan Sepeda Motor Berbasis NodeMCU,” J. Sist. Komput. Triguna Dharma (JURSIK TGD), vol. 1, p. 197, Sep. 2022, doi: 10.53513/jursik.v1i5.6427.

A. S. Firdaos, “Sistem Pengamanan dan Pemantau Sepeda Motor Menggunakan NFC (Near Field Communication) dan GPS (Global Positioning System) Security and Monitoring System in Motorcycle Using NFC (Near Field Communication) and GPS (Global Positioning System),” Telekontran, vol. 5, no. 1, 2017.

B. Firmansyah, “Implementasi Teknologi Qr-Code Sebagai Pencarian Data Ruangan Pada Ibi Kosgoro 1957 Berbasis Android,” JunifJurnal Nas. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 30–42, 2020.

Published
2023-04-30