SISTEM AUTOMATISASI SMART LAMP MENGGUNAKAN SMARTPHONE ANDROID
Abstract
Bisa kita bayangkan jika kampus memiliki 6 lantai, dari 6 lantai tersebut memiliki 6 ruangan, dari 6 ruangan memiliki 6 lampu bohlam yang diatur manual dengan 3 stopkontak di antara ruangan tersebut. Pasti terasa melelahkan untuk para petugas kampus yang merapikan ruangan setelah selesai kelas dan juga akan ada energi listrik yang terbuang sia-sia karena kelalaian pengguna yang tidak memadamkan lampu setelah selesai. Adanya smart lamp ini bertujuan memudahkan kita dalam mengatur lampu-lampu tersebut dan meringankan petugas yang berada di kampus dan juga penghematan listrik. Jadi setelah selesai kelas tidak ada energi listrik yang terbuang sia-sia. Para petugas kampus juga tidak lagi mematikan dan menyalakan lampu dengan stopkontak yang ada melainkan hanya dengan aplikasi dari smartphone yang sudah dirancang mereka bisa mematikan dan menyalakan lampu dengan jarak tertentu.
References
Berbasis Smartphone Android,” J. Teknol. Elektro, vol. 6, no. 1, pp. 28–37, 2015, doi: 10.22441/jte.v6i1.776.
A. Mulyanto, Y. A. Nurhuda, and I. Khoirurosid, “Sistem Kendali Lampu Rumah Menggunakan Smartphone Android,” J. Teknoinfo, vol. 11, no. 2, p. 48, 2017, doi: 10.33365/jti.v11i2.28.
B. Firmansyah and A. M. Wihandar, “Sistem Pendukung Keputusan Monitoring & Evaluasi Kinerja Dosen Program Studi Informatika fakultas Ilmu Komputer IBI Kosgoro 1957 Menggunakan Metode ANALYTHIC HIERARCHY PROCESS (AHP),” J. Nas. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 127–142, 2020.
“SMART LAMP DARI SUMBER DAYA HASIL OPTIMASI SOLAR PANEL MENGGUNAKAN SOLAR TRACKING SYSTEM,” 2020.
S. Sutono and F. Al Anwar, “Perancangan dan Implementasi Smartlamp berbasis Arduino Uno dengan menggunakan Smartphone Android,” Media J. Inform., vol. 11, no. 2, p. 36, 2020, doi: 10.35194/mji.v11i2.1036.
D. O. Suwoto and S. A. Arnomo, “Rancang Bangun Sistem Informasi Smart Lamp Berbasis Telegram,” J. Comasie, vol. 05, no. 01, pp. 19–27, 2021.
Copyright (c) 2023 Rian Nanda Ramadhan, Boy Firmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.