RANCANG BANGUN SMART PARKING PADA AREA KOST PUTRA BERBASIS ARDUINO MENGGUNAKAN QR-CODE

  • Septian Fauzan Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Boy Firmansyah Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Sistem Parkir, Kode QR, Arduino

Abstract

Sistem parkir yang ada pada saat ini masih konvensional, pengolahan data secara manual tentunya tidak dapat mengimbangi kebutuhan akan penyajian sebuah sistem informasi yang cepat, tepat dan akurat. Sistem parkir konvensional memiliki kelemahan yaitu adanya kemungkinan memanipulasi data kendaraan kita dan kehilangan atau rusaknya karcis parkir. Memanfaatkan kode QR berbasis lokasi dan autentifikasi untuk melakukan proses parkir. Dengan berbagai permasalahan tersebut, muncul ide untuk membuat sistem parkir dengan Qr-Code. QR-Code terdiri dari titik-titik hitam dan spasi putih yang disusun dalam bentuk kotak, dan setiap elemennya memiliki makna tersendiri. Hal tersebut membuatnya mampu di scan oleh smartphone dan menampilkan data atau informasi yang dimuatnya.. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, aktivitas penataan keamanan parkir juga semakin meningkat sesuai dengan kompleksitas pekerjaan yang ada, adanya teknologi web yang dapat digunakan sebagai pengolah data ternyata cukup menarik untuk beberapa kondisi untuk menggunakannya, salah satunya adalah masalah parkir. Mikrokontroler Arduino digunakan sebagai pengendali palang pintu setelah proses pemindaian QR Code berhasil, dengan mengombinasikan sensor HC-SR04 sebagai pengendali palang pintu tertutup otomatis Sehingga dengan adanya sistem parkir yang terintegrasi dengan database dan dapat diakses langsung melalui smartphone dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pelanggan parkir.

References

Syaiful, “Penyediaan kantong parkir pada ruang publik,” Syaiful, no. 1996, pp. 6–15, 2013.

N. H. Assidiqie et al., “Implementasi Pembayaran Dan Palang Otomatis Pada Sistem Smart Parking Di Lahan Parkir Menggunakan Metode QR Code,” vol. 8, no. 6, pp. 3058–3063, 2022.

N. Rosmawarni, “Perancangan Sistem Informasi Parkir Dengan Qr-Code Berbasis Website Pada Real Estate Indonesia Jakarta,” J. Rekayasa Inf., vol. 9, no. 2, pp. 110–115, 2020.

B. Firmansyah, “Implementasi Teknologi Qr-Code Sebagai Pencarian Data Ruangan Pada Ibi Kosgoro 1957 Berbasis Android,” JunifJurnal Nas. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 30–42, 2020.

D. Sugiana and D. Muhtadi, “Augmented Reality Type QR Code : Pengembangan Perangkat Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0,” Pros. Semin. Nas. Call Pap. Progr. Stud. Magister Pendidik. Mat. Univ. Siliwangi, pp. 135–140, 2019.

Y. Darnita, A. Discrise, and R. Toyib, “Prototype Alat Pendeksi Kebakaran Menggunakan Arduino,” J. Inform. Upgris, vol. 7, no. 1, pp. 3–7, 2021, doi: 10.26877/jiu.v7i1.7094.

Published
2023-04-30