PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PENJUALAN ONLINE BAGI PEDAGANG KULINER

  • Rahmadiana Rahmadiana Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya
  • Tyas Kasusilaningrum Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya
  • Herna Herna Universitas Gunadarma
  • Salim Salim Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya
  • Vinna Waty Sutanto Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya
Keywords: Pelatihan, Media Sosial, Promosi, Penjualan Online

Abstract

Pasca pandemi Covid-19 terjadi perubahan dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah perubahan perilaku konsumen yang mengharuskan para pelaku bisnis untuk beradaptasi. Penggunaan media sosial dianggap menjadi solusi untuk dapat bertahan di tengah persaingan bisnis. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai media promosi dan penjualan online untuk pemberdayaan pedagang kuliner di wilayah Bojong Rawa Lumbu. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan mengenai penggunaan dan pemanfaatan media sosial serta praktik mengambil foto produk yang akan dipasarkan sampai dengan mengunggah foto tersebut ke media sosial. Peserta yang pada umumnya berprofesi sebagai pedagang kuliner cukup antusias dengan kegiatan ini. Hal ini dikarenakan mereka merasa tertarik untuk menggunakan media sosial sebagai media promosi dan penjualan online yang dapat membuka peluang untuk meningkatkan angka penjualan.

References

Ardiansah, I., & Maharani, A. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing. CV. Cendekia Press.

Chelsea, Zhafira, F., Putra, J., Susana, & Delia, Z. (2022). Pengaruh Penggunaan Belanja Online Masyarakat Indonesia: Sebelum, Selama dan Sesudah Pandemi COVID-19. Nusantara: Jurnal Pendidikan, Seni, Sains Dan Sosial Humaniora, 1(1), 154–173. https://doi.org/10.11111/nusantara.xxxxxxx

Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16–29. http://52.221.78.156/index.php/linimasa/article/view/2754

Ulya, H. N. (2020). Alternatif Strategi Penanganan Dampak Ekonomi Covid-19 Pemerintah Daerah Jawa Timur Pada Kawasan Agropolitan. El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business, 3(1), 80–109. https://doi.org/10.21154/elbarka.v3i1.2018

Published
2023-12-31
How to Cite
Rahmadiana, R., Kasusilaningrum, T., Herna, H., Salim, S., & Sutanto, V. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PENJUALAN ONLINE BAGI PEDAGANG KULINER. Jurnal Pengabdian Teratai, 4(2), 245-250. https://doi.org/10.55122/teratai.v4i2.1084