Pelatihan Pembuatan Kue Tradisional Karasa Khas Kabupaten Pinrang: Inovasi Cokelat dan Keju
DOI:
https://doi.org/10.55122/teratai.v6i1.1687Keywords:
Pelatihan, tradisonal, kue karasa, cokelat, kejuAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat Desa Sipatuo dalam membuat kue Karasa khas Kabupaten Pinrang dengan inovasi cokelat dan keju. Pelatihan ini memiliki arti penting dalam pemberdayaan masyarakat yang berbasis kearifan lokal (local wisdom). Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan untuk mengembangkan keterampilan masyarakat dengan orientasi untuk peningkatan kualitas produktifitas kuliner berbasis tradisional. Metode pelaksanaan berupa pelatihan, workshop, dan pendampingan. Hasil menunjukkan peningkatan keterampilan peserta dalam memproduksi kue Karasa inovasi baru ini serta meningkatkan pemahaman tentang pemasaran produk lokal. Program ini diharapkan menjadi langkah awal bagi pengembangan ekonomi kreatif masyarakat setempat. Program ini berdampak positif terhadap penguatan ekonomi lokal dan membuka peluang pengembangan usaha berbasis potensi daerah.
References
Ali, M. (2025). Dinamika Tren Kuliner Asing dan Tantangan Pelestarian Kuliner Tradisional di Indonesia. Journal of Economic, Business, Management, Accounting And Social Sciences, 3(3).
Lindayani, L. R., Rasiah, R., Azi, R., Sifatu, W. O., Syahrun, S., & Sawali, L. (2024). MAKNA PENAMAAN SAJIAN RITUAL KABASA DARI PERSPEKTIF GASTROLINGUISTIK. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 14(2), 223–237. https://doi.org/10.17510/paradigma.v14i2.1164
Pratama, R. A., Subaida, I., & Soeliha, S. (2025). PENGARUH CITA RASA, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PIVY SWEET DI SITUBONDO. JURNAL MAHASISW ENTERPRENEURSHIP (JME), 4(8).
Saputri, D. A., & Junianto, M. R. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatan Material Lokal Guna Pengembangan Ekowisata Berbasis Local Wisdom Desa Sidem. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (JPMB), 1(1). https://doi.org/10.58266/jpmb.v1i1.3
Tiarapuspa, Firdayetti, F., Dian Oktaviani, Ega Ayu Aprilia, Herliana Febrianti, & Nisma Faturahmi. (2024). Pelatihan Digitalisasi dan Pemasaran Dalam Mendukung Peluang dan Menghadapi Tantangan bagi UMKM. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.55983/empjcs.v3i1.411
Utami, S. (2018). Kuliner Sebagai Identitas Budaya: Perspektif Komunikasi Lintas Budaya. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 8(2), 36–44. https://doi.org/10.35814/coverage.v8i2.588
Wahyuni, R. D., Ridho, M. R., Nadhiroh, & Mukminin, A. (2024). PELATIHAN INOVASI PANGAN LOKAL DALAM PENINGKATAN KREATIVITAS USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KABUPATEN WONOGIRI. Al Basirah , 4(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ibnu Hajar, Ahmad Jumadil, Hania Noorunnissa, Nosita Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Accepted 2025-10-14
Published 2025-10-14






