PELATIHAN LITERASI TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN DIGITAL

  • Ati Zaidiah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Yuni Widiastiwi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Anita Muliawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Kraugusteeliana Kraugusteeliana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Keywords: Literasi, Teknologi, Pembelajaran Digital, Pelatihan

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat penting, karena pada saat usia inilah anak berada pada usia emas untuk mengembangkan fondasi dasar dalam menghadapi pembelajaran jenjang berikutnya. Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk meningkatkan kecerdasan anak usia dini melalui media pembelajaran komputer, juga dapat menstimulasi perkembangan  koordinasi gerakan mata dengan ketepatan gerakan tangan, sehingga secara tidak langsung dapat menstimulasi kecerdasan motorik halus anak, khususnya daya rangsang anak untuk melatih kemampuan berpikir dan meningkatkan kreativitas. Metode pembelajaran digital ini mengandung materi pembelajaran dalam berhitung, membaca dan mengenal hewan dan merupakan  software tak berbayar yang dapat diunduh secara gratis sehingga memudahkan bagi guru PAUD untuk menyampaikan materi pembelajaran. Hasil pelatihan materi pembelajaran dengan media komputer ini dapat memberikan semangat bagi siswa PAUD untuk belajar dengan lebih giat lagi, karena bagi PAUD Permata Kencana pembelajaran ini merupakan hal yang baru. Pembelajaran berbasis digital ini dilakukan untuk menambah pengetahuan dan wawasan terkait teknologi kepada anak-anak PAUD. Diharapkan dengan adanya pembelajaran berbasis komputer ini siswa PAUD dapat meningkatkan pengetahuannya terkait dengan teknologi dan dapat menambah wawasan dalam berhitung, membaca dan mengenal hewan

References

K., & Rahman. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di Era digital melalui Program Macromedia Flash 8. Journal of Early Childhood Education, 5(3). https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v%vi%i.10740

Abyadh, A., Octavia, C., & Halimatus Sa, A. (2022). 74) Peran Motivasi Dalam Meningkatkan Pembelajaran Anak Usia Dini The Role Of Motivation In Enhancing Early Chilhood Learning. Al Abyadh, 5(2), 69.

Akmal, A., Meningkatkan, U., Belajar, M., Melalui, A., Sains, P., Ylpi, T. K., & Pekanbaru, M. (n.d.). GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 3 Nomor 1, Mei 2020. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Pembelajaran Sains.

Alam, K. (n.d.). 2022. Meningkatnya Motivasi Belajar Anak Usia Dini (Aud) Melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran.

Anak, P. I., Dini, U., Tarbiyah, F., Keguruan, I., Metro, I., & Mahardika, B. (n.d.). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Dengan Metode Active Learning. In Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd) (Vol. 1). https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd

Astuti, N. P., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Bermain Asyik Pada Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2141. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2141-2150.2022

Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2021). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 58–72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205

Isrofah, Sitisaharia, & Hamida. (2022). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri. In JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 5, Issue 6). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Khotimah, H., Suleman, S. M., & Nirmala, B. (n.d.). Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Melalui Metode Pemberian Tugas Di Kelompok B Paud Permata Hati Pombewe Kabupaten Sigi.

Laela, A., & Aprianti, E. (2019). Jurnal Ceria Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Metode Bermain Menggunakan Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Kelompok B. 2(6), 2714–4107.

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021a). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77. https://doi.org/10.33369/jip.6.1

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021b). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77. https://doi.org/10.33369/jip.6.1

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021c). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77. https://doi.org/10.33369/jip.6.1

Nurlaela, E., & Atika, A. R. (2021). Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) Pemanfaatan Teknologi Pada Kegiatan Eksplorasi Untuk Anak Usia Dini. 4(6), 2714–4107.

Susi Heriyanti, N., Thamrin, M., & Yuniarni, D. (n.d.). Pemberian Motivasi Belajar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Mujahidin Ii Pontianak Timur.

Wahyuni, S., Putri, A. A., & Fadillah, S. (n.d.). Motivasi Belajar Anak Usia Dini Pada Program Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/incrementapedia

Winarti, W., Nurhayati, S., Rukanda, N., Musa, S., Jabar, R., & Rohaeti, E. E. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru PAUD dalam Mengelola Pembelajaran Daring Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5621–5629. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3111

Published
2023-12-27
How to Cite
Zaidiah, A., Widiastiwi, Y., Muliawati, A., & Kraugusteeliana, K. (2023). PELATIHAN LITERASI TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN DIGITAL. Jurnal Pengabdian Teratai, 4(2), 151-159. https://doi.org/10.55122/teratai.v4i2.957