Pelarangan Operasi TikTok Shop dan Etnosentrisme Generasi Z Indonesia

  • Reny Andriyanty Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor
  • Sri Retno Wahyu Nugraheni Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor
  • Ratna Mega Sari Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor
  • Tuti Kurnia Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor
  • Eva Mayasari Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor
Keywords: Etnosentrisme, Generasi Z, TikTok Shop

Abstract

TikTok sebagai salah satu media sosial bertransformasi menjadi tempat berjualan yang masih belum sesuai dengan aturan dari e-commerce yang berlaku di Indonesia. Hal ini berujung dengan penutupan TikTok shop yang berdampak baik pada produsen maupun konsumen Indonesia, tidak terkecuali pada pola konsumsi generasi Z. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi etnosentrisme generasi muda di Indonesia (pada kasus generasi Z di wilayah Jabodetabek) terkait produk luar negeri di platform TikTok shop.  Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari survei menggunakan kuesioner pada google form. Penelitian dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2023 dengan lokasi penelitian adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Metode sampling yang dilakukan adalah dengan menggunakan accidental dan snowball sampling, dimana link survei disebarkan secara sengaja kepada generasi Z. Responden yang mengisi survei ini dibatasi pada generasi Z yang berusia diantara 17 sampai usia 25 tahun. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif untuk menggambarkan karakteristik responden dan analisis structural equation model (SEM) untuk menjawab tujuan penelitian ini. Adapun jumlah responden yang diperoleh adalah sebanyak 131 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden setuju dengan penutupan operasi TikTok shop. Mayoritas responden generasi Z juga menyatakan bahwa mereka peduli pada negara asal produk yang dibeli, sehingga mereka banyak yang membeli produk dari TikTok shop hanya dari penjual dalam negeri. Faktor yang dinyatakan memiliki hubungan langsung yang signifikan pada etnosentrisme generasi Z di Indonesia terkait dengan persepsi ancaman dan inersia pembelian. Etnosentrisme generasi Z juga sangat dipengaruhi kepercayaan terhadap produk dalam negeri yang menunjukkan bahwa generasi Z masih memiliki jiwa patriotisme yang tinggi. Generasi Z juga memiliki kepedulian pada kondisi pengangguran dalam negeri jika membeli dari luar negeri yang artinya dapat mengancam produksi domestik.

References

Aguilar-Rodríguez, I. E., & Arias-Bolzmann, L. G. (2021). The relationship of consumer ethnocentrism, purchase intention, and lifestyle in first-generation bicultural ethnic groups. Journal of Small Business Strategy, 31(1), 20–38.

Alshammari, E., Williams, M., & Morgan, N. (2017a). Integrative Review: Factors Effecting Consumer Ethnocentrism (CET). International Review of Management and Business Research, 6(3), 579–594.

Alshammari, E., Williams, M., & Morgan, N. (2017b). Integrative Review: Factors Effecting Consumer Ethnocentrism (CET). International Review of Management and Business Research, 6(2). www.irmbrjournal.com

Alsughayir, A. (2013). Consumer Ethnocentrism: A Literature Review. In International Journal of Business and Management Invention ISSN (Vol. 2). Online. www.ijbmi.org

Amri, S., & Prihandono, D. (2019). INFLUENCE LIFESTYLE, CONSUMER ETHNOCENTRISM, PRODUCT QUALITY ON PURCHASE DECISION THROUGH PURCHASE INTENTION. Management Analysis Journal, 8(1), 25–38.

Andriyanty, R., & Dewi, D. U. (2021). Faktor-Faktor Sosial Yang Mempengaruhi Kesadaran Gaya Hidup Cinta Produk Dalam Negeri Generasi Muda Di Indonesia. Sosio Informa, 7(1), 31–45.

Andriyanty, R., & Wahab, D. (2019). Preferensi Konsumen Generasi Z terhadap Konsumsi Produk Dalam Negeri. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 7(2), 280–296. https://doi.org/10.29313/ethos.v7i2.4694

Andriyanty, R., & Yunaz, H. (2020). Model Gaya Hidup Konsumen Dalam Memilih Produk Makanan Dalam Negeri. Jurnal IImiah Manajemen Dan Bisnisurnal IImiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 82–95.

Balabanis, G., & Theofania Siamagka, N. (2021). A Meta-Analysis of Consumer Ethnocentrism Across 57 Countries. International Journal of Research in Marketing, xxxx. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2021.12.002

Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media dan Kaum Millenial: Studi Kasus TikTok. Conference on Business, Social Science & Innovation Technology, 1(1), 565–572. http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit

Earl, P. (1986). Lifestyle Economics : Consumer Behaviour in a Turbulent World (1st ed.). Wheatsheaf Books LTD.

Eren, S. S. (2013). Young Consumers’ Attitudes toward American products. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 99, 489–495. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.517

Ferniansyah, A., Nursanti, S., & Nayiroh, L. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR GENERASI Z. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(9), 4287–4298. https://doi.org/10.36418/syntax

Figliola, P. M. (2023a). TikTok: Technology Overview and Issues. https://crsreports.congress.gov

Figliola, P. M. (2023b). TikTok: Technology Overview and Issues. https://crsreports.congress.gov

Frančič, E. V. A. (2015). Consumer Ethnocentrism and Its Effects on the French Buying Behaviour (Issue May). UNIVERSITY OF LJUBLJANA.

Giang, N. T., & Khoi, N. D. (2015). The Impact of Consumer Animosity and Consumer Ethnocentrism on Intention to Purchase Foreign Products: The Case of Chinese Branded Household Appliances in Vietnam Market. Journal of Economics and Behavioral Studies, 7(4), 22–36.

Haryanto, B., Febrianto, A., & Cahyono, E. (2019). Lifestyle and Consumer Preferences in Choosing Local or Foreign Brands: a Study of Consumer Behavior in Surakarta – Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 21(1), 74–88. https://doi.org/10.9744/jmk.21.1.75-89

Heydari, A., Teymoori, A., Haghish, E. F., & Mohamadi, B. (2014). Influential factors on ethnocentrism: The effect of socioeconomic status, anomie, and authoritarianism. Social Science Information, 53(2), 240–254. https://doi.org/10.1177/0539018413517521

Jin, Z., Lynch, R., Attia, S., Chansarkar, B., Gülsoy, T., Lapoule, P., Liu, X., Newburry, W., Nooraini, M. S., Parente, R., Purani, K., & Ungerer, M. (2015). The relationship between consumer ethnocentrism, cosmopolitanism and product country image among younger generation consumers: The moderating role of country development status. International Business Review, 24(3), 380–393. https://doi.org/10.1016/j.ibusrev.2014.08.010

Julianto, M. (2023a). Dampak TiKTok dalam Mempengaruhi Generasi Muda. Jurnal Teknologi Informasi, 9(1), 79–88. https://ejournal.urindo.ac.id/index.php/TI

Julianto, M. (2023b). Dampak TiKTok dalam Mempengaruhi Generasi Muda. Jurnal Teknologi Informasi, 9. https://ejournal.urindo.ac.id/index.php/TI

Karoui, S., & Khemakhem, R. (2019). Consumer ethnocentrism in developing countries. European Research on Management and Business Economics, 25(2), 63–71. https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2019.04.002

Kartika Ainiyah, R., & Teguh Soedarto. (2022). Analisis Teknik Digital Marketing Penggunaan Tiktok Sebagai Social Commerce Produk Olahan Buah dan Sayur (@apelicious.official). Prosiding Seminar Nasional Magister Agribisnis 39: Membangun Pertanian Modern Yang Berkelanjutan, 39–57.

Kurniawan, B. (2018). Tik Tok Popularism and Nationalism: Rethinking National Identities and Boundaries on Millennial Popular Cultures in Indonesian Context. Proceedings of The 8th Annual International Conference (AIC) on Social Sciences, Syiah Kuala University 2018 September 12-14, 2018, Banda Aceh, Indonesia, 83–90.

Olufson, L. C. (1989). An Investigation of Ethnocentrism, Its Elements, Factors Affecting Its Intensity, and Implications for Cross-Cultural Activities. In A Thesis of Oregon State University (Vol. 1, Issue June).

Rahmawati, N. A., & Muflikhati, I. (2016). Effect of Consumer Ethnocentrism and Perceived Quality of Product on Buying Behavior of Domestic and Foreign Food Products: A Case Study in Pekanbaru, Riau, Indonesia. Journal of Consumer Sciences, 1(1), 1. https://doi.org/10.29244/jcs.1.1.1-13

Rahmawati, W., Gayuh K, N., Yuniarta, A., Eva C, Z., Rahmawati, E. D., & Saryadi. (2023). Minat Konsumen Membeli Produk Online Melalui Tik Tok Shop Ditinjau Dari Kepercayaan, Kualitas Dan Pengiriman Barang. Journal of Student Research, 1(3), 39–47.

Ren, Y., Qi, W., & Fan, M. (2021a). The Development of Tik Tok’s Global Market. Proceedings of the 2021 3rd International Conference on Economic Management and Cultural Industry (ICEMCI 2021), 2779–2784.

Ren, Y., Qi, W., & Fan, M. (2021b). The Development of Tik Tok’s Global Market. Proceedings of the 2021 3rd International Conference on Economic Management and Cultural Industry, 2779–2784.

Renko, N., Crnjak Karanović, B., & Matić, M. (2012). Influence of Consumer Ethnocentrism on Purchase Intentions: Case of Croatia. Ekonomska Misao i Praksa : Časopis Sveučilista u Dubrovniku, XXI(2), 529–544.

Schermelleh-Engel, K., Moosbrugger, H., & Müller, H. (2003). Evaluating the Fit of Structural Equation Models: Tests of Significance and Descriptive Goodness-of-Fit Measures. In Methods of Psychological Research Online (Vol. 8, Issue 2).

Septyaningsih, S., Multazam, M. T., & Sobirov, B. (2023). Legal Protection of Consumer Rights in Transactions at TikTok Shop: Unraveling New Legal Insights. Kosmik Hukum, 23(3), 248. https://doi.org/10.30595/kosmikhukum.v23i3.17396

Shankarmahesh, M. N. (2006a). Consumer ethnocentrism: An integrative review of its antecedents and consequences. International Marketing Review, 23(2), 146–172. https://doi.org/10.1108/02651330610660065

Shankarmahesh, M. N. (2006b). Consumer ethnocentrism: An integrative review of its antecedents and consequences. In International Marketing Review (Vol. 23, Issue 2, pp. 146–172). https://doi.org/10.1108/02651330610660065

Shimp, T. A., & Sharma, S. (1987a). Consumer Ethnocentrism: Construction and Validation of the CETSCALE. In Source: Journal of Marketing Research (Vol. 24, Issue 3).

Shimp, T. A., & Sharma, S. (1987b). Consumer Validation Construction Ethnocentrism : of the. Journal of Marketing Research, 24(3), 280–289.

Spillan, J. E., Kang, Z., & Barat, S. (2011). Amulti-country study exploring relationships of lifestyles to ethnocentrism. Journal of Transnational Management, 16(2), 62–83. https://doi.org/10.1080/15475778.2011.571609

Sumner, W. G. (1906). Folkways: A Study of the Sociological Importance of Usages, Manners, Customs Mores, and Morals (First). Ginn and Company.

Topçu, U. C., & Kaplan, M. (2015a). Willingness to Buy Foreign Products in Relation to Ethnocentric Tendencies and Worldminded Attitudes of Consumers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 207, 157–164. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.10.166

Topçu, U. C., & Kaplan, M. (2015b). Willingness to Buy Foreign Products in Relation to Ethnocentric Tendencies and Worldminded Attitudes of Consumers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 207, 157–164. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.10.166

Viela Tusanputri, A., & Amron. (2021). Pengaruh Iklan dan Program Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian pada Platform e-Commerce Tiktok Shop. FORUM EKONOMI, 23(4), 632–639. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI

Wang, J. (2020). From banning to regulating TikTok: Addressing concerns of national security, privacy, and online harms. www.fljs.org

Wu, J. (2021). Study of a Video-sharing Platform: The Global Rise of TikTok [Thesis]. Massachusetts Institute of Technology.

Published
2023-10-30
How to Cite
Andriyanty, R., Nugraheni, S., Sari, R., Kurnia, T., & Mayasari, E. (2023). Pelarangan Operasi TikTok Shop dan Etnosentrisme Generasi Z Indonesia. Mediastima, 29(2), 114-130. https://doi.org/10.55122/mediastima.v29i2.1005
Section
Articles