Menemukan Keseimbangan Tepat: Mengungkap Kekuatan Balance Scorecard dalam Keberhasilan Organisasi
Abstract
Artikel ini menyelidiki peran penting dari Balance Scorecard (BSC) dalam meningkatkan keberhasilan organisasi. Melalui pendekatan holistik dengan empat perspektif utama, yaitu finansial, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran serta pertumbuhan, artikel ini menjelaskan konsep BSC dan dampaknya terhadap kinerja organisasi. Dengan mengambil contoh studi kasus PT. Kharisma Hiban Berkah Mulia (KHBM), artikel ini menguraikan bagaimana implementasi BSC dapat membantu organisasi mengidentifikasi dan mengatasi tantangan, serta mengoptimalkan potensi untuk mencapai tujuan strategis. Hasil analisis menunjukkan bahwa, meskipun BSC menghadapi beberapa hambatan, seperti kesulitan mengukur dimensi kualitatif, manfaat yang diperoleh termasuk kemampuan untuk memonitor strategi, meningkatkan kinerja, dan merangsang pertumbuhan jangka panjang. Artikel ini memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana BSC dapat menjadi alat yang efektif dalam menemukan keseimbangan yang tepat dan meraih keberhasilan organisasi.
References
Aiyul Ikhram, A., & Wahdaniah. (2019). Penerapan Balanced Scorecard Terhadap Peningkatan Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa Konstruksi). Management Development and Applied Research Journal, 2(1), 1–7.
Azizah dan rekan. (2023). Pengukuran Kinerja Usaha PT Jasa Marga TBK Menggunakan Metode Balanced Scorecard. Mufakat:Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akutansi, 2(4), 291–307. https://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat/article/view/862
Dewi, K., & Surya, A. K. (2015). Penerapan Balanced Scorecard untuk Menilai Kinerja PT XL Axiata Tbk dalam Mencapai Strateginya. Binus Business Review, 6(2), 268. https://doi.org/10.21512/bbr.v6i2.976
Eka Ardhi Pratama, F., Dewi Kurnawati, & Wenny Dhamayanthi. (2022). Implementasi Balance Scorecard Sebagai Pengukuran Hasil Kinerja Koperasi Karyawan. AKUA: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(2), 156–163. https://doi.org/10.54259/akua.v1i2.530
Erna Soeseny, R., Rizal Yahya, M., Haridhi, M., Studi Akuntansi, P., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2021). Pengaruh Perspektif Pembelajaran Dan Pertumbuhan Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pt Permata Hijau Palm Oleo Kim Ii). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 6(2), 1.
Faishol, A. (2016). Analisis Pengaruh Penerapan Balanced Scorecard Terhadap Peningkatan Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Lamongan). Jurnal Akuntansi, 1(1), 8. https://doi.org/10.30736/jpensi.v1i1.14
Hadiansah, D., Ahmadi, E., Rahayu, Y. N., Tanjung, R., Dasmana. Ade, Kurniasih, N., Maulana, A., Rosmayati, S., Nasser, A. A., Firmansyah, E., Firdaus, E., Mawati, A. T., Mulyadi, D., Deswita, Aisyah, D. S., Hamrin, Marsanto, Ulfah, Sofyan, Y., … Rachman, B. A. (2021). Membaca Perspektif Balanced Scorecard (BSC). In Yayasan Azka Hafidz Maulana. http://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/88
Husni, A dan Randi, M. (2024). Jurnal Inovasi Global. Jurnal Inovasi Global, 2(3), 543–551.
Nugroho, M. B. (2020). Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Paramarta, V., Wicaksono, S. T., Risnawaty, N., Triana, I. A., Halawa, A. N., & Permatasari, I. (2023). Implementasi Balance Scorecard Dalam Analisis Kinerja Rumah Sakit Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 1(3), 88–100. https://doi.org/10.59024/jumek.v1i3.117
Pradipto, M. (2020). Pengukuran Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Perusahaan Ekspedisi PT. CY. Jurnal Optimasi Teknik Industri (JOTI), 2(1), 43. https://doi.org/10.30998/joti.v2i1.3758
Rosidin, A. (2017). Pemetaan Dan Perencanaan Peningkatan Mutu Berbasis Swot-Balanced Scorecard Di Perguruan Darul Hikam Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan, 14(2), 1–13. https://doi.org/10.17509/jap.v24i2.7785
Sahrir, S. S., & Sunusi, A. (2023). Use of Balanced Scorecard Analysis for Performance Measurement PT. Kalbe Farma Tbk Period 2020 – 2022. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 6(2), 84–93. https://doi.org/10.56858/jmpkn.v6i2.129
Sari, R. Y., Qadri, H. Al, & Nellitawati, N. (2024). Peran sumber daya manusia dalam mendorong inovasi organisasi. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 3(2), 59–67. https://doi.org/10.47200/aossagcj.v3i2.2338
Suhaya. (2019). Penerapan Balanced Scorecard Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 2(4), 461–470. https://doi.org/10.5281/zenodo.3472262
Sukmanawan, D. (2019). Balanced Scorecard Untuk Menilai Kinerja Perusahaan (Baraya Travel Bandung). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 12(2), 89–99. https://doi.org/10.23969/jrbm.v12i2.2396
Winarsih, W. (2016). Implementasi Balance Scorecard Pada Perusahaan Jasa Perhotelan : Studi Kasus Pada Pt. Hotel X Di Semarang. Jurnal Akuntansi Indonesia, 3(2), 161. https://doi.org/10.30659/jai.3.2.161-167
Copyright (c) 2024 Junias Robert Gultom, Ajeng Dwi Ramadhanti, Alifah Putri Rahmania, Ratu Madinatul Biladi, Resti Septiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.