PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING MODEL SEBAGAI STRATEGI OPTIMALISASI SISTEM PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA PERGURUAN TINGGI DI JAKARTA

  • Junias Robert Gultom Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Dadan Sundara Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Medy Desma Fatwara Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Hybrid Learning, Efektivitas pembelajaran, Perguruan Tinggi, Strategi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistim pembelajaran yang efektif dan sesuai di era pandemi saat ini serta pasca pandemi. Penelitian dilakukan melalui analisis deskriptif kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan kepada 140 Mahasiswa dari beberapa Perguruan Tinggi di Jakarta melalui kuesioner untuk mengukur efektivitas pelaksanaan pembelajaran melalui online, offline dan hybrid learning atau campuran. Hasil penelitian ini dapat membantu kegiatan pembelajaran yang lebih baik dan dapat memberikan informasi strategi mana yang paling tepat dalam melakukan optimalisasi pembelajaran yang efektif dengan mengetahui keterbatasan dan keunggulan dari sistim-sistem pembelajaran yang ada, berdasarkan kendala-kendala yang dihadapi lalu hasilnya dievaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi efektivitas sistim pembelajaran saat pandemi dengan analisis fishbone diketahui masalah utama sistim pembelajaran online saat ini terletak pada 3 hal yakni man (manusia), machine(mesin/perangkat), dan method (metode pembelajaran). Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran efektif pasca pandemi covid 19 adalah pembelajaran hybrid learning (46,4%), hybrid learning dipilih sebagai pembelajaran yang paling sesuai karena dapat menutupi kekurangan dari pembelajaran online dan offline. Pembelajaran hybrid learning membutuhkan metode khusus yang berkaitan dengan penyampaian pembelajaran campuran/hybrid untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta peran perguruan Tinggi dalam pelaksanaan dan penyampaian materi, sehingga dengan metode pembelajaran campuran materi yang disampaikan dapat dipahami secara menyeluruh oleh mahasiswa

References

Burhendi, F. C. A., Wahyu Dian, L., Kusdiwelirawan, A., & Sagita, D. D. (2019). Implementation of blended learning to use discovery learning method. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 153–163.

David, F. R. (2016). Manajemen Strategis (E. 15 ID (ed.); 15th ed.). Salema Empat.

Fitriah, R. (2021). Meningkatkan Aktivitas Peserta Didik dengan Model Problem Based Learn- ing ( PBL ) dan Cooperative Learning Tipe Course Review Horay pada Pembela- jaran Biologi Kingdom Plantae Di Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Tanjung Tahun Pelajaran 2018 / 2019. 7(2), 30–36.

Hassbullah. (2001). Dasar-dasar ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Hendrayati, H., & Pamungkas, B. (2016). Implementasi Model Hybrid Learning Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Statistika Ii Di Prodi Manajemen Fpeb Upi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jpp.v13i2.3430

Horn, M. B., Staker, H., & Christensen, C. M. (2014). Blended: Using Disruptive Innovation to Improve Schools. 304.

Hunger, J. David dan Wheelen, T. L. (2004). Manajemen Strategis. Andi Yogyakarta.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 1–20.

Putra, I. A. (2015). Orientasi Hybrid Learning melalui Model Hybrid Learning dengan Berbantuan Multimedia di Dalam Kegiatan Pembelajaran. 1(1).

Tague, N. R. (2005). The quality toolbox (2th ed.). ASQ Quality Press.

Tsai, A. (2011). A Hybrid, E-Learning Model Incorporating Some of The Principal Learning Theories.

Vaughan, N. (2007). Perspectives on blended learning in higher education. International Journal on E-Learning, 6(1), 81–94.

Winardi, W. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Metode MMP dan Pendekatan Open-Ended Winardi. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 420–431.

Published
2022-04-25
How to Cite
Gultom, J., Sundara, D., & Fatwara, M. (2022). PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING MODEL SEBAGAI STRATEGI OPTIMALISASI SISTEM PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA PERGURUAN TINGGI DI JAKARTA. Mediastima, 28(1), 11-22. https://doi.org/10.55122/mediastima.v28i1.385
Section
Articles