PERBANDINGAN SISTEM LOGISTIK TRADISIONAL DAN SISTEM LOGISTIK BERBASIS E-COMMERCE DALAM PENYEDIAAN BARANG PADA PT. E
Abstract
Pada sistem logistik tradisional, konsumen biasanya harus datang ke toko untuk membeli barang yang diinginkan. Sedangkan pada sistem logistik berbasis e-commerce, konsumen dapat memesan barang secara online melalui platform e-commerce milik PT. E. Hal ini memungkinkan konsumen untuk melakukan pembelian kapan saja dan di mana saja, tanpa harus datang ke toko. Pada sistem logistik tradisional, proses pengiriman barang biasanya dilakukan oleh karyawan perusahaan atau pihak jasa pengiriman yang bekerja sama dengan perusahaan. Karyawan atau kurir yang akan mengambil barang dari gudang atau toko dan mengantarkannya langsung ke konsumen. Namun, pada sistem logistik berbasis e-commerce, proses pengiriman barang biasanya dilakukan oleh pihak jasa pengiriman melalui layanan pengiriman online. Konsumen biasanya akan menerima barang yang dipesan melalui kurir yang mengantar ke alamat yang telah ditentukan. PT. E harus mempertimbangkan faktor-faktor tersebut dan menentukan sistem logistik yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan. PT. E juga perlu memperhatikan infrastruktur teknologi dan kebutuhan sumber daya manusia yang diperlukan. Teknologi yang berkaitan dengan sistem logistik berbasis e-commerce harus siap dan mendukung untuk digunakan. Melakukan analisis perbandingan antara sistem logistik tradisional dan sistem logistik berbasis e-commerce adalah langkah penting bagi PT. E untuk menentukan langkah yang tepat dalam mengoptimalkan penyediaan barang konsumen. Dengan memahami perbedaan dan kelebihan masing-masing sistem, perusahaan dapat memaksimalkan efisiensi dan kualitas pelayanan kepada konsumennya. Tujuan penelitian ini untuk melihat minat penjualan apakah menggunakan e-commerce atau secara tradisional, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dengan memberikan kuesioner kepada karyawan di PT.E yang mendapatkan hasil bahwa banyak yang lebih menyukai kegiatan penjualan menggunakan e-commerce.
References
Alwendi, “Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha,†vol. 17, no. 3, pp. 317–325, 2020.
E. Y. Nasution, P. Hariani, L. S. Hasibuan, and W. Pradita, “Perkembangan Transaksi Bisnis E-Commerce terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia,†Jesya, vol. 3, no. 2, pp. 506–519, 2020, doi: 10.36778/jesya.v3i2.227.
N. F. Rizal, “Pengaruh Harga, Pelayanan, Lokasi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Jasa di PT.Indah Logistik Cargo Pasar Merah Medan,†2019.
F. Wibowo, A. U. Khasanah, and F. I. F. S. Putra, “Analisis Dampak Kehadiran Pasar Modern terhadap Kinerja Pemasaran Pasar Tradisional Berbasis Perspektif Pedagang dan Konsumen di Kabupaten Wonogiri,†Benefit J. Manaj. dan Bisnis, vol. 7, no. 1, pp. 53–65, 2022, doi: 10.23917/benefit.v7i1.16057.
K. Yohanes, S. Suharyati, and E. Ediwarman, “Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Street Boba,†Pros. SENAPENMAS, p. 1339, 2021, doi: 10.24912/psenapenmas.v0i0.15205.
T. A. Nengsih and F. Kurniawan, “Analisis Perbandingan Keputusan Membeli di Pasar Tradisional dan Modern,†IJIEB Indones. J. Islam. Econ. Busines, vol. 6, no. 1, pp. 17–31, 2021.
Y. L. R. Rehatalanit, “Peran e-commerce dalam pengembangan bisnis,†2021.
H. Guo, Y. Liu, X. Shi, and K. Z. Chen, “The role of e-commerce in the urban food system under COVID-19: lessons from China,†China Agric. Econ. Rev., vol. 13, no. 2, pp. 436–455, 2020, doi: 10.1108/CAER-06-2020-0146.
V. D. Soni, “Emerging Roles of Artificial Intelligence in ecommerce,†SSRN Electron. J., vol. 4, no. 5, pp. 223–225, 2020, doi: 10.2139/ssrn.3620017.
P. T. W. Lee, O. K. Kwon, and X. Ruan, “Sustainability challenges in maritime transport and logistics industry and its way ahead,†Sustain., vol. 11, no. 5, pp. 1–9, 2019, doi: 10.3390/su11051331.
S. Sahara and O. Munawwarah, “Evaluation of Handling Freight At Pt . Laris Cargo,†vol. 06, no. 01, pp. 36–44, 2023.
A. S. Muti’ah, “ANALISIS KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SETELAH IMPLEMENTASI PSAK 73 ADOPSI IFRS 16 SERTA PENGARUHNYA TERHADAP REAKSI PASAR (Studi Empiris pada Perusahaan Infrastruktur, Transportasi, dan Logistik yang Terdaftar di BEI),†no. July, pp. 1–23, 2020.
C. A. Wardhani, A. Sugianto, and B. Hermana, “Pengaruh Kualitas Layanan Logistik, Kepuasan Pelanggan, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Logistik Menggunakan Structural Equation Model,†J. Ilm. Tek. Ind., vol. 8, no. 1, pp. 56–68, 2020, doi: 10.24912/jitiuntar.v8i1.5761.
Copyright (c) 2024 Siti Sahara, Desi Rokhyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.