APLIKASI ONLINE THERAPHY DENGAN METODE HUMAN CENTERED DESIGN BERBASIS MOBILE
Abstract
Kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting bagi manusia, saat ini angka pengidap gangguan pada kesehatan mental masyarakat di Indonesia cukup tinggi, sekitar 20% populasi di Indonesia itu mempunyai potensi-potensi masalah gangguan jiwa. Telah banyak upaya dalam mengatasi masalah gangguan kesehatan mental seperti layanan konsultasi kesehatan mental secara online. Klinik Utama Bina Atma merupakan salah satu klinik yang melayani konsultasi masalah kesehatan mental. Namun terdapat permasalahan khususnya pelayanan kepada pasien dikarenakan belum adanya sistem konsultasi online bagi pasien, hal ini mengharuskan pasien harus terus melakukan konsultasi secara tatap muka yang menyebabkan proses konsultasi belum dilakukan secara efektif. Oleh karena itu dibangun aplikasi online theraphy berbasis mobile dengan menerapkan Metode Human-Centered Design untuk mempermudah pasien dalam melakukan konsultasi secara online. Aplikasi Online Theraphy Klinik Utama Bina Atma berhasil dibangun dengan menerapkan metode human centered design, dimana aplikasi ini digunakan untuk sesi konsultasi antara pasien rawat jalan dan dokter yang bertugas, terdapat 3 user yang dapat mengakses aplikasi ini diantaranya, staf klinik, dokter dan pasien.
References
W. S. Pangayoman, H. M. Az-Zahra, and K. C. Brata, “Perancangan User Experience Aplikasi Penyewaan Jas dengan Metode Human Centered Design (HCD) Studi Kasus Rumah Jas Kendari,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 7, pp. 3168–3176, 2023, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12791
R. S. Negeriku, “Kemenkes Beberkan Masalah Permasalahan Kesehatan Jiwa di Indonesia,” Kemenkes, 2021. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20211007/1338675/kemenkes-beberkan-masalah-permasalahan-kesehatan-jiwa-di-indonesia/
A. H. Hadna, “ANALISIS PERAN DINAS KESEHATAN PROVINSI DALAM KONTEKS GOOD GOVERNANCE MENGATASI MASALAH KESEHATAN JIWA DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,” 2021.
R. P. H. Wijaya, H. Tolle, and H. M. Az-Zahra, “Perancagan User Experience Aplikasi Pemesanan Katering Sekolah Dengan Menggunakan Metode Human-Centered Design,” Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 3, pp. 3086–3093, 2019.
P. W. B. I Gusti Putu Agung Pradyani, Ni Kadek Ayu Wirdiani, “Penerapan Metode Human Centered Design Dalam Perancangan User Interface (Studi Kasus: PT.X),” JITTER J. Ilm. Teknol. dan Komput., vol. 2, no. 3, pp. 459–470, 2021, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/77839
L. Muhamad, A. A. Gandhi, R. S. Sianturi, and A. P. Kharisma, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Online Therapy untuk Mengatasi Depresi bagi Remaja menggunakan Metode Human-Centered Design,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 7, pp. 3161–3171, 2022.
D. I. A. I. S. Dr. Arif Rachman, Dr. E. Yochanan, METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. 2024.
F. Fiolincia and R. Trisno, “Rancangan Dengan Metode Healing, Metafor, Dan Biophilic Pada Wadah Penyembuhan Kesehatan Mental,” J. Sains, Teknol. Urban, Perancangan, Arsit., vol. 3, no. 1, p. 273, 2021, doi: 10.24912/stupa.v3i1.10763.
Rifqi Atsani and Galih Tyas Anjari, “Telemedicine Sebagai Platform Konsultasi Kesehatan Mental di Era Industri 4.0,” Assert. Islam. Couns. J., vol. 2, no. 1, pp. 13–22, Apr. 2023, doi: 10.24090/j.assertive.v2i01.8041.
S. Samsudin, “Optimalisasi Penerimaan Remunerasi Dosen Menggunakan Metode Rule Base Reasoning,” Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 6, no. 3, p. 224, 2019, doi: 10.20527/klik.v6i3.185.
A. M. Harahap and A. Ikhwan, “Implementation of Information Technology Governance in Man 1 Medan Using the Cobit 5 Framework,” Sinkron, vol. 8, no. 1, pp. 241–246, 2023, doi: 10.33395/sinkron.v8i1.11936.
Copyright (c) 2025 M.A. Annisa Rahmadani, Samsudin, Aninda Muliani Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.