ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PESANTREN SMART DIGITAL (PSD) MENGGUNAKAN MODEL TASK TECHNOLOGY FIT

  • Uli Aertha Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
  • Diema Hernyka Satyareni Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
  • Ahmad Farhan Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
Keywords: Model Task Technology Fit, Aplikasi Pesantren Smart Digital, Kepuasan Pengguna

Abstract

Penelitian ini menganalisis kepuasan pengguna pada sistem pembayaran digital Pesantren Smart Digital (PSD) di Yayasan Al Chodidjah menggunakan metode Task Technology Fit (TTF). Aplikasi PSD dirancang untuk mendukung operasional pesantren, khususnya dalam pengelolaan pembayaran SPP, dengan tujuan meningkatkan efisiensi administrasi dan mempermuda wali santri serta pengelola dalam proses pembayaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana sistem ini memenuhi kebutuhan pengguna melalui pendekatan kuantitatif yang mencakup empat variabel utama meliputi task characteristic, technology characteristic, task technology fit, dan user satisfaction. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dari 41 responden. Responden pada penelitian ini terdiri dari wali santri dan penanggung jawab pembayaran SPP. Data yang telah dikumpulkan dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, serta analisis regresi berganda untuk melihat pengaruh antar variabel dengan menggunakan software SPSS. Hasil analisis regresi disimpulkan bahwa task characteristic memiliki pengaruh terhadap task technology fit, technology characteristic memiliki pengaruh terhadap task technology fit, dan task technology fit memiliki pengaruh terhadap user satisfaction. Tingkat kepuasan pengguna secara keseluruhan didapatkan sebesar 80,5% yang termasuk dalam kategori Puas. Temuan ini mengindikasi bahwa aplikasi pesantren smart digital telah memenuhi kebutuhan pengguna dengan baik.

References

M. A. Susilo, “Inovasi pengelolaan pembiayaan di pondok pesantren Muhammad Al Fatih: Pendekatan keuangan berbasis teknologi aplikasi Akun.Biz,” Indo-MathEdu Intellectuals J., vol. 4, no. 2, hal. 1076–1089, 2023.

I. Y. Alyoussef, “Acceptance of e-learning in higher education: The role of task-technology fit with the information systems success model,” Heliyon, vol. 9, no. 3, hal. e13751, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e13751

L. P. Wanti, H. F. M. Insan, dan N. W. A. Prasetya, “End User Satisfaction for location health service application with analysis of Task Technology Fit,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 11, no. 2, hal. 76, 2020.

I. Laeni, Nurfaizah, dan A. D. Pritama, “Metode Task Technology Fit Pada Penilian Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan,” J. Inform. Komputer, Bisnis dan Manaj., vol. 22, no. 1, hal. 31–39, 2024.

V. Deswanto, “Satisfaction of Using Mobile Banking in Islamic Banks: TTF and Information Quality Perspective,” J. Econ. Business, Soc. Sci., vol. 3, no. 1, hal. 26–30, 2020.

Y. Shintya dan R. Darmadi, “Analysis Of Satisfaction And Usefulness of Learning Management System ( LMS ) Using EUCS And TTF Methods,” Melek IT Inf. Technol. J., vol. 9, no. 2, hal. 113–122, 2023.

L. Wan, S. Xie, dan A. Shu, “Toward an understanding of University students’ continued intention to use MOOCs: When UTAUT model meets TTF model,” J. Sagepub, vol. 10, no. 3, hal. 2–15, 2020.

R. A. Putri, R. A. Putra, dan M. L. Dalafranka, “Analisis Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Akademik STIQ Al-Lathifiyyah Menggunakan Task Technology Fit,” J. Comput. Inf. Syst. Ampera, vol. 3, no. 2, hal. 111–132, 2022.

A. Adil, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori dan Praktik. Get Press Indonesia.

M. T. A. Rahimallah, A. N. Saputra, R. I. Khaldun, A. Amiruddin, dan A. N. F. Utami, Dasar-Dasar Statistik Sosial. in Edisi 1. CV. Literasi Indonesia, 2022.

A. Wijaya, J. Sistem Informasi, F. Sains, dan U. Katolik Musi Charitas JlBangau No, “Evaluasi sistem informasi Point Of Sales (POS) dengan menggunakan model Task Technology Fit (TTF),” Pros. Semin. Nas. Sains dan Teknol., vol. 13, no. 2021, hal. 233–239, 2022.

E. Hartati, R. Indriyani, dan I. Trianingsih, “Analisis Kepuasan Pengguna Website SMK Negeri 2 Palembang Menggunakan Regresi Linear Berganda,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komputer., vol. 20, no. 1, hal. 47–58, 2020, doi: 10.30812/matrik.v20i1.736.

Published
2025-04-01
How to Cite
Aertha, U., Satyareni, D., & Farhan, A. (2025). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PESANTREN SMART DIGITAL (PSD) MENGGUNAKAN MODEL TASK TECHNOLOGY FIT. Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI), 6(1), 112-121. https://doi.org/10.55122/junsibi.v6i1.1589