PERANCANGAN APLIKASI PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT PADA DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KOTA DEPOK BERBASIS WEBSITE
Abstract
Perancangan aplikasi pelayanan pengaduan masyarakat berbasis website bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pengaduan masyarakat di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok. Proses pengaduan yang sebelumnya dilakukan secara manual sering kali memakan waktu, tidak terstruktur, dan berisiko kehilangan data. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat dengan mudah mengajukan pengaduan, melampirkan bukti pendukung, serta memantau status laporan secara transparan. Sistem ini dirancang menggunakan metode Waterfall dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Dengan implementasi aplikasi ini, diharapkan pelayanan pengaduan menjadi lebih responsif, akurat, dan mendukung tata kelola pemerintahan yang lebih baik. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan untuk melakukan analisis data pengaduan secara real-time, yang dapat menjadi dasar untuk perbaikan berkelanjutan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.
References
D. Febri Kuncoro, U. Juniarti, J. Syahputra, R. Bagus, B. Sumantri, and R. Suryani, “Rancang Bangun Sistem Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Dengan Metode Waterfall,” 2022. [Online]. Available: www.journal.peradaban.ac.id
A. Ikhwan and D. A. P. Lubis, “Perancangan Sistem Informasi Laporan Pengaduan Masyarakat Berbasis WEB pada Dinas ESDM SUMUT,” Hello World Jurnal Ilmu Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 1–13, Jan. 2023, doi: 10.56211/helloworld.v2i1.193.
S. Hertio Bagus Saputro and D. Ayu Gusriyanti, “Jurnal Informatika Dan Rekayasa Komputer (JAKAKOM) Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Lincah Variasi Store,” vol. 4, no. 1, 2024, doi: 10.33998/jakakom.v4i1.
M. Adlan Al Hawari Nasution and E. Suryana, “RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID,” 2023.
D. Suci, Y. Trimarsiah, and J. Informatika JurnalInformatika dan Komputer, “SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN MADRASAH ALIYAH AL-AZHAR CENTER BATURAJA MENGGUNAKAN EMBARCADERO XE2 BERBASIS CLIENT SERVER,” 2021.
F. Angellia, W. Cahya, R. Ramadhan, and I. Hariyansah, “Sosialisasi Penggunaan Virtual Meeting Untuk Mendukung Kegiatan Bisnis UMKM di Masa Pandemic Covid 19,” J. Pengabdi. Teratai, vol. 1, no. 2, pp. 206–213, 2020, doi: 10.55122/teratai.v1i2.153.
F. Angellia, I. Setyawan, J. R. Gultom, and R. Laksono, “Analisis Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pelayanan Publik Desa Tamansari Bogor,” REMIK Ris. Dan E-Jurnal Manaj. Inform. Komput., vol. 7, no. 3, pp. 1265-1275., 2023
N. Purwandari, F. Angelia, W. Cahya, and H. Rifiyanti, “Pelatihan Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Bagi Guru-Guru SDIT Al-Kautsar Cikarang,” Indones. Berdaya, vol. 3, no. 4, pp. 961–968, 2022, doi: 10.47679/ib.2022329.
Copyright (c) 2025 Eggy Rizqi Naufal, RR Aryanti Kristantini, Astried Silvanie, Dwi Sidik Permana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.