PERANCANGAN CHATBOT ASSISTANT BERBASIS AI PADA WEBSITE NAWNG INDONESIA

  • Ananda Putra Nugraha Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Nuraini Purwandari Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Syamsu Hidayat Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
  • Devi Puspita Sari Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Chatbot Assistance, Creative Agency, Kepuasan Pelanggan, Lean Ux, Pengalaman Pengguna

Abstract

Nawng Indonesia adalah bisnis penyedia jasa Creative Agency yang berbasis di Jakarta Selatan. Nawng berdiri pada Februari 2024 dan menyediakan jasa kreatif marketing seperti social media marketing, content marketing, dan photo/video product. Permasalahan yang terjadi pada program magang adalah kurangnya layanan interaktif yang dapat memberikan bantuan secara cepat kepada pelanggan. Hal ini menyulitkan pelanggan dalam mendapatkan informasi atau solusi atas pertanyaan mereka secara langsung, sehingga mengurangi efisiensi dan kepuasan pelanggan dalam menggunakan layanan perusahaan. Metode yang digunakan dalam pengembangan chatbot assistance ini adalah menggunakan metode Lean UX. Tujuan dibuatnya fitur chatbot assistance pada website perusahaan adalah memberikan inovasi dengan memanfaatkan teknologi IT untuk meningkatkan interaksi dan pelayanan pelanggan secara real-time. Fitur ini dirancang untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan informasi, menjawab pertanyaan, serta menyelesaikan masalah dengan cepat dan efisien, sehingga dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan mendukung kepuasan pelanggan.

References

J. Gothelf and J. Seiden, Lean UX: Designing Great Products with Agile Teams., 3rd ed. O’Reilly Media, Inc, 2021.

R. Prawijaya, “PENGEMBANGAN CHATBOT PADA INFORMASI LAYANAN BERITA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK REACT,” Sep. 2024.

F. Aqillah, N. Purwandari, and H. Jihadi, “MEMBANGUN APLIKASI CHATBOT BERBASIS WEBSITE PADA BPJS KETENAGAKERJAAN KANTOR PUSAT GRHA BPJAMSOSTEK JAKARTA SELATAN,” vol. 5, no. 2, pp. 214–229, 2024, doi: 10.55122/junsibi.v5i2.1483.

F. E. Putra, L. Jama, V. Handrianus Pranatawijaya, N. Noor, and K. Sari, “PENGEMBANGAN CHATBOT BERBASIS GEMINI API PADA WEBSITE E-COMMERCE,” 2024.

S. Aprilia, R. Agustin, V. H. Pranatawijaya, and N. N. K. Sari, “PENERAPAN API GEMINI DALAM LAYANAN PEMINJAMAN NOVEL ONLINE PADA WEBSITE COZYBOOK,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4508.

R. Unger and C. Chandler, “A Project Guide to UX Design: For User Experience Designers in the Field or in the Making.,” New Riders Publishing, 2012.

G. Booch, J. Rumbaugh, and I. Jacobson, The Unified Modeling Language User Guide. Addison-Wesley, 2005.

S. Alhir, UML 2 and the Unified Process: Practical Object-Oriented Analysis and Design. Addison-Wesley., 2005.

S. W. Ambler, “The Object Primer: Agile Model-Driven Development with UML 2.,” Cambridge University Press., 2005.

D. Rosenberg and M. Stephens, Use case driven object modeling with UML: Theory and Practice. Apress, 2007. doi: 10.1007/978-1-4302-0369-8_1.

FlowiseAI, “Flowise: Drag & drop UI to build your customized LLM flow,” 2024.

M. Sobron et al., IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA SYSTEM MANUFAKTUR TERPADU.

Y. Wang and Y. Zhao, “Gemini in Reasoning: Unveiling Commonsense in Multimodal Large Language Models,” Dec. 2023, [Online]. Available: http://arxiv.org/abs/2312.17661

S. Dewi, S. P. Adithama, and A. T. Suhardi, “Pengujian Aplikasi Doctor to Doctor Menggunakan Metode Black Box Testing,” 2023.

Published
2025-04-01
How to Cite
Nugraha, A., Purwandari, N., Hidayat, S., & Sari, D. (2025). PERANCANGAN CHATBOT ASSISTANT BERBASIS AI PADA WEBSITE NAWNG INDONESIA. Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI), 6(1), 173-185. https://doi.org/10.55122/junsibi.v6i1.1758