Analisis Belajar Daring Pada Pandemi Covid-19 Di Jurusan Sistem Informasi Institut Bisnis Dan Informatika Kosgoro 1957

  • Dade Maulana Machdum Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Erdiek Ardhianto Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Pembelajaran, Daring, Pandemi Covid-19, Online

Abstract

Dampak pandemik Covid-19 tentunya banyak mendatangkan pengaruh antara lain adalah pengarus terhadap psikologis dan perubahan perilaku manusia. Hal tersebut juga memiliki dampak dan pengaruh kepada sistem pendidikan Indonesia. Dari sisi pengajar dan sisi peserta didik akhirnya mulai terbiasa dengan interaksi pembelajaran jarak jauh yang disebut dengan belajar daring. Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957 menerapkan kebijakan WFH (Work From Home) untuk dosen/karyawan, dan belajar dari rumah untuk mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktifitas belajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di Jurusan Sistem Informasi IBI Kosgoro 1957 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan informan terdiri dari dosen dan mahasiswa di Jurusan Sistem Informasi. Pada literasi penelitian yang ada didapat informasi bahwa kegiatan belajar mengajar yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19 menggunakan model daring (online) dengan beberapa aplikasi nataralain adalah : aplikasi zoom, aplikasi whatsapp group, aplikasi google classroom, aplikasi google meet, dan youtube. Pembelajaran daring tersebut dapat dijalankan dengan baik oleh segenap insan pendidikan di Indonesia, meskipun masih banyak kekurangan diberbagai hal yang menyebabkan proses pembelajaran terkadang menjadi kurang ideal. Hasil pembelajaran ini pun masih dapat terukur dalam bentuk nilai angka maupun grade dalam kategori tidak baik, cukup, baik dan sangat baik. Masih sangat banyak kekurangan dan kendala utamanya kendala teknis yang dihadapi selama pembelajaran daring antara lain : terbatasnya ketersediaan jumlah kuota internet, kualitas jaringan internet yang kurang atau tidak stabil, dan alat penunjang daring yang kurang mumpuni. Pembelajaran daring dinilai efektif jika pembelajaran ini bersifat variatif dan inovatif sehingga tidak mengurangi nilai kualitas penyampaian dan materi yang diterima, serta persepsi pembelajaran tersebut.

Published
2020-12-28
How to Cite
Machdum, D., & Ardhianto, E. (2020). Analisis Belajar Daring Pada Pandemi Covid-19 Di Jurusan Sistem Informasi Institut Bisnis Dan Informatika Kosgoro 1957. Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI), 1(2), 96-103. https://doi.org/10.55122/junsibi.v1i2.177