PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE PEMASARAN HASIL PERTANIAN BERBASIS WEBSITE

  • Harfebi Fryonanda Politeknik Negeri Padang
Keywords: Digitalisasi, Pertanian, Produk Pertanian, Pemasaran, Website

Abstract

Potensi digitalisasi di sektor pertanian di Indonesia, terutama dalam pemasaran produk pertanian. Dengan semakin mudahnya akses internet dan kebiasaan masyarakat dalam berbelanja online, membuat sebuah website merupakan salah satu tempat untuk membeli dan menjual produk pertanian. Website dipilih karena biaya pembuatannya relatif lebih murah dibandingkan dengan aplikasi dan lebih mudah dalam pembuatan dan perawatan. Metode yang digunakan untuk membuat website OTANI adalah waterfall. Metode ini memiliki keuntungan dari model kerja yang linear, sehingga meminimalkan kesalahan. Selain itu, pekerjaan diatur secara terstruktur dan arahnya jelas, membuat metode ini juga menjadi pilihan yang sesuai dalam pengembangan perangkat lunak. Hasil dari penelitian ini menghasilkan sistem website e-commerce yang dapat memudahkan petani dalam menjual produk pertanian, serta masyarakat dalam mencari produk pertanian segar langsung dari petani lokal.

References

E. Nurjati, “PERAN DAN TANTANGAN E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA AKSELERASI MANAJEMEN RANTAI NILAI PRODUK PERTANIAN,” Forum Penelit. Agro Ekon., vol. 39, no. 2, pp. 105–115, 2021.

A. Padapi, A. Mursalat, I. Haryono, and N. Fitriyah, “Pengaruh E-Commerce Terhadap Fluktuasi Harga Dan Peningkatan Pendapatan Petani Cabai Rawit,” J. AGRISEP Kaji. Masal. Sos. Ekon. Pertan. dan Agribisnis, vol. 20, no. 01, pp. 129–140, 2021, doi: 10.31186/jagrisep.20.01.129-140.

H. Madesko, “Sistem Informasi E – Commerce Pemasaran Hasil Pertanian Desa Pulau Panjang Hilir Inuman,” J. Perencanaan, Sains, Teknol. dan Komput., vol. 2, no. 1, pp. 76–82, 2019.

I. G. S. Astawa, N. A. S. ER, and L. P. I. Harini, “Penerapan e-Commerce Berbasis Desa Adat Di Desa Baler Bale Agung Kabupaten Negara Bali,” J. WIDYA LAKSMI …, vol. 1, no. 1, pp. 42–48, 2021, [Online]. Available: http://jurnalwidyalaksmi.com/index.php/jwl/article/view/8.

M. A. Junaidi and E. P. Maghdafanti, “Dampak Pola Kemitraan Melalui E-Commerce Pertanian,” Manaj. Agribisnis, vol. 20, no. 2, pp. 88–92, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/1118.

S. Putra et al., “Pengelolaan Pemasaran Online Produk Pertanian Desa Pelaga,” J. Ilm. Pop., vol. 3, no. 1, pp. 81–86, 2020.

R. P. Fhonna and N. Humaira, “Aplikasi Marketplace Pertanian Dan Peternakan ( Maritani ) Berbasis Android,” J. Teknovasi, vol. 08, no. 1, pp. 46–56, 2021.

N. P. Herlambang, S. C. Wijaya, Y. H. Kristanto, R. Duanda, and E. R. Wolowutung, “Pelatihan Pemasaran Hasil Tani Secara Digital Melalui Aplikasi E-Commerce Dan Pembuatan Alat Penampung Air Hujan Sederhana di Desa Semanu,” J. Atma Inovasia, vol. 1, no. 1, pp. 26–32, 2020.

A. Syaifulloh and M. Novita, “Rancangan Pembuatan E-Marketplace Untuk Penjualan Produk Lokal Pertanian Desa Growong Berbasis Website,” Sci. Eng. Natl. Semin. 5 (SENS 5), vol. 5, no. Sens 5, pp. 236–241, 2020.

S. I. Kusumaningrum, “Pemanfaatan Sektor Pertanian Sebagai Penunjang Pertumbuhan Perekonomian Indonesia,” J. Transaksi, vol. 11, no. 1, pp. 80–89, 2019.

A. Suryanto, E. S. Negara, F. Teknik, I. Komputer, and U. B. Darma, “E-Commerce Pada Sektor Pertanian Kota Pagar Alam Berbasis Web Untuk Membangun,” Bina Darma Conf. Comput. Sci., vol. 1, no. 5, pp. 2024–2039, 2019.

A. W. Soejono, A. Setyanto, A. F. Sofyan, and W. Anova, “Evaluasi Usability Website UNRIYO Menggunakan S ystem Usability Scale ( Studi Kasus : Website UNRIYO ),” J. Teknol. Inf., vol. 13, no. 1, pp. 29–37, 2018.

I. Metodologi, K. Dalam, P. Aplikasi, C. Pertanian, D. Pendekatan, and Z. Framework, “Implementasi Metodologi Kanban Dalam Pembuatan Aplikasi E-,” Dewantoro, D., Kartiko, C. Romadhon, F., vol. 3, no. 28, 2020.

K. Firmansyah, K. Fadhli, I. A. Noviandy, and S. Rini, “Pengenalan Media Sosial dan E-Commerce sebagai Media Pemasaran serta Pengemasan Frozen Food,” Jumat Ekon. J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 43–48, 2020.

M. Desa, B. Bagi, and P. Desa, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI E-COMMERCE SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PRODUK PERTANIAN DESA PAMEKARAN UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG,” Konf. Nas. Penelit. dan Pengabdi., vol. 1, no. 2, pp. 787–797, 2021.

Y. K. Putra, S. Astuti, and T. S. Munanto, “Strategi Petani Dalam Pemasaran Salak Dengan E-Commerce (Perdagangan Berbasis Elektronik),” Ilmu-ilmu Pertan., vol. 26, no. 1, pp. 81–91, 2017.

D. S. Umbara and M. Hikmatyar, “Pengembangan Pemasaran Kopi Galunggung Menggunakan Sistem E-Commerce,” Mimb. Agribisnis J. Pemikir. Masy. Ilm. Berwawasan Agribisnis, vol. 6, no. 1, p. 178, 2020, doi: 10.25157/ma.v6i1.2956.

M. Susilo, “Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 2, pp. 98–105, 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v2i2.171.

F. Firdaus and L. Bachtiar, “Pengembangan Teknologi E-Marketplace Untuk Hasil Pertanian, Perkebunan Dan Perikanan Kecamatan Seranau,” J. Inf. Sist. Res., vol. 2, no. 1, pp. 109–115, 2020.

C. Yustitya Gobel and N. Adam, “E-Commerce Pemasaran Hasil Panen Komoditas Pertanian Menerapkan User Centered Design,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 4, pp. 1519–1527, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i4.3125.

I. Krisnadi, “PERANCANGAN E-COMMERCE PRODUK PERTANIAN BERBASIS WEB ONLINE DENGAN METODE,” 2017.

N. Farliana and M. Feriady, “Pelatihan Pemasaran Hasil Pertanian dan Perkebunan Lembaga Permasyarakatan Terbuka Kendal Melalui E-Commerce Berbasis Web Content Management System,” Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 12, no. 1, pp. 81–89, 2021.

Published
2023-04-03