KUALITAS INFORMASI DAN KREDIBILITAS AKUN INSTAGRAM @ABOUTTNG TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS

  • Zahra Zhafirah Universitas Gunadarma
  • Nuriyati Samatan Universitas Nasional
  • Mulharnetti Syas Universitas Paramadina
  • Alamsyah Alamsyah Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957
Keywords: Kualitas Informasi, Kredibilitas Akun, Instagram, @abouttng, Pemenuhan Kebutuhan Informasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana kualitas dan kredibilitas akun Instagram @abouttng berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan informasi para pengikutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma positivisme. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode non-probability sampling, khususnya purposive sampling, yang menargetkan pengikut akun @abouttng selama periode penelitian Maret–Agustus 2023, dengan total 1 juta pengikut. Penentuan ukuran sampel dilakukan menggunakan Rumus Slovin dengan tingkat kesalahan sebesar 5%, sehingga diperoleh 400 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi yang disajikan oleh akun Instagram @abouttng berpengaruh signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pengikutnya. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji T yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,004, sehingga Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan adanya pengaruh signifikan kredibilitas akun Instagram @abouttng terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pengikutnya, yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 dalam uji T, sehingga Ho2 ditolak dan Ha2 diterima. Uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa kualitas informasi dan kredibilitas akun Instagram @abouttng secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 23,4% terhadap pemenuhan kebutuhan informasi para pengikutnya.

References

Aini, N., & Nanda, S. E. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi Dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pada Youtube Channel “Gadgetin” Terhadap Keputusan Pembelian Gadget. Scriptura, 9(2), 43–50. https://doi.org/10.9744/scriptura.9.2.43-50

Binus (2023). Sejarah Perkembangan Infrastruktur Teknologi Informasi, diakses pada: 16 Februari 2024, melalui: https://sis.binus.ac.id/2023/06/19/sejarah-perkembangan-infrastruktur-teknologi-informasi/

Boyd, Danah. (2015). Social Media: A Phenomenon to be Analyzed, Social Media + Society, Volume 1, Issue 1, DOI: https://doi.org/10.1177/2056305115580148

Creswell, J.W & Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, Fifth Edition, Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc.

Fadhlan, M. H. & Putri, K.Y.S. (2021). Pengaruh Gaya Komunikasi Akun Instagram Folkative Terhadap Online Engagement (Studi Kasus Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019). Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 1–7.

Faisal, D., Surahman, S., & Mardiana, S. (2021). Pengaruh Akun Instagram @Beritacilegon Terhadap Kebutuhan Informasi Pengikut (Followers ). Podcast: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 1–10.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program Ibm Spss (7 ed). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program Ibm Spss 25 (9 ed). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Helen & Rusdi, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Prologia, 2(2), 355–362. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3712

Hootsuite. (2023). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023, diakses pada 18 Juni 2023, melalui: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Morissan. (2014). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.

Mukhtar, S., Putri, K. Y. S., Putri, M. L., Sary, M. P., Sutjipto, V. W., Istiyanto, B., & Azzahra, A. A. (2020). Digital Social Media: Creative Economy Quarantine during the Coronavirus Pandemic, 2020. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Www.Ijicc.Net, 13(7), 416–430. www.ijicc.net

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Nurfadillah, M., & Ardiansah. (2021). Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Sebelum Dan Saat Pandemi Covid-19. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 21–39. https://doi.org/10.14421/fhrs.2021.162.21-39

Romdloni, A. R., & Widyaningrum, D. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Layanan Distribusi Menggunakan Metode Pdsq Pada Ud. Zahra Barokah. Journal of Industrial Engineering and Operation Management (JIEOM), 5(1), 15–26. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jieom/article/view/7132

Sahar, A. (2014). Fenomena New Media GAG. UI.ac.id. https://docplayer.info/68043522-Fenomena-new- media-arshano-sahar-fib-ui-2014.html

Samatan, N. (2017). Riset Komunikasi I. Jakarta: Penerbit Gunadarma.

Samatan, N. (2018) Riset Komunikasi 2. Jakarta: Penerbit Gunadarma.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group.

Stekom. (2020). Media baru, diakses pada 16 Februari 2024, melalui: https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Media_baru

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Waspodo, A. A., & Minadaniati, L. (2012). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Iklim Organisasi Terhadap Organizational Citizenshi Behavior (Ocb) Karyawan Pada Pt. Trubus Swadaya Depok. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 3(1), 1–16 https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/768/677

https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia diakses tanggal 27 Maret 2023

https://www.instagram.com/abouttng diakses tanggal 27 Maret 2023

https://www.instagram.com/infotangerangkota diakses tanggal 27 Maret 2023

https://www.instagram.com/infotangerang.id diakses tanggal 27 Maret 2023

https://www.instagram.com/infotangerang._ diakses tanggal 27 Maret 2023

https://www.abouttng.com/syukuran-ulang-tahun-abouttng-ke-1/ diakses tanggal 27 Maret 2023

http://abouttng.com/wawancara-ekslusif-bersama-erwin-setiawan-founder-abouttng/ diakses tanggal 27 Maret 2023

Published
2025-04-29
How to Cite
Zhafirah, Z., Samatan, N., Syas, M., & Alamsyah, A. (2025). KUALITAS INFORMASI DAN KREDIBILITAS AKUN INSTAGRAM @ABOUTTNG TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS. KOMUNIKATA57, 6(1), 18-30. https://doi.org/10.55122/kom57.v6i1.1264
Section
Articles