TINGKAT PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN OLEH PENDENGAR RADIO KOMUNITAS DAPUR REMAJA KOTA DEPOK
Abstract
Komunitas radio menggunakan beberapa strategi untuk meyakinkan pendengarnya, seperti menyediakan program yang menarik, layanan berkualitas, dan fasilitas pendukung. Memahami kualitas layanan dalam konteks radio komunitas membutuhkan mempertimbangkan fungsi khusus yang dimainkan dalam mempromosikan rasa komunitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendengar Radio Komunitas Dapur Remaja di Kota Depok menyadari kualitas layanannya. Metode penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif untuk menggambarkan demografi serta tingkat persepsi kualitas pelayanan. Sampel dalam penelitian adalah pendengar Radio Komunitas Dapur Remaja yang tinggal di Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria berusia antara 35 dan 44 tahun berpendidikan SMA dan S1 bekerja sebagai karyawan swasta. Pendengar RKDR cenderung baru yang mendapatkan rekomendasi penggunaan layanan berasal dari teman. Tingkat persepsi kualitas pelayanan oleh pendengar berada dalam kategori baik untuk semua dimensi yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy.
References
Alkomari. (2021). Strategi pengelolaan media online lokal di Kota Semarang. Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 149–160. https://doi.org/10.35760/mkm.2021.v5i2.3781
Ancok, J. (2012). Validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Dalam S. Effendi & Tukiran (Eds.), Metodologi penelitian survei (hlm. 45–60). LP3ES.
Bharmawan, A. S., & Hanif, N. (2022). Manajemen pemasaran jasa: Strategi, mengukur kepuasan dan loyalitas pelanggan. Scopindo Media Pustaka.
Dahlan. (2023). Kualitas pelayanan: Manajemen SDM dan budaya organisasi. NEM.
Fadli, M., Augustin, J., & Zahara, F. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan melalui citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru. Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1), 76–88. https://doi.org/10.14710/jab.v12i1.46288
Firmansyah, A. (2023). Manajemen pemasaran. UM Publishing.
Gultom, A. D. (2015). Kajian implementasi radio siaran digital di Indonesia. Buletin Pos dan Telekomunikasi, 13(2), 1–15.
Harliantara, Panuju, R., Djuraid, D. A., & Prawiradiredja, S. (2023). Digitalisasi radio: Tantangan dan peluang. CV. Jakad Publishing.
Idrus, S. Al. (2019). Kualitas pelayanan dan keputusan pembelian. Media Nusa Creative.
Indahingwati, A. (2014). Kepuasan konsumen pada kualitas layanan SIM keliling. CV. Jakad Publishing.
Jati, R. P. (2024). Memberdayakan komunitas: Komunikasi kooperatif dalam platform media komunitas. Communication, 4(2), 112–125.
Khan, M. A. A., Khan, M. M. R., Hassan, M., Ahmed, F., & Haque, S. M. R. (2017). Role of community radio for community development in Bangladesh. The International Technology Management Review, 6(3), 94–105. https://doi.org/10.2991/itmr.2017.6.3.3
Kitapci, O., Akdogan, C., & Dortyol, I. T. (2014). The impact of service quality dimensions on patient satisfaction, repurchase intentions and word-of-mouth communication in the public healthcare industry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 148, 161–169. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.030
Kustiawan, W., Novita, D. D., Nazwa, W. S., Fadli, M., Habib, F., Ginting, D. R., & Ramadhani, Z. (2023). Peraturan radio komersial dan nonkomersial. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 45–60.
Nardi, P. M. (2018). Doing survey research: A guide to quantitative methods (4th ed.). Routledge.
Okon, U. (2015). ICT for rural community development: Implementing the communicative ecology framework in the Niger Delta Region of Nigeria. Information Technology for Development, 21(2), 297–321. https://doi.org/10.1080/02681102.2015.1007819
Pertiwi, D. (2021). Pemasaran jasa pariwisata. Deepublish.
Pramana, I. G. Y., & Rastini, N. M. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan nasabah dan loyalitas nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(1), 1–20. https://media.neliti.com/media/publications/250738-pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kep-6f9c928f.pdf
Rachbini, W., Anggraeni, D., & Wulanjani, H. (2021). The influence of electronic service quality and electronic word of mouth (eWOM) toward repurchase intention (Study on e-commerce in Indonesia). Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(1), 42–58. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2021-3701-03
Rita, P., Oliveira, T., & Farisa, A. (2019). The impact of e-service quality and customer satisfaction on customer behavior in online shopping. Heliyon, 5(10), e02690. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02690
Sadiyah, H. (2024). Strategi radio komunitas lintas merapi mendapatkan partisipasi masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematik, 1(3), 15–30.
Siregar, S. (2013). Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif: Dilengkapi dengan perhitungan manual dan aplikasi SPSS versi 17. Bumi Aksara.
Sugeng, B. (2020). Fundamental metodologi penelitian kuantitatif (eksplanatif). Deepublish.
Susanti, C. E., Srimulyani, V. A., Hermanto, Y. B., & Waloyo, L. A. S. (2023). Building public satisfaction with marketing communication strategy and service quality. Jurnal Manajemen Komunikasi, 7(2), 136–156. https://doi.org/10.24198/jmk.v7i2.40431
Swarjana, I. K. (2022). Populasi-sampel: Teknik sampling & bias dalam penelitian. Andi Offset.
Copyright (c) 2025 Diana Anggraeni, Rosmalia Ahmad, Ahmad Badari Burhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.