PENGARUH TERPAAN FILM NGERI-NGERI SEDAP TERHADAP SIKAP KETERBUKAAN GENERASI Z DENGAN ORANG TUA DI KABUPATEN BOGOR
Abstract
Film merupakan bagian dari media komunikasi massa yang sering kali digunakan sebagai media yang menggambarkan kehidupan sosial dalam masyarakat. Film dapat menjadi sarana komunikasi yang efektif, pesan dalam film dapat mendorong perubahan positif. Hal ini menunjukkan bahwa film dapat memengaruhi seseorang melalui terpaan. Tujuan penelitian ini menganalisis perubahan sikap keterbukaan dengan orang tua di Kabupaten Bogor. Peneliti memanfaatkan desain metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan Probility sampling dan Cluster sampling untuk penarikan sampel didasari oleh teori S-O-R. Teknik analisis data digunakan dalam penelitian adalah regresi sederhana, dan asumsi klasik. Populasi dan sampel yang diteliti adalah Generasi Z di Kabupaten Bogor, sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah terpaan film sebagai variabel independen dan perubahan sikap sebagai variabel dependen. Variabel terpaan film memiliki tiga indikator yaitu atensi, durasi, dan frekuensi sedangkan pada variabel perubahan sikap juga memiliki tiga indikator yaitu kognitif, afektif, dan konatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh terpaan film Ngeri-Ngeri Sedap terhadap perubahan sikap keterbukaan Generasi Z di Kabupaten Bogor sebesar 31 persen. film juga dapat mengubah sudut pandang penonton menjadi lebih emosional serta dapat mengubah pola pikir untuk berilaku jujur.
References
Ambarsari, U., Saptarini, A., & Arifin, A. (2023). Pengaruh Digitalisasi Dan Perubahan Perilaku Individu Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Generasi Z Di Pekon Jatiagung Tahun 2022. Jurnal Sistem Ekonomi, 1(1). https://rumahjurnal.lppmumpri.ac.id/index.php/JSE/article/view/32%7Cto_array%3A0
Aziz Safrudin. (2015). Pendidikan Keluarga Konsep dan Strategi. Yogyakarta: GavaMedia.
Bisri Mustofa, M. (2022). Fungsi Komunikasi Massa Dalam Film. AT-TAWASUL, 2(1), 1–8. http://jurnal.iuqibogor.ac.id
Cindy Mutia Annur. (2022, November 23). Daftar Film Indonesia Terlaris Tahun 2022, Mana Favoritmu? Diakses dari https:// https://databoks.katadata.co.id/media/statistik/2070bd336c0b2d1/register-film-indonesia-terlaris-tahun-2022-mana favoritmu
DetikNews. (2020). Survei : Gen Z Paling Sering Nonton Film Indonesia di Bioskop. Diakses dari https://news.detik.com/berita/d 4862189/survei-gen-z-paling-sering-nonton-film-indonesia-di bioskop.
Harahap, S., Br. Ginting, R., Rasyidin, M., & Sahputra, D. (2021). Komunikator dan Komunikan dalam Pengembangan Organisasi. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 3(1), 106-114. doi:https://doi.org/10.31289/tabularasa.v3i1.629.
Nurudin. (2017). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
[PIAK] Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data. (2021). Distribusi Penduduk Indonesia Per Juni 2021. Jakarta: Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data.
Shaleha, P. U., Sumantri, P., Hutauruk, A. F., Chandra, S., & Saragih, R. G. A. (2023). Analisis Proses Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah dengan Pemanfaatan Media Film Sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMANegeri 11 Medan. Education & Learning, 3(2), 13–19. https://doi.org/10.57251/el.v3i2.1034
Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sumartias, S., & Rahmat, A. (2013). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Konflik Sosial. Jurnal Penelitian Komunikasi, 16(1).
Triningtyas, D. (2016). Komunikasi antar pribadi. CV. AE MEDIA GRAFIKA.
Widuhung, S. (2022). Efek Komunikasi Webseries Layangan Putus Terhadap Persepsi Istri Mengenai Kesetiaan Suami. KOMUNIKATA57, 3(2), 91–99. https://doi.org/10.55122/kom57.v3i2.522
Widuhung, S. (2023). Komunikasi Interpersonal Suami Istri Mengenai Perselingkuhan Pasca Menyaksikan Webseries Layangan Putus. KOMUNIKATA57, 4(2), 56–67. https://doi.org/10.55122/kom57.v4i2.949
Copyright (c) 2025 Ahmad Ghariza Indra Nugroho, Dipo Krishyudi Ono, David Rizar Nugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.