SOCIAL MEDIA OPTIMIZATION PADA INSTAGRAM @PEMKABBEKASI DALAM MENINGKATKAN PUBLIC ENGAGEMENT

  • Naufal Aldian Utomo Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
  • Rialdo Rezeky Manogari Lumban Toruan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
  • Radja Erland Hamzah Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Keywords: Optimasi Media Sosial, Instagram, Engagement, @pemkabbekasi

Abstract

Instagram merupakan platform media sosial yang mampu mencapai keterlibatan maksimal. Akun Instagram resmi Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Bagian Prokopim dalam menyediakan layanan informasi untuk pemimpin daerah bernama @pemkabbekasi, dibentuk pada Maret 2017. Prokopim menerapkan strategi Social Media Optimization (SMO) untuk menjangkau pengguna Instagram. Penelitian ini bertujuan mengetahui alasan penggunaan Instagram dalam meningkatkan keterlibatan publik serta strategi SMO yang direncanakan dan diimplementasikan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus, melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Objek penelitian adalah peningkatan engagement di Instagram @pemkabbekasi. Validitas data diperiksa dengan triangulasi, sedangkan analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMO mampu mempertahankan stabilitas engagement melalui perencanaan strategis dan SDM kompeten. Strategi ini berhasil meningkatkan jumlah pengikut dari 79.000 menjadi 85.000 dalam periode Mei-Oktober 2024.

References

Afina, S. (2021). Manusia Dalam Label Generasi. Artikel DJKN. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/14005/Manusia-Dalam-Label-Generasi.html

Aini, N., Ramandias, J., & Maligan, J. M. (2023). OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL MELALUI PENGEMBANGAN KONTEN, DESAIN VISUAL, DAN ARTIKEL BLOG DALAM MENINGKATKAN BRANDING PRODUK SENSO-FLAVO KOTA MALANG. 475–487.

Anggraeni, R., Solahudin, D., & Ma’arif, A. A. (2024). Pengelolaan Instagram @pemkabbekasi Dalam Penyebaran Informasi Publik. Reputation Jurnal Hubungan Masyarakat, 7(4), 351–372. https://doi.org/10.15575/reputation.v7i4.25724

Bekasi, K. (2024). Badan Pusat Statistik Kabupaten Bekasi Bps-Statistics Bekasi Regency. Bekasi Regency in Figures, 21, 2024.

Desita, nur ismi. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Penggalangan Dana Studi Fenomenologi Pada Media Instagram Berbuat Baik.Id. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 2). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/73873%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/73873/1/NUR ISMI DESITA-FDK.pdf

Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 15(1), 54–61. https://doi.org/10.33557/ji.v15i1.2204

Hafid, H., Meliyana R., S. M., Pratama, M. I., & Hamka, R. A. (2023). Optimalisasi Media Sosial Sanggar Seni Budaya Saorajae Sulawesi Selatan melalui Pemanfaatan Canva sebagai Aplikasi Desain Grafis. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 29–33. https://journal.unm.ac.id/index.php/JHP2M/article/view/134

Iswadi, M. P., Karnati, N., Ahmad Andry, B., & Adab, P. (2023). STUDI KASUS Desain Dan Metode Robert K. Yin (N. Duniawati (ed.); Cetakan Pe). Penerbit Adab CV. Adanu Abimata.

Maharani, V. E., & Djuwita, A. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Dan Informasi Pemerintah Kota Semarang. Jurnal E-Proceeding of Management, 7(2), 4566–4574.

Maryam, M., & Ramli, M. R. (2024). Pengelolaan Media Sosial Instagram@ Mardanialisera Dalam Meningkatkan Komentar Positif Netizen Pada Pemilihan Legislatif Tahun 2024. 5(1), 21–34.

PERMENPANRB. (2012). Pedoman Pemanfaatan Media Sosial Instansi Pemerintah Dengan. Undang-Undang, 1–23.

Putri, C. E. (2022). Implementasi Social Media Optimization (SMO) Bagi Perusahaan Swasta di Jakarta. Jurnal Pustaka Dianmas, 2(2), 42–50. https://doi.org/10.32509/dianmas.v2i2.2498

Putri, D., & Pratiwi, N. M. I. (2024). Optimalisasi Strategi Digital Marketing Graha Office: Meningkatkan Brand Awareness Melalui Social Media Optimization (Smo) Dan Search Engine Optimization (Seo) Di Pt Otak Kanan. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 4(01), 14–21. https://doi.org/10.69957/grjb.v4i01.1500

Rachmayani, A. N. (2015). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF & GROUNDED THEORY (Masbur (ed.)). FTK Ar-Raniry Press.

Rossmann, D., & Young, S. W. H. (2015). Social media optimization: making library content shareable and engaging. Library Hi Tech, 33(4), 526–544. https://doi.org/10.1108/LHT-05-2015-0053

Sudirwo, S., Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 50–57. https://doi.org/10.35130/jrimk.v5i1.178

Sugiyono. (2016). MEMAHAMI PENELITIAN KUALITATIF (Cetakan Keduabelas (ed.)). ALFABETA.

Sugiyono. (2023). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); Edisi Kedu). Alfabeta.

Venus, A., & Munggaran, N. R. D. (2017). Menelusuri Perkembangan Teori Kekayaan Media. Jurnal Ilmu Komunikasi Dialektika, 4(1), 1–11. http://journal.unla.ac.id/index.php/dialektika/article/view/299

Widiastuti, R. N. (2018). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintah (cetakan 1). Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

York, A. (2018). Turned off: How Brands Are Annoying Customers on Social. Sproutsocial. https://sproutsocial.com/insights/data/q3-2016/

Published
2025-04-30
How to Cite
Utomo, N., Toruan, R., & Hamzah, R. (2025). SOCIAL MEDIA OPTIMIZATION PADA INSTAGRAM @PEMKABBEKASI DALAM MENINGKATKAN PUBLIC ENGAGEMENT. KOMUNIKATA57, 6(1), 121-132. https://doi.org/10.55122/kom57.v6i1.1749
Section
Articles