PERANAN KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT CITRA KARSA DINAMIKA
Abstract
Komunikasi persuasif merupakan cara yang digunakan untuk strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan komunikasi persuasif dalam strategi komunikasi pemasaran PT Citra Karsa Dinamika. Teori yang digunakan untuk yaitu Teori Komunikasi Persuasif DeVito yang menyatakan bahwa dalam komunikasi persuasif terdapat 3 alat utama yang digunakan untuk melakukan komunikasi persuasif, yaitu Memperkuat argumen dan bukti, daya tarik psikologi dan daya tarik kredibilitas merupakan alat utama yang digunakan dalam komunikasi persuasif. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, Teknik dalam pengumpulan data penulis melakukan wawancara secara mendalam untuk menjawab pertanyaan dari teori yang digunakan, peneliti juga melakukan observasi baik secara langsung maupun digital. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa komunikasi persuasif terlaksana dengan baik, Peranan komunikasi persuasif sangat berdampak dalam strategi komunikasi pemasaran pada PT Citra Karsa Dinamika. Komunikasi yang dilakukan bukan hanya mempersuasi klien-klien yang sudah ada namun dengan komunikasi yang dilakukan dalam company profile, website serta diskusi mendalam membuat calon konsumen lebih yakin akan jasa dan layanan yang disediakan.
References
Arisetiana, E., Riris, P., Simamora, T., Perwirawati, E., Universitas, & Agung, D. (2023). Peranan komunikasi persuasif dalam strategi marketing Perumahan Harmoni Asri. Jurnal Social Opinion, 8(1).
Clara Sari, A. (2018). Komunikasi dan media. https://www.researchgate.net/publication/329998890
Gisella, H., Prisylia, M. E., & Saffira, V. (2020). Analisis komunikasi persuasif pada akun Instagram Frelynshop dalam meningkatkan brand image. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3, 227–240.
Harto, B., Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., Widyawati, S., & Lp3i Bandung, P. (2023). Transformasi bisnis UMKM Sanfresh melalui digitalisasi bisnis pasca COVID-19. Jurnal IKRATH-Abdimas, 6. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-abdimas/issue/archive
Hasan, K., Utami, A., Eni, S., Izzah, N., & Ramadhana, S. C. (2023). Komunikasi di era digital: Analisis media konvensional vs new media pada kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh angkatan 2021. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan.
Hendri, E. (2019). Komunikasi persuasif: Pendekatan dan strategi. Remaja Rosdakarya.
Imam, F. (2021). Implementasi komunikasi pemasaran terpadu Samsung Indonesia dalam mempromosikan produk telepon cerdas. Komunikata57: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5.
Kartawaria, J., Ruth, A., Claus, N. (2023). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran perusahaan start-up. Komunikata57: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 21–29.
Pujiastuti, Y. L. (n.d.). Komunikasi persuasif dalam menangani keluhan pelanggan di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi. Jurnalika: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.37949/jurnalika
Reza, M., Pratama, S., & Wahyuni, I. I. (2020). Komunikasi persuasif juru parkir sebagai fasilitator dalam penggunaan mesin terminal parkir elektronik (TPE) di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7, 4437–4445.
Samatan, N., Setya, H., & Hana, M. K. (2024). @Frozyland.ids marketing communication in building brand awareness. Komunikata57: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 86–96.
Setya, P. T., Azzahra, N., Ifada, B. M., & Fajarwati, N. K. (2024). Peran komunikasi persuasif dalam media sosial. Saber: Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 2(2), 16–22. https://doi.org/10.59841/saber.v2i2.956
Wijaya, S. (2022). Pengaruh komunikasi persuasif Gerakan Anti Kejahatan Siber WiIwy di TikTok terhadap kesadaran kesehatan mental mahasiswa Universitas Tarumanegara. Skripsi, Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.
Copyright (c) 2025 Wulan Dwi Pratiwi, Selvi Sofiawati, Eveline Adelia Dopo, Fildzah Khairunnisa, Intan Ardita Rahmadhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.