PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM BERORGANISASI TERHADAP KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Keywords: Keaktifan, Kemampuan Komunikasi, Organisasi, Public Speaking, Soft Skill

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap kemampuan public speaking mahasiswa. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tanjungpura (UNTAN) dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Pengambilan sampel menggunakan jenis non-probability dengan teknik accidental sampling, di mana kuesioner dibagikan kepada 170 responden melalui WhatsApp oleh masing-masing ketua Himpunan Mahasiswa. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan berorganisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan public speaking mahasiswa FISIP UNTAN, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan nilai t-hitung 9,515 > t-tabel 1,974. Selain itu, variabel keaktifan berorganisasi memberikan kontribusi sebesar 35% terhadap peningkatan kemampuan public speaking, sedangkan 65% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara keseluruhan, hasil analisis mendukung hipotesis yang diajukan.

Author Biography

Joshua Fernando, Universitas Tanjungpura

Dr. Joshua Fernando, S.I.Kom., M.I.Kom., lahir di Jakarta pada 7 Maret 1996, adalah akademisi dan peneliti di bidang komunikasi pembangunan serta komunikasi media digital. Ia meraih gelar Sarjana (2017) dan Magister (2019) Ilmu Komunikasi dari Universitas Bunda Mulia, kemudian menyelesaikan studi Doktoral (2024) di IPB University pada Program Studi Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan. Saat ini, Joshua aktif sebagai dosen di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Tanjungpura. Selain berkiprah di dunia akademik, ia juga terlibat dalam berbagai penelitian dan telah mempublikasikan karyanya di berbagai platform akademik, seperti SINTA (ID: 6908180), Scopus (ID: 57218271288), ORCiD (https://orcid.org/0000-0002-8669-5004), Web of Science (WoS ID: ABE-5735-2020), dan Google Scholar (http://scholar.google.co.id/citations?user=KDfH6yUAAAAJ&hl=id). Sejak 2011, ia aktif dalam pengabdian masyarakat, khususnya dalam isu perlindungan anak, kesetaraan gender, serta berpartisipasi dalam berbagai kegiatan nasional dan internasional terkait pembangunan berkelanjutan.

References

Agrawal, N. (2024, March). College Internships Matter More Than Ever – But Not Everyone Can Get One. https://hechingerreport.org/internships-matter-more-than-ever-but-not-everyone-can-get-one/

Agustina, R. (2019). Hubungan Keaktifan Mahasiswa dalam Berorganisasi dengan Kemampuan Public Speaking pada Mahasiswa FISIP Universitas Sriwijaya. Universitas Sriwijaya.

Asqia, N., & Wahyuni, S. (2024). Analisis keaktifan berorganisasi terhadap IPK mahasiswa PAUD Institut Agama Islam Negeri Parepare. Jurnal Tawadhu, 6(1), 1–10. https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/twd/article/view/1061

Astin, A. W. (1984). Student Involvement: A Development Theory for Higher Education. University of California Press.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Longmans, Green.

Gray, K. (2024, December). What Are Employers Looking For When Reviewing College Students’ Resumes? https://www.naceweb.org/talent-acquisition/candidate-selection/what-are-employers-looking-for-when-reviewing-college-students-resumes

Januardi, A., Wuysang, J. M., Fernando, J., & Supiyandi, A. (2025). Framing Analysis on The News of Brigadir Putri Cikita in Tribunjatim.com. Journal of Digital Media Communication, 3(2), 57–65. https://doi.org/10.35760/DIMEDCOM.2024.V3I2.13360.G3475

Karlita, G. C., Hidayati, R. K., Sofiawati, S., Fernando, J., & Sandi, F. (2022). Pengaruh Majalah Media Defis Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Komunikata57, 3(1), 10–17. https://doi.org/https://doi.org/10.55122/kom57.v3i1.386

Kuh, G. D. (2008). High-Impact Educational Practices: What They Are, Who Has Access to Them, and Why They Matter. Association of American Colleges & Universities.

Kunaenih, S. M. (2023). Peran organisasi intra kampus HIMMA PAI dalam meningkatkan soft skills mahasiswa PAI Universitas Islam Jakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 45–58. https://www.academia.edu/download/98131843/Bismillah_Jurnal_Suhari_Muharam_update.pdf

Kurniawan, N. C., & Idris. (2023). Students’ Perceptions of Part-Time Jobs and Organizational Activities Academic Performance In Students State University of Malang. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 33(2), 217–234.

Leny, & Tommy, S. P. (2006). Keaktifan Berorganisasi dan Kompetensi Interpersonal. Phronesis: Jurnal Ilmiah Psikologi Industri Dan Organisasi, 8, 77–99.

Madani, M., Patunru, S., & Jam’an, A. (2020). Analisis keaktifan berorganisasi terhadap prestasi akademik mahasiswa program studi Teknologi Laboratorium Medis. Competitiveness. https://www.academia.edu/download/103799466/388599706.pdf

Marta, R. F., Fernando, J., & Kurniawati, L. S. M. W. (2020). Family Roles Communication Review on Public Relations Activity through KPPPA’s Official Websites. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 18(01), 30–42.

Mulyani, S. (2020). Strategi Pengembangan Soft Skills Melalui Keterlibatan Organisasi Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan, 8(2), 35–50.

Nasihah, A., & Ramadhan, P. D. (2024). Pengembangan peran mahasiswa melalui program Kampus Mengajar di SMKN 2 Kayuagung. Jurnal Edukasi Abdimas, 3(1), 14–21. https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/eduabdimas/article/view/3649

Noor, A., Purnama, C., Kunci, K., & Pengambangan, P. (2020). Pengaruh Persepsi Pengembangan Karir dan Dukungan Organisasi terhadap Komitmen Organisasi. Psikoborneo, 8(2), 316–328.

Nugroho, D. (2021). Pengaruh Kegiatan Organisasi Terhadap Peningkatan Soft Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 3(2), 45–60.

Oviyanti, F. (2016). Peran Organisasi Kemahasiswaan Intrakampus dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Mahasiswa. Journal of Islamic Education Management, 2(1), 61–79. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare

Paraiso, L. O. C., & Mallillin, L. L. D. (2025). Influence Of Student Organization Toward Management Decision. European Journal of Education Studies, 12(2), 117–135. https://doi.org/10.46827/ejes.v12i2.5812

Pascarella, E. T., & Terenzini, P. T. (2005). How College Affects Students: A Third Decade of Research. Jossey-Bass.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 Tentang Pendidikan Tinggi (1999).

Prasetyo, A. (2019). Analisis Peran Organisasi Dalam Pengembangan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan, 7(1), 1–15.

Pratama, A. R., Rawati, M., Fajri, F., Oktaviany, K., & Messy. (2024). Dinamika Organisasi Mahasiswa: Pengembangan, Komitmen, dan Transformasi di Zaman Modern. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 4(2), 28–38. https://journal.staidk.ac.id/index.php/manajemenbudaya

Putra, E. V. (2019). Organisasi eksternal kampus sebagai wadah pengembangan soft skill bagi mahasiswa: Studi kasus mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Perspektif, 8(2), 33–41. https://perspektif.ppj.unp.ac.id/index.php/perspektif/article/view/100

Rahmawati, A. A., & Susantiningrum, S. (2024). Pengaruh kepercayaan diri dan keaktifan berorganisasi terhadap kemampuan public speaking mahasiswa PAP FKIP UNS angkatan 2021 dan 2022. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 8(6), 625–632.

Rahmawati, E. (2022, March). Public Speaking itu Mudah. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-tangerang1/baca-artikel/14892/Public-Speaking-itu-Mudah.html

Rahmi, F., Pangesti, S., Syathiri, B., & Febriana, I. (2023). Pengaruh Keaktifan Dalam Berorganisasi Terhadap Kompetensi Interpersonal Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Lingkup Ormawa Fakultas Ekonomi Uny. Jurnal Riset Dan Penalaran Mahasiswa, 1(1).

Ramadan, M. F., Islam, N., & Putri, M. (2024). Dampak kegiatan alumni (Bimawa) Universitas Muhammadiyah Lampung dalam pengembangan potensi non-akademik mahasiswa. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(1), 22–30. https://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajsh/article/view/790

Ramandhita, R. A., & Pujianto, W. E. (2024). Analisis keikutsertaan mahasiswa dalam organisasi guna menunjang prestasi akademik mahasiswa UNUSIDA. Jurnal Publikasi Manajemen Dan Administrasi Negara, 4(2), 50–59. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jupiman/article/view/3285

Rusliyawati, R., Wantoro, A., Susanto, E. R., Fitratullah, M., Yulianti, T., & Sulistyawati, A. (2022). Program Sekolah Binaan: Pelatihan, Pengembangan Dan Peningkatan Kompetensi Public Speaking Dalam Kepemimpinan Pengurus Osis Dan Pramuka. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 280.

Saalino, V., Bannepadang, C., & Lembang, F. B. (2020). Hubungan kepercayaan diri dan keaktifan dalam berorganisasi dengan kemampuan public speaking mahasiswa semester IV stikes tana toraja tahun 2020. Jurnal Ilmiah Kesehatan Promotif, 5(1), 41–60.

Sandi, F., Azhari, R., Fernando, J., Hidayati, R. K., & Kurniawati, L. S. M. W. (2022). Pengaruh Influencer dan Konten Instagram “@Anakjajan” terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di What’s Up Cafe. Promedia (Public Relation Dan Media Komunikasi), 8(1). https://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/kom/article/view/5451

Sari, R., & others. (2022). Effectiveness of Organizational Activities in Enhancing Communication Skills in University Students. Journal of Communication Studies, 18(2), 75–90.

Satriyadi, Nasution, T., & Pasaribu, G. R. (2024). Keaktifan dalam Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam: Meningkatkan Militansi Pada Tanah Air. PENDIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 3(2), 1–6.

Sefani, H. F., Wuysang, J. M., Fernando, J., & Supiyandi, A. (2025). Analisis Soft-Selling Brand Fashion Lokal Pada Konten TikTok @Tenuedeattire. Jurnal Netnografi Komunikasi, 3(22025), 138–160. http://netnografiikom.org/index.php/netnografi

Siswanto, I., Arifah, I. W. N., & Ramadhan, F. E. N. (2019). Pengaruh keaktifan di organisasi dan IPK terhadap soft skills dan kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif. Jurnal Taman Vokasi, 7(1), 1–12. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/6314

Stevens, R., Silver, L., Richards, R., & Whitlock, D. (2023). The Decline of a Professional Academic Organization: Examining a Regional Association. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(17), 1–11.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. penerbit CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supiyandi, A., Hastjarjo, S., & Slamet, Y. (2022). Influence of Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, and Brand Loyalty of Shopee on Consumers’ Purchasing Decisions. In CommIT Journal (Vol. 16, Issue 1).

Trang, N. M., McKenna, B., Cai, W., & Morrison, A. M. (2024). I Do Not Want to Be Perfect: Investigating Generation Z Students’ Personal Brands on Social Media for Job Seeking. Information Technology & People, 37(2), 793–814. https://doi.org/10.1108/ITP-08-2022-0602

Widuhung, S. M. (2024). Hambatan Komunikasi Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 Dalam Penerapan Pembelajaran di SDN Gunung 01 Pagi Jakarta Selatan. https://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57/article/view/1448/527

Widyawati, G. Y. (2024). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Keaktifan Berorganisasi terhadap Kemampuan Berbicara di Depan Umum (Public Speaking).

Winston, F. (2013). Decisions to Make a Difference: The Role of Efficacy in Moderate Student Activism. Social Movement Studies, 12(4), 414–428. https://doi.org/10.1080/14742837.2013.827569

Yuliasari, A. (2018). Hubungan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Zikrillah Pratama, R., Mudjiyanto, B., Sitinah, ), Fernando, J., & Sandi, F. (2020). Pembentukan Konsep Diri Siswa SMA Melalui Media Sosial Instagram (Vol. 1, Issue 1).

Published
2025-04-29
How to Cite
Supiyandi, A., Fernando, J., Hildawati, H., & Sefani, H. (2025). PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM BERORGANISASI TERHADAP KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS TANJUNGPURA. KOMUNIKATA57, 6(1), 88-98. https://doi.org/10.55122/kom57.v6i1.1866
Section
Articles