PERAN PACKAGING DALAM STRATEGI MARKETING BAGI DAYA TARIK BELI KONSUMEN

(STUDI KASUS AIR MINERAL UMTQU)

  • Widya Oktary Setiawardhani Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Packaging, Daya Tarik Beli, UMTQU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kemasan (packaging) dalam meningkatkan daya tarik beli konsumen terhadap produk air mineral UMTQU. Packaging merupakan salah satu elemen penting dalam pemasaran yang berfungsi tidak hanya sebagai pelindung produk, tetapi juga sebagai alat komunikasi visual yang dapat memengaruhi persepsi dan keputusan pembelian konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi terhadap konsumen dan pihak produsen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain kemasan yang menarik, informatif, serta ramah lingkungan secara signifikan meningkatkan minat beli konsumen. Selain itu, kemasan juga berperan dalam membentuk citra merek (brand image) yang positif. Studi ini menekankan pentingnya inovasi kemasan sebagai strategi pemasaran yang efektif dalam memenangkan persaingan pasar, khususnya di industri minuman dalam kemasan.

References

Alam, F. N., Putra, D., Rahmawati, S., & Yuliana, R. (2024). Strategi kreatif pesan iklan BLU by BCA versi “The Uwise Brothers”. Jurnal Komunikata, 5(2), 212–223.

Alimah, N., & Lusia, A. (2023). Pengaruh strategi marketing mix (4P) dalam upaya meningkatkan kinerja pemasaran pada masa pandemi COVID-19 (Studi kasus pada Geffa Production Sukoharjo). Jurnal Sinar Manajemen, 10(2), 102–115. https://doi.org/10.56338/jsm.v11i2.2821

Aliyah. (2024). Analisis data interaktif desain kemasan produk Frisian Flag kental manis. [Tidak diterbitkan].

Cahyani, A. N., Wibowo, R., & Kusuma, R. (n.d.). Inovasi packaging untuk meningkatkan pemasaran, 309–320.

Cenadi, C. S. (2000). Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran. Nirmana, 2(2), 92–103. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/article/view/16056

Dan, S., Marisa, R., & Huda, M. (2023). Packaging training and socialization for small and medium enterprise (SME) in Blitar Sub-District to increase selling value of product. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 1(3), 244–249. https://doi.org/10.58192/wawasan.v1i3.911

Darmawan, D. (2017). Pengaruh kemasan dan harga terhadap keputusan pembelian produk sayuran hidroponik. Jurnal Agrimas, 1(1), 1–10.

Isfansyah, H. A., & Wibowo, A. (2021). Manajemen strategi untuk meningkatkan penjualan. JMBI UNSRAT: Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 8(1), 32–49. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmbi/article/view/32638

Indrawati, P. (n.d.). Strategi marketing pada perusahaan jasa packaging: Studi UD Graha Cipta Packaging Surabaya. [Tidak diterbitkan].

Marlina, Sari, R., & Dewi, R. (2020). Inovasi kemasan sebagai daya tarik produk aneka kue khas Aceh pada UMKM Usaha Kue Bungong Jaroe. Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, 4(1), 19–21. http://e-jurnal.pnl.ac.id/semnaspnl/article/view/2467

Muda, Y. P. (2022). Strategi marketing mix dalam meningkatkan kepuasan konsumen dan daya saing pada usaha furniture kayu jati. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 18–25.

Mukhtar, S. (2015). Peranan packaging dalam meningkatkan hasil produksi terhadap konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181–191.

Nanda Barizki, R., & Apriani, Y. (2024). Strategi konten kreatif Doteens dalam meningkatkan audience engagement melalui Instagram. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(1), 29–36. https://doi.org/10.55122/kom57.v5i1.1255

Novriyanti, T., Harahap, F., & Pratama, A. (2024). Implementasi strategi pemasaran produk melalui packaging dan kebersihan produk untuk menjamin keberlangsungan usaha masyarakat Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 31–40.

Pasaribu, M. K., Hidayat, F., & Maulida, N. (2023). Upaya peningkatan penjualan pada UMKM Tahu Sumedang Putri Deli Medan melalui kemasan ramah lingkungan dan strategi digital marketing. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 57–67. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.275

Puspianto, A. (2022). Peluang dan tantangan media massa di era cyber (perspektif Hypodermic Needle Theory dan Uses and Gratification Theory). An-Nida: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 10(2), 22–45.

Sartika, E. (2014). Analisis isi kualitatif pesan moral dalam film berjudul “Kita Versus Korupsi”. eJournal Ilmu Komunikasi, 2(2), 63–77.

Yuniarti, H., Mahry, H., & Riono, S. B. (2024). The influence of packaging design, advertising effectiveness and price perception regarding consumers’ buying interest in Oreo biscuits at Transmart Tegal. JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research, 4(1), 81–94.

Published
2025-04-30
How to Cite
Setiawardhani, W. (2025). PERAN PACKAGING DALAM STRATEGI MARKETING BAGI DAYA TARIK BELI KONSUMEN. KOMUNIKATA57, 6(1), 152-162. https://doi.org/10.55122/kom57.v6i1.1888
Section
Articles