IDENTITAS MAHASISWA UHAMKA DALAM MEDIA PEMBELAJARAN DARING

  • Titin Setiawati Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Vilya Dwi Agustini Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
Keywords: Identitas, Media Daring, Media Pembelajaran Daring

Abstract

Fokus penelitian ini adalah menganalisis penggunaan identitas mahasiswa dalam media pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 366 mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka dari berbagai angkatan yang merupakan pengguna media pembelajaran daring, baik media pembelajaran daring resmi dari kampus (Online Learning Uhamka, biasa disebut OLU) maupun media pembelajaran daring lain. Kajian ini menemukan bahwa dalam media pembelajaran daring resmi dari kampus mahasiswa memiliki kecenderungan lebih besar untuk menggunakan nama asli sebagai identitas, sementara dalam media pembelajaran daring yang bukan merupakan media pembelajaran daring resmi dari kampus kecenderungan untuk menggunakan nama asli lebih kecil, tetapi berbanding terbalik, pada penggunaan photo, penggunaan photo diri asli memiliki kecenderungan lebih kecil pada media pembelajaran resmi dari kampus dibanding media pembelajaran daring lain.

References

Ahmadi, Mubarok. Dampak Perkembangan New Media Pada Pola Komunikasi Masyarakat. 2020. Lamongan. Jurnal Alamtara.

Atmadja, Nengah Bawa & Ariyani, Luh Putu Sri. Sosiologi Media Perspektif Teori Kritis. 2018. Depok. Rajawali Pers.

Littlejhon, Stephen W.,Karen A.Foss, And Jhon G. Oetzel. 2017.Theories Of Human Communications: Eleventh Edition. USA . Waveland Press, Inc.

McQuail, D. 2012. Teori Komunikasi Massa McQuail. Penerjemah: Putri Iva Issati. Jakarta. Salemba Humanika.

Nasrullah, Rulli. 2018. Komunikasi Antarbudaya Di Era Budaya Siber. Jakarta. Prenadamedia Group.

Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Cyber. Jakarta. Prenadamedia Group.

Nuruddin. 2017. Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jakarta. Rajawali Pers.

Suryadi, Darmawan, & Mulyadi. 2019. Metode Penelitian Komunikasi Dengan Pendekatan Kuantitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Artivianti, Eugenia Ines Dwi. 2015. Identitas Diri Mahasiswa Heavy User Media Sosial di Kota Jakarta. Diakses Dari https://www.academia.edu/34162057/Identitas_Diri_Mahasiswa_Heavy_User_Media_Sosial_di_Kota_Jakarta?from=cover_page

Lailiyah, Nuriyatul. 2016. Presentasi Diri Nitizen dalam Konstruksi Identitas di Media Sosial dan Kehidupan Nyata. Jurnal Ilmu Sosial. Vol 15. No. 2. Diakses Dari https://ejournal.undip.ac.id/index.php/ilmusos/article/view/13618

Published
2021-10-27
How to Cite
Setiawati, T., & Agustini, V. (2021). IDENTITAS MAHASISWA UHAMKA DALAM MEDIA PEMBELAJARAN DARING. KOMUNIKATA57, 2(2), 52-57. https://doi.org/10.55122/kom57.v2i2.271
Section
Articles