REPRESENTASI STEREOTIP PEREMPUAN DALAM FILM PENDEK “TILIK†KARYA WAHYU AGUNG PRASETYO
Abstract
“Tilik†adalah film pendek yang di sutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Pemerintah Provinsi Jogjakarta dan diproduksi oleh Rancavana Film yang kemudian di unggah ke kanal Youtube pada tanggal 17 Agustus 2020 adalah sebuah film yang bercerita mengenai perilaku dari sebuah perjalanan rombongan ibu-ibu yang sedang ingin menjenguk Bu Lurah. Film ini menjadi banyak dibincangkan di media sosial karena naskah yang disajikan penggambarannya sangat dekat dan relevan dengan apa yang terjadi di kehidupan sehari-hari sebagaimana ibu-ibu digambarkan ketika berdialog terutama Bu Tejo sebagai ibu-ibu suka bergosip dan bermulut pedas dan juga mengenai ibu-ibu yang masih menelan mentah-mentah informasi yang didapat dari internet. Penelitian ini ingin mengungkapkan representasi perempuan dalam Film Pendek “Tilik†Karya Wahyu Agung Prasetyo dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Adapun hasil dari penelitian adalah film “Tilik†ingin merepresentasikan perempuan yang bertolak belakang dengan perspektif feminisme karena masih menggambarkan ideologi patriarki yang ada dalam perempuan dimana digambarkan perempuan yang tunduk pada suami, menganggap perempuan tidak layak jadi pemimpin, dan bagaimana perempuan menunjukkan sifat sensitif emosionalnya, perempuan yang suka bergosip, perempuan misogini, dan perempuan yang menunjukkan sifat agresif.
References
DeVito, Joseph A. (2016). The Interpersonal Communication Book (14th ed). England: Pearson.
Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti
Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hafied Cangara, Hafied. (2011).Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
konde.co. 2020. “Film “Tilikâ€, Gosip dan Personifikasi Perempuanâ€. Diakses dari: https://www.konde.co/2020/08/film-â€Tilikâ€-gosip-dan-personifikasi.html/
Kriyantono, R. (2014). Teknik Riset Komunikasi: Disertasi Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Littlejohn, Stephen W. (2005).Theories of Human Communication. Ninth Edition,New Mexico: Wadsworth Publishing Company Albuquerqu.
Sobur, Alex. (2017). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. (2010). MetodePenelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tirto.id 2020. Film “Tilikâ€: Sinopsis, Fakta, dan Link yang Bisa Ditonton di Youtube. Diakses dari: https://tirto.id/film-â€Tilikâ€-sinopsis-fakta-dan-link-yang-bisa-ditonton-di-youtube-fZzD
Wibowo, Indiwan Seto Wahyu. (2013). Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Wood, Julia T. (2015). Interpersonal Communication, Everyday Encounters (8th ed.) Canada: Cengage Learning.
Copyright (c) 2022 Mescha Ayu Bernadette L Toruan, Retno Dyah Kusumastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.