REPRESENTASI STEREOTIP PEREMPUAN DALAM FILM PENDEK “TILIK” KARYA WAHYU AGUNG PRASETYO

  • Mescha Ayu Bernadette L Toruan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Retno Dyah Kusumastuti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Keywords: Film, Perempuan, Representasi, Semiotika Charles Sanders Pierce

Abstract

“Tilik†adalah film pendek yang di sutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Pemerintah Provinsi Jogjakarta dan diproduksi oleh Rancavana Film yang kemudian di unggah ke kanal Youtube pada tanggal 17 Agustus 2020 adalah sebuah film yang bercerita mengenai perilaku dari sebuah perjalanan rombongan ibu-ibu yang sedang ingin menjenguk Bu Lurah. Film ini menjadi banyak dibincangkan di media sosial karena naskah yang disajikan penggambarannya sangat dekat dan relevan dengan apa yang terjadi di kehidupan sehari-hari sebagaimana ibu-ibu digambarkan ketika berdialog terutama Bu Tejo sebagai ibu-ibu suka bergosip dan bermulut pedas dan juga mengenai ibu-ibu yang masih menelan mentah-mentah informasi yang didapat dari internet. Penelitian ini ingin mengungkapkan representasi perempuan dalam Film Pendek “Tilik† Karya Wahyu Agung Prasetyo dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Adapun hasil dari penelitian adalah film “Tilik†ingin merepresentasikan perempuan yang bertolak belakang dengan perspektif feminisme karena masih menggambarkan ideologi patriarki yang ada dalam perempuan dimana digambarkan perempuan yang tunduk pada suami, menganggap perempuan tidak layak jadi pemimpin, dan bagaimana perempuan menunjukkan sifat sensitif emosionalnya, perempuan yang suka bergosip, perempuan misogini, dan perempuan yang menunjukkan sifat agresif.

References

DeVito, Joseph A. (2016). The Interpersonal Communication Book (14th ed). England: Pearson.

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hafied Cangara, Hafied. (2011).Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

konde.co. 2020. “Film “Tilikâ€, Gosip dan Personifikasi Perempuanâ€. Diakses dari: https://www.konde.co/2020/08/film-â€Tilikâ€-gosip-dan-personifikasi.html/

Kriyantono, R. (2014). Teknik Riset Komunikasi: Disertasi Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Littlejohn, Stephen W. (2005).Theories of Human Communication. Ninth Edition,New Mexico: Wadsworth Publishing Company Albuquerqu.

Sobur, Alex. (2017). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2010). MetodePenelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tirto.id 2020. Film “Tilikâ€: Sinopsis, Fakta, dan Link yang Bisa Ditonton di Youtube. Diakses dari: https://tirto.id/film-â€Tilikâ€-sinopsis-fakta-dan-link-yang-bisa-ditonton-di-youtube-fZzD

Wibowo, Indiwan Seto Wahyu. (2013). Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Wood, Julia T. (2015). Interpersonal Communication, Everyday Encounters (8th ed.) Canada: Cengage Learning.

Published
2022-04-26
How to Cite
L Toruan, M., & Kusumastuti, R. (2022). REPRESENTASI STEREOTIP PEREMPUAN DALAM FILM PENDEK “TILIK” KARYA WAHYU AGUNG PRASETYO. KOMUNIKATA57, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.55122/kom57.v3i1.357
Section
Articles